Yuk Intip Ciri-Ciri Uang Baru Asli, Perhatiin Baik-Baik Gengs!

Kemarin, tanggal 19/12/2016, Bank Indonesia secara resmi meluncurkan uang baru asli tahun emisi 2016 gengs. Ada 2 jenis uang baru yang mulai berlaku perhari ini, yaitu uang koin: 100, 200, 500 dan 1000 rupiah. Sedangkan uang kertas terdiri dari: 1000, 2000, 5000, 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000 rupiah :D

Uang Rupiah kertas dan logam yang beredar saat ini tentunya masih tetap dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran. Nah kaya apa sih rupa dan ciri-ciri uang baru tersebut? Yuk simak satu per satu dibawah! :D

1. Uang koin 100 rupiah

Uang Baru Asli
Sumber: Bank Indonesia


Kalo uang lama bergambar bunga, maka uang baru akan ditempeli gambar pahlawan gengs. Untuk uang 100 rupiah, akan menggunakan bahan Almuminium dengan gambar Prof. Dr. Ir, Herman Johannes :D

2. Uang koin 200 rupiah

uang baru
Sumber: Bank Indonesia


Pada uang koin 200 rupiah, akan bergambar Dr. Tjiptomangunkusumo. Masih dengan bahan aluminium, uang baru ini memiliki ukuran diameter, tebal, dan berat yang sedikit lebih besar dibanding 100 rupiah :D

3. Uang koin 500 rupiah

uang baru
Sumber: Bank Indonesia


Uang koin yang biasa diminta pak Ogah di wayang Unyil juga berubah gengs. Dengan gambar Letjen T.B Simatupang, uang koin ini memiliki diameter 27mm dan mempunyai cetakan bergerigi di pinggirannya :D

4. Uang koin 1000 rupiah

uang baru
Sumber: Bank Indonesia


Uang 1000an koin terbuat dari bahan yang berbeda dari uang baru koin lainnya. 1000 rupiah akan menggunakan bahan Nickel Plated Steel dan berwarna putih keperakan. Uang koin 1000 rupiah menggunakan gambar pahlawan Mr. I Gusti Ketut Pudja :D

5. Uang kertas 1000 rupiah

uang baru
Sumber: Bank Indonesia


Uang 1000 rupiah memang spesial gengs, Indonesia menciptakan uang 1000an dengan 2 versi yaitu koin dan kertas. Untuk jenis kertas, uang 1000an akan bergambar pahlawan nasional Tjut Meutia dan disisi lainnya akan bergambar seseorang yang sedang melakukan Tari Tifa dari Papua. Uang kertas ini berbahan kertas khusus dari serat kapas dan berwarna dominan hijau. :D

6. Uang kertas 2000 rupiah

uang baru
Sumber: Bank Indonesia


Nah.. untuk uang 2000 rupiah, gambar yang dipilih adalah Mohammad Hoesni Thamrin gengs. Dan disisilainnya ada gambar seseorang sedang melakukan Tari Piring. Oiya, 2000an sama 1000an memiliki dimensi ukuran yang sama loh :D

7. Uang kertas 5000 rupiah

uang baru
Sumber: Bank Indonesia


Kalo uang baru 5000 rupiah agak lebih besar dibanding 1000 sama 2000an gengs. Dikit kok, cuma beda 2mm doang di sisi panjang. Uang 5000an baru ini memiliki warna dominan coklat dengan gambar pahlawan Dr.K.H. Idham Chalid, dan disisi lainnya terdapat gambar seseorang yang sedang menari Gambyong :D

8. Uang kertas 10.000 ruipiah

uang baru
Sumber: Bank Indonesia


Untuk uang baru nominal 10.000 rupiah, memiliki warna dominan ungu dan pada gambar utamanya terpampang wajah Frans Kaisiepo. Sedangkan disisi lain terdapat gambar seseorang sedang menari Pakarena. :D

9. Uang kertas 20.000 rupiah

uang baru
Sumber: Bank Indonesia


Uang kertas 20.000 rupiah memiliki warna dominan Hijau, sama seperti adiknya, 2000 rupiah hehe. Dengan gambar utama Dr. G. S. S. J. Ratulangi, dan disisi lainnya terdapat gambar seorang penari Gong. :D

10. Uang kertas 50.000 rupiah

uang baru
Sumber: Bank Indonesia


Uang yang nominalnya pas dibawa kemana aja ini memiliki dimensi panjang hampir 15cm gengs. Dengan gambar utama Ir. H. Djuanda Kartawidjaja, dan disisi lainnya gambar penari Tari Legong. :D

11. Uang kertas 100.000 rupiah

uang baru
Sumber: Bank Indonesia


Uang baru asli ini berwarna merah merona yang sering bikin kita merasa berkecukupan ini bisa dibilang spesial juga gengs. Kalo 1000 rupiah itu spesial karena ada 2 bentuk uang, nah kalo 100.000 rupiah ini ada 2 gambar pahlawan sekaligus gengs. Mereka adalah Dr. (HC) Ir.Soekarno dan Dr. (HC) Drs. Mohammad Hatta :D

Nah itu tadi ciri-ciri singkat tentang uang baru asli tahun edar 2016 gengs. Menurut kalian desainnya bagus gak? Atau lebih suka yang lama? Share di kolom komentar gengs! :D
108
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...