Suka Ngemil? Inilah 8 Singkatan Cemilan Khas Sunda Yang Punya Kepanjangan Unik Banget!

www.rumahmesin.com

Duh, kalau ngebahas soal kuliner, Indonesia memang jagonya! Semua cita rasa masakan di Indonesia udah pasti menggugah selera deh. Salah satunya, cemilan khas tanah Sunda nih, pasti kalian sering coba dan selalu ketagihan kan? Tapi, tau gak sih, kalau ternyata cemilan khas Sunda yang selama ini kalian santap itu punya kepanjangan yang unik lho. 

Batagor 

www.rumahmesin.com

Batagor punya kepanjangan Bakso Tahu Goreng. Sesuai dengan namanya, batagor berupa bakso dari campuran daging ikan tenggiri, tepung tapioka, dan bumbu lainnya yang dibalut kulit pangsit, kemudian di goreng. Paling nikmat disajikan dengan potongan tahu goreng, kecap manis, perasan jeruk nipis, dan bumbu kacang. 

Cireng

sukalaper.com

Cireng punya kepanjangan Aci Digoreng. Bahan dasarnya tepung kanji atau biasa disebut aci. Biasanya akan dibentuk pipih atau lonjong. Setelah dibentuk, kemudian adonan di goreng hingga luarnya kering. Orang Sunda sih biasanya makan cireng dengan bumbu cocolan, misalnya bumbu rujak atau bumbu kacang. 

Cilok

www.ditegal.com

Cilok alias Aci Dicolok. Cemilan ini juga terbuat dari tepung aci, lalu dicampur dengan air. Adonan ini biasanya berisi irisan daging ayam atau kornet. Setelah adonan dibentuk bulan seperti bakso, kemudian di rebus atau dikukus deh. Sama seperti yang lain, Cilok biasa disantap dengan bumbu kacang. 

Cimol

resepdapurchika.blogspot.co.id

Cimol jajanan anak sekolah yang punya kepanjangan Aci Sa-cemol. Nah, cemilan yang satu ini mirip dengan cireng, tapi bentuknya berbeda, yakni bulat-bulat. Biasanya kamu akan menemukan cimol di gerobak keliling area sekolahan. Cimol juga biasanya disantap dengan beragam bumbu, mulai dari yang pedas dan bumbu keju. 

Cilor

lifestyle.okezone.com

Inilah jajanan yang lagi hits, Cilor alias Aci Telor. Bahan cilor ini sama seperti yang lain, dengan adonan aci yang dibentuk kotak-kotak. Kemudian ditaburi telur dan dimasak dicetakan martabak telur yang kecil. Nah, kalau sudah matang, cilor dihancurkan, lalu ditaburi bumbu aneka rasa, mulai dari yang pedas, jagung, dan keju. 

Comro

resepyummy.com

Cemilan yang satu ini paling nikmat di santap saat masih hangat. Comro alias Oncom Dijero atau Oncom Di dalam. Sesuai dengan namanya, oncomnya di dalam, terbalut dengan olahan parutan singkong dan kelapa. Biar lebih lezat, oncomnya diolah dengan potongan cabai rawit deh. 

Misro

tasikasik.com

Inilah cemilan temannya comro. Namanya misro alias amis dijero atau manis di dalam. Misro ini dalamnya berisi potongan gula merah yang saat digoreng akan meleleh. Paling pas disantap saat hangat juga nih. 

Cuanki

baksoguide.blogspot.co.id

Ini cemilan yang paling di cari-cari saat hujan. Dingin-dingin paling pas ngemil bakso cuanki. Cuanki punya kepanjangan cari uang jalan kaki. Lho, unik ya? Nama tersebut diambil karena pedagang cuanki menjajakan dagangannya dengan dipikul dan berkeliling jalan kaki. Cuanki ini bakso khas Bandung yang punya cita rasa berbeda dari bakso biasanya. 

Hmm, gimana guys, cemilannya jadi bikin laper ya. Favorit kamu yang mana nih?

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...