Selain Nikmat, Jengkol Juga Ternyata Punya Banyak Manfaatnya Lho Gaes! Awas Laper

google

Kalo denger jenis makanan yang satu ini pasti ada yang suka dan ada yang ngga suka. Yup, JENGKOL!!! Jenis makanan yang punya bau tajam ini biasanya diolah jadi semur jengkol dan paling laris di warteg-warteg. Nah, buat yang ngga doyan, rugi banget deh. Selain teksturnya yang ‘katanya’ enak banget, jengkol juga punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Wah, intip yuk apa aja sih manfaatnya. 

1. Menyehatkan Jantung Koroner

http://www.lintasnews.com

Makanan yang punya bau tak sedap saat pipis ini ternyata dapat mengatasi penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner itu bisa terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah. Penyempitan itulah yang membuat aliran darah ke jantung jadi ngga lancar. Nah, kandungan mineral dari jengkol ternyata akan membuat pembuluh darah jadi melebar. 

2. Merampingkan Perut 

http://www.caramengecilkanperutbuncit.org/

Yuhuuu, siapa sih yang ngga pengen punya perut ramping? Terutama cewek-cewek nih, perut ramping jadi impian banget. Salah satu penyebab perut buncit itu karena buang air besar yang ngga lancar. Nah, kandungan serat yang tinggi di dalam jengkol ternyata bisa melancarkan BAB guys. 

3. Mencegah Anemia 

http://sidomi.com

Nah kalo lo keliatan lemas, gampang lelah dan ngga bersemangat, itu artinya kekurangan zat besi, coba deh makan jengkol. Karena buat penderita anemia, jengkol juga bisa nih jadi obatnya. Kandungan zat besi yang tinggi di dalam jengkol ternyata ampuh buat mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Penting juga lho buat para cewe yang lagi menstruasi. Mengonsumsi jengkol pas lagi haid sangat dianjurkan supaya tubuh ngga kekurangan zat besi akibat banyaknya darah menstruasi yang keluar. Hmmm.. boleh di coba nih.. 

4. Mencegah Tulang Keropos 

http://obatsakitpinggangterpercaya.com

Duh kandungan jengkol emang tiada tandingannya deh. Selain zat besi dan protein, jengkol juga mengandung kalsium dan fosfor. Kalian pasti tau dong, kandungan ini sangat dibutuhkan untuk mencegah tulang keropos. Siapa yang mau tulangnya kuat? Yuk, makan jengkol. 

5. Menstabilkan Organ Vital 

http://lampung.tribunnews.com

Kalo tubuh sudah terpenuhi asupan vitamin dan nutrisi, maka organ-organ vital pun bisa bekerja dan berfungsi dengan baik. Nah, lo perlu tau kalo jengkol ternyata kaya akan vitamin B6 dan asam folat yang dapat membuat organ vital bekerja maksimal. 

Eits, meskipun jengkol banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, tapi tetap jangan terlalu berlebihan ya guys makan jengkolnya. Karena, sesuatu yang berlebihan itu ngga baik. Sama halnya dengan jengkol, kalau dikonsumsi terlalu sering bisa berakibat buruk pada kesehatan ginjal. So, semua tetap harus pada porsinya. 

0
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...