Percaya Gak Percaya, 5 Kesenian Tradisional Indonesia Ini Mengandung Unsur Mistis!

Indonesia memang sangat kaya dengan kesenian tradisional. Karena, Indonesia memiliki beragam suku dengan kesenian mereka masing-masing yang khas. Tapi, dibalik kesenian yang beragam ini, banyak diantaranya berhubungan dengan hal mistis, alias menyeramkan.

Haduh, jadi merinding sendiri nih gw.... Yaudah! Dipercepet aja deh, berikut ada 5 kesenian tradisional asli Indonesia yang lekat dengan hal berbau mistis.

1. Debus
 

kesenian tradisional
Sumber: 1.bp.blogspot.com

 


Debus adalah kesenian asli dari Banten. Kesenian ini terkenal karena atraksi yang berbahaya dan menggunakan senjata tajam. Seperti menusuk perut dengan tombak, mengiris lidah dengan golok, menggulingkan badan di atas pecahan beling hingga menusuk kulit dengan kawat besi hingga tembus.

Haduh, serem abis cuy. Tapi, menurut kepercayaan masyarkat, atraksi Debus mendapatkan bantuan dari dunia gaib. Hmm iyasih ya, kalo bukan karena dunia gaib, apalagi coba...

2. Bara Suwen \ Bambu Gila

 

 

 

kesenian tradisional
Sumber: 2.bp.blogspot.com

 


Tari Bambu Gila adalah kesenian tradisional asli dari Maluku. Kenapa di bilang Bambu Gila? Karena, kesenian ini menggunakan sebatang bambu dengan panjang sekitar 2,5 meter. Kemudia ada 7 orang pria yang tangguh, berjuang melawan bambu tersebut.

Mistisnya, bambu tersebut seolah bergerak sendiri dengan kekuatan yang amat besar. Hingga semua pria yang menahan bambu tersebut aka terpental dan jatuh. Lalu, selalu ada sang pawang yang mengarahkan gerakan bambu.

Hmm bambu kok gerak sendiri ya? Ngeri....

3. Sanghyang Jaran

 

 

 

 

kesenian tradisional
Sumber: wpengine.netdna-cdn.com

 


Sanghyang Jaran adalah tarian asli Bali, yang merupakan bagian dari tari Kecak. Tarian ini menampilkan si penari yang berjalan di atas bara api tanpa terbakar sedikit pun. Bahkan menusuk perut dengan pedang, tanpa terluka sedikit pun.

Tarian ini menggunakan lagu-lagu pemujaan guna memanggil para roh-roh gaib. Tarian ini memiliki makna sebagai ritual penolak bala.

4. Tari Seblang

 

 

 

 

kesenian tradisional
Sumber: 3.bp.blogspot.com

 


Tarian asal Banyuwangi ini meiliki kekuatan magis yang sangat kental. Tarian ini hanya dibawakan pada waktu-waktu tertentu saja seperti pada bulan syawal. Penari yang boleh membawakan tarian ini hanyalah seorang perawan, dan dia menari dalam kondisi kesurupan gengs. Serem yaa...

5. Tari Sigale-gale

 

 

 

 

kesenian tradisional
Sumber: ytimg.com

 


Tarian yang berasal dari pulau Samosir ini memiliki hal magis yang sangat kental. Tarian ini merupakan tarian pengantar arwah seorang anak laki-laki agar meninggal dengan tenang.

Tarian ini menggunakan boneka yang menyerupai seorang anak laki-laki. Konon boneka tersebut dibuat menyerupai putra raja Samosir yang meninggal. Waduhh, dari tujuan tarian ini aja udah serem ya guys, gimana tarianya...

Itulah kekayaan kesenian yang dimiliki bangsa Indonesia. Meskipun memiliki hal mistis dan lekat dengan hal gaib, tetapi kesenian tradisional ini adalah sejarah dan harta yang wajib dilestarikan dan dihormati oleh generasi muda bangsa Indonesia.

 

 

325 shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...