Macam-Macam Sate di Indonesia yang Wajib Banget Kamu Ketahui! Pecinta Makanan Indonesia Harus Tau Nih

sate di indonesia
resephariini.com

Kalau dengar kata sate yang terlintas di pikiran kita pasti daging ayam atau daging kambing yang ditusuk pakai tusukan dari kayu dan kemudian dibakar. Sate yang kita tahu juga macam yang itu-itu aja yang sering kita makan. Tapi kalau kamu lagi jalan-jalan ke daerah di Indonesia, ternyata banyak lho sate khas nusantara yang mungkin belum kamu tahu. Berikut macam-macam sate yang ada di Indonesia.

1. Sate Padang

sate di indonesia

Sumber : qraved.com

Sate yang satu ini udah sering banget dong kita temuin di mana-mana. Sate asli dari Padang ini terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang direbus lalu dipanggang dengan siraman saus/bumbu orange kental. Biasanya ketika kamu beli udah lengkap plus ketupat, biar makin nikmat jangan lupa tambahkan keripik singkong pedas. Endess:D

2. Sate Balibul

Sate di Indonesia

Sumber : ditegal.com

Kalau dengar nama sate yang satu ini bagi lo asing ya guys? Sama gue juga, sate khas Tegal ini ternyata bahan utamanya adalah kambing muda yang di bawah umur lima bulan. Nama balibul sendiri diambil dari “balibul” (baru lima bulan). Unik juga yak. Sate ini disajikan dengan kecap manis ditambah irisan cabe, bawang merah, dan tomat.

3. Sate Blora

resepsedapku.com

Sate yang satu ini asalnya kayak nama sate itu sendiri, yap, dari Blora, Jawa Tengah. Sate Blora terbuat dari daging kulit ayam yang dipotong lebih kecil dari sate biasanya. Kamu bisa padukan dengan bumbu kacang, nasi, dan sup dari santan. Yummy banget.

4. Sate Buntel

sate di indonesia

makanajib.com

Sate Buntel adalah sate khas Kota Solo dan Surakarta, Jawa Tengah. Sate ini terdiri dari cincangan daging sapi atau kambing. Daging kemudian dibungkus dengan membrane daging (lemak) dan dililitkan pada tusukan bamboo. Ukuran sate ini cukup besar, disajikan dengan kecap, potongan tomat, cabe, dan merica.

5. Sate Lilit

sate di indonesia

Sumber : resephariini.com

Sate khas dari Bali ini terbuat dari daging sapi, ayam, ikan. Sate lilit berasal dari daging cincang yang dicampur kelapa parut, santal kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica lalu dibungkus melilit dengan tusukan bamboo. Kelihatannya enak ya guys?:D

6. Sate Pusut

sate di Indonesia

Sumber : ranyoga.blogspot.com

Dengar nama sate yang satu ini juga cukup asing kan. Sate Pusut asalnya dari Pulau Lombok dengan daging cincang dari sapi, ayam, dan ikan, kelapa parut dan bumbu yang dililitkan pada tusukan bambu. Sekilas sih mirip sama Sate Lilit Bali, tapi bedanya Sate Pusut nggak pakai santan. Jadi, punya rasa yang beda dong ya :D

7. Sate Ambal

sate di indonesia

Sumber : tokomesin.com

Berasal dari daerah Kebumen, Jawa Tengah, Sate Ambal berbahan dasar daging ayam kampung ini punya bumbu yang beda dari sate umumnya. Bukan pakai bumbu kacang, melainkan tempe tumbuk yang dicampur cabe. Sate ini bisa kamu santap dengan ketupat.

Gimana gengs? Ngebayanginnya aja bikin penasaran pengen tahu rasa asli sate-sate khas daerah Indonesia dong. Bila kamu lagi pergi ke daerah tersebut jangan lupa mampir ya. Walapun sate bentuknya sama aja, tapi tetap masing-masing punya citarasa sendiri. Kuy cobain.

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...