Lima Cara Buat Kamu Biar Engga Mikir Lebay! Kuy Simak

Sumber : bigthink.com

Dunia sekarang emang beda banget sama dunia nyokap bokap jaman dulu. Sekarang tingkat stress masyarakat makin tinggi dan bikin kita overthinking. Terus, gimana caranya biar engga overthinking alias mikir lebay?

Tingkat kekhawatiran penduduk sekarang ini emang lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Engga heran orang suka mikir lebay. Buat ngatasinnya, yuk kita ikutin cara berikut ini. Cekidot :D

1.    Cari Waktu Buat Sendiri Sama Pikiran Kamu

Sumber : lionsre

Kita sering banget berpikir berlebihan (overthinking) atau lebay pas dikelilingi sama drama dan pengaruh kekacauan dari luar yang bikin kamu engga bisa berpikir jernih . Kalau udah gini, kamu perlu ambil waktu buat berpikir sendirian.

Jadinya, kamu bisa ngedapatin perspektif yang tepat tentang apa yang terjadi sebagai langkah awal buat berhenti overthingking. Cara ini bikin kita punya kesempatan buat mahamin realitas dari pikiran, bukannya malah bikin cerita yang engga berdasarkan fakta. 

2. Jangan Ngebandingin Diri Sama Orang Lain

Sumber : medicdaily

Salah satu sifat alami manusia yaitu suka ngebandingin diri secara sosial, mulai dari ngebandingin diri sama teman, keluarga, atau lainnya. Tanpa disadarin, ini jadi penyebab overthinking.

Meski ngebandingin diri sama orang lain bisa bikin kamu terinspirasi dan jadi motivasi buat ngeraih sesuatu, tapi semakin sering kamu ngebandingin diri sama orang lain punya dampak yang engga bagus. Kita jadi overthinking dan kita jadi terlalu fokus gimana caranya jadi orang yang sesuai, disukai dan diterima.

Jadi, stop ngebandingin diri kamu sama orang lain dan mulai percaya sama diri sendiri. Pikirin hal yang bisa kamu explore, bukan malah nyamain biar bisa atau lebih dari orang lain.

3. Ubah percakapan diri kamu

Sumber : wisdomtimes

Kita perlu mulai memperhatikan pesan apa yang mau kita sampaiin ke diri sendiri. Percakapan yang ada di diri kita itu adalah akar masalah dari overthinking. Kita jadi terus membenarkan tindakan sendiri, ngeremehin prestasi dan selalu nyoba jelasin gimana kerja keras kamu. Kalau udah begini, sama aja kaya kamu ngurangin pentingnya pekerjaan dan harga diri kamu. 

Cara kita memotivasi diri sendiri juga penting loh, karena bisabantu kita ngehindarin pikiran yang berlebihan atau lebay. Ada perbedaan besar antara ‘aku bisa ngelakuin ini’ dan’ kamu bisa ngelakuin ini’ di dalam otak kamu. Coba kamu tebak, mana yang lebih efektif?

Dr. Sanda Dolcos, peneliti dari Universitas Illinois di Urbana-Champaign, menjelaskan kalau nasihat yang ditujukan kepada diri sendir dengan menggunakan kata “Kamu” lebih memungkinkan seseorang buat menangkap perspektif yang luas, mengingat gimana orang lain secara signifikan bisa ngelihat kejadian tersebut. Cara ini juga buat ngasih dorongan tambahan sebagai motivasi baik ke diri sendiri. 

4. Mulai berpikir lebih besar

Sumber : bigthink.co

Mungkin kelihatannya di awal buat berpikir lebih besar bisa bikin overthinking kamu makin parah. Tapi sebaliknya, berpikir llebih besar bisa bikin kita fokus sama hal-hal yang besar. Kalau udah begitu, engga ada tempat atau gangguan kecil yang bisa masuk ke pikiran kita.

Ngedorong diri sendiri buat berpikir melampaui dari apa yang bisa kita lakuin, buat hal kita tahu kita bisa lakuin, menguji kekuatan dan tekad kita biar terus tumbuh. Dunia sendiri punya ketersediaan sumber daya yang engga terbatas, jadi kalau kamu berpikir lebih besar, manfaatin aja!

5. Berlatih meditasi

Sumber : huff.com

Dan akhirnya, cara terbaik biar engga overthinking itu meditasi. Meditasi bekerja dengan cara menenangkan kekacauan yang ada di sekitar kita.
Meditasi bukan tentang menghilangkan pikiran seperti yang dipercaya kebanyakan orang.

Sebaliknya, ngelatih otak kita biar lebih selaras sama apa yang sedang terjadi saat ini. Dengan kata lain, ini ngebantu kita buat berhenti mikir yang aneh-aneh dan mulai memusatkan perhatian sama hal-hal yang bisa kita kendalikan sekarang.

Cara di atas tadi mudah kan gengs buat dicoba? Kamu cuma perlu konsisten buat ngejalaninnya biar hasilnya juga maksimal.  

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...