Kenapa Jalanan di Jakarta Macet Terus? Ini Penyebabnya Gengs

Tinggal di ibu kota, emang menuntut kita harus memiliki tingkat kesabaran yang luar biasa, seperti hiruk pikuk di jalan rayanya. Bukan hal mustahil, jika di jam sibuk mulai jam 7am-9 am, dan jam 4pm-8pm, jalan raya di ibu kota bagaikan ancaman kematian nomor 2. Nomor satunya, ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Kenapa sih, Jakarta macet? Yuk, ulik alasan macet di ibukota di artikel ini. Langsung kita cari tau kenapa jalanan di Jakarta selalu macet.

1. Terlalu Banyak Kendaraan

jakarta macet
Sumber : ofthespiritual.wordpress.com


Lebar jalanan, segitu-gitu aja. Sedangkan, makin ke sini, makin banyak orang yang mulai mampu membeli mobil. Alhasil, jalanan yang ada tidak dapat menampung begitu banyaknya mobil yang ada. Jadi, terjadilah macet.

2. Transportasi umum yang nyari penumpang sembarangan

jakarta macet
Sumber : liputan6.com


Angkutan kota, baik bus atau angkot, kadang suka seenaknya berhenti di tengah jalan untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Atau kadang yang bikin emosi jiwa, angkutan kota itu ngetem atau nunggu penumpang, bikin jalanan tersendat.

3. Kesadaran pentingnya menggunakan transportasi umum

jakarta macet
Sumber : news.liputan6.com


Alasan macet selanjutnya, terjadi pada diri kita sendiri. Kita enggan untuk menggunakan transportasi massal yang sudah disediakan pemerintah daerah, dengan banyak alasan. Padahal, jika banyak orang yang beralih mobilisasi dari transportasi pribadi ke transportasi massal, bakal mengurangi jumlah banyaknya mobil di jalanan.

4. Adanya transaksi jual-beli di tengah jalan

jakarta macet
Sumber : wartakota.tribunnews.com


Pernah liat adanya transaksi jual-beli di tengah jalan? Pedagang asongan, dengan santai menjajakan dagangan mereka di tepi jalan, agar dibeli dengan pengendara. Kan yang kayak gini, bikin jalanan tersendat. Pernah liat?

5. Banyak pedagang kaki lima yang tidak tertib

jakarta macet
Sumber : info-bogor.com


Macet juga terjadi, karena banyak pedagang kaki lima yang tidak tertib, seperti berjualan di ruas jalan raya. Kayak gini kan, bikin jalanan jadi makin sempit, dan ruang kendaraan melaju jadi makin susah.

6. Galian pinggir jalan

jakarta macet
Sumber : news.liputan6.com


Entah kenapa setiap bulan pasti ada aja proyek galian. Yang parahnya lagi, setelah digali kadang lobang-lobang galian dibiarin gitu aja. ckkckc.

Nah itu dia gengs beberapa alasan kenapa Jakarta ini selalu macet tak berkesudahan. Semoga kita bisa lebih bijak dalam berkendara ya gengs, biar gak ada lagi tuh yang namanya Jakarta macet. Kalo gamau kena macet ya mendingan diem aja di rumah. Hehehe :D
3
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...