Kenalin Nih 12 Ubur-Ubur Tercantik di Dunia, Saking Cantiknya Bisa Bikin Kamu Mimisan

Sumber: pinterest

Whatz up kengkawan! Kali ini gue mau ngenalin lo semua sama Ubur-ubur yang terkenal cantik dan paling indah di dunia. Salah satu hewan laut yang di tentakelnya ada Nematocysts, yaitu semacam alat yang bisa melepaskan sengatan atau racun dengan cepet. Ubur-ubur menggunakan alat itu buat berburu mangsa dan melindungi diri dari predator lain. Makanya nih, gue mau kenalin Ubur-ubur cantik dan indah yang ada di dunia.

1. Phyllorhiza Punctata

Sumber: wikipedia

Ubur-ubur ini kayaknya yang paling seksi nih kengkawan, doi punya warna yang eksotis. Lo bisa temuin ubur-ubur ini di permukaan air di Samudera Pasifik dari semenanjung Australia sampe ke Jepang. Ukurannya sekitar 50 cm dan sengatannnya gak terlalu bahaya.

2. Chrysaora Colorata

Sumber: astronomy

Kalau yang satu ini lo bisa temuin di perairan laut California, Amerika Serikat, tepatnya di teluk Monterey. Ukuran tubuhnya sekitar 70 cm, doi juga punya nama lain nih, namanya adalah Mauve Stingger.

3. Cannonball Jellyfish

Sumber: pinterest

Bentuknya yang unik membuat ubur-ubur ini dibilang mirip sayur kubis dengan warna belang-belang, kombinasi cokelat kehitam-hitaman. Ukuran tubunya cuma sekitar 25 inci, ubur-ubur ini adalah yang cukup jinak dan sengatannya gak terlalu bahaya.

4. Jelly Blubber

Sumber: aqua

Ubur-ubur yang satu ini punya warna putih susu dan bisa ditemuin di perairan bagian timur Australia. Tubuhnya berukuran sekitar 35 cm dengan sengatan yang masuk kategori sedang. Mau disengat gak?

5. Aequorea Victoria

Sumber: wikipedia

Ubur-ubur yang satu ini disebut Crystal Jellyfish, doi adalah salah satu jenis ubur-ubur yang transparan dan ada di perairan pantai barat Amerika Utara. Ternyata ubur-ubur ini punya protein GFP yang bisa digunakan buat masalah kesehatan serius, seperti Alzheimer. Protein ini juga bisa bersinar dalam gelap, kayak kamu menerangi gelap hatiku.

6. Australian Box Jellyfish

Sumber: worldatlas

Kalau yang satu ini adalah jenis ubur-ubur transparan yang berbahaya, doi punya racun yang mematikan di tentakelnya, racun itu bisa ngebunuh puluhan manusia dengan kilat. Ubur-ubur ini juga terkenal dengan bentuk yang serem ditambah tubuh transparannya, terus doi juga punya beberapa bola mata di perutnya, apalagi geraknya cepet banget.

7. Flower Hat Jelly

Sumber: hqworld

Ubur-ubur yang satu ini udah langka banget deh di dunia, ukuran tubuhnya kecil banget sekitar 6 inci dengan warna yang ungu dan orange. Ubur-ubur ini punya tentakel yang kalau gak dipake malah nempel sama tubuhnya. Kecil-kecil begitu, doi punya sengatan yang menyakitkan, tenang gak mematikan kok. Lo bisa temuin doi di perairan negara Brasil, Argentina, dan Jepang.

8. Moon Jellyfish

Sumber: petjellyfish

Kalau yang satu ini punya banyak nama, kayak Aurelia Aurita, Saucer Jelly, atau Common Jelly. Ubur-ubur ini ternyata terkenal dengan kecantikan dan keindahan gerakannya. Tapi, sayangnya doi umurnya gak panjang, doi terkenal dengan umurnya yang pendek, mereka bisa mati setelah beberapa bulan mereproduksi.

9. Nomura's Jellyfish

Sumber: sealifebaseproject

Nama ubur-ubur ini diambil dari nama Kan'ichi Nomura, yaitu seseorang yang udah mendedikasikan dirinya untuk studi mendalam tentang ubur-ubur ini. Ukuran ubur-ubur ini sekitar 100meter dengan diameter sekitar 6 meter dan beratnya sekitar 450 kilogram. Lo bisa nemuin ubur-ubur ini di perairan lepas pantai Jepang.

10. Bathykorus Bouilloni

Sumber: thesciencest

Jenis ubur-ubur yang satu ini mendiami perairan di Kutub Utara, katanya ubur-ubur ini mirip sama karakter Darth Vader, yakali. Udah gitu, karakteristik lainnya doi punya empat tentakel skunder dan primer, tiap kuadrannya punya tiga kantong manubrial interradial. Wow!

11. Costa Rican Jellyfish

Sumber: thinglink

Sebutan lain ubur-ubur ini adalah Stauromedusae, nama itu sesuai sama penampilannya yang unik dengan bentuk tubuh kayak terompet dan warnanya merah muda kehitaman. Ubur-ubur ini bisa lo temuin di perairan negara Kosta Rika pada kedalaman 8000 meter di bawah permukaan air laut.

12. Black Sea Nettle

Sumber: Ocean

Ubur-ubur ini punya warna hitam dibagian atas tubuhnya dan lo bisa temuin mereka di perairan Samudera Pasifik. Ukuran tubuhnya mencapai sekitar 1 meter dan tentakelnya bisa sampe sekitar 6 meter loh kengkawan.

Wah, ternyata emang hewan laut yang satu ini cantik dan indah banget ya, walaupun suka nyengat sih. Usahakan kalian jangan bersentuhan dengan ubur-ubur ya, soalnya bukan muhrim eh maksudnya sengatannya serem hehe. Kira-kira ubur-ubur mana yang pengen banget lo temuin nih? Tulis di kolom komen ya.

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...