Kenal Lebih Dekat Dengan Pulau Bungin, Destinasi Liburan Paling Kece Dari NTB

Sumber: chirpstory

Negara kita, Indonesia udah terkenal akan keindahan alamnya, beribu-ribu pulau membentang dari Sabang sampe Merauke. Sangking banyaknya nih, pemerintah Indonesia agak kewalahan buat kelola semua pulau.

Bahkan ada beberapa pulau yang hampir diambil alih oleh negara lain, apalagi yang pulaunya deket sama perbatasan negara tetangga. Ternyata eh ternyata, Indonesia punya pulau yang terkenal paling padet di dunia, namanya pulau Bungin. Yok, kenalan sama pulau ini.

1. Lokasi Pulau Bungin

Sumber: KSMTour

Ada yang baru denger nama pulau ini? Pulau ini ada di teluk Alas, kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, NTB. Dari Sumbawa sih sekitar 70 km ke arah barat. Pulau ini pertama kali ditemukan oleh Palema Mayu, salah satu anak Raja Selayar.

2. Jalur menuju Pulau Bungin

Sumber: jejakbocahilang

Buat kamu yang pengen main ke pulau ini tenang aja gengs karena ada banyak cara menuju sana. Kamu bisa naik perahu motor, ojek, bisa juga pake Cidomo dengan jarak tempuh sekitar 90 menit dari Sumbawa.

3. Jumlah penduduk dan luas pulau

Sumber: Tribratanews

Kalau kamu main kesana jangan kaget yak liat kepadetannya. Soalnya pulau ini udah gak ada garis pantai, hampir keseluruhan pulau ini udah dibangun rumah penduduk yang tinggal disana. Pulau yang seluas 8,5 hektar ini punya sekitar 3.400 jiwa penduduk. Katanya disana jalan umum aja jarang, sekalinya ada paling cuma selebar 1,25 meter. Gokil.

4. Punya satu suku

Sumber: akuyanet

Suku yang ada di pulau ini adalah Suku Bajo, yang terkenal dengan ketangguhannya sebagai pelaut, sampe disebut 'Orang Laut', 'Sama Bajau;', atau 'Gipsi Laut'. Kamu juga perlu tau kalau suku ini juga mulai menyebar sampe ke Kalimantan, bahkan Filipina.

Kabarnya suku Bajo ini berhubungan sama suku Malagasi dan pulau Madagaskar.

5. Kepercayaan yang dianut Pulau Bungin

Sumber: travel

Dari kecil anak-anak dari suku Bajo di pulau ini udah dikenalin sama dunia Bahari lewat upacara adat bernama Toyah. Ritual yang dilakukan yaitu dengan cara tujuh wanita memangku anak bayi secara gantian dengan duduk diatas ayunan dan diayunkan. Ritual ini sebagai gambaran gelombang lautan yang bakal dihadapi si bayi kelak. 

6. Budaya Pulau Bungin

Sumber: dolandolen

Masyarakat di pulau ini juga punya budaya tidak bisa merantau, seolah mereka gak cocok tinggal di tempat lain. Apalagi kalau nikah, sang suami harus mengeruk pasir dan karang mati di tengah laut buat ngebangun rumah.

Rumah yang dibangun kelak gak dikasih batesan soal luas dia bangun, tapi seberapa sanggup dia bangun rumah itu. Kira-kira semeter berapa ye disana hehe.

7. Banyaknya penduduk jadi daya tarik wisatawan

Sumber: agustinriosteris

Walaupun padat penduduk, ternyata banyak banget wisatawan yang doyan jalan-jalan di pulau ini, apalagi setiap akhir pekan. Wisatawan yang dateng bukan cuma dari Indonesia sendiri, tapi dari mancanegara yang pengen tau kebudayaan di pulau Bungin.

Itu dia gengs fakta unik yang ada di pulau Bungin, ternyata masyarakat di pulau ini padetnya bukan maen ya gengs. Kalau kalian udah ada yang pernah main kesana belum? Kalau belum, ajak akyuh dong gengs hehe. 

351 shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...