Jangan Sampe Salah! Berikut Negara yang Suka Keliru Disebutkan Ibukotanya

122 Views
Guys, beberapa orang suka keliru waktu ditanyain ibukota sebuah negara. Biasanya sih karena negara tersebut memiliki kota yang populer yang lebih terkenal dibanding ibukotanya sendiri. Kaya misalnya nih, ibukota Amerika Serikat. Masih banyak yang bilang New York loh. Padahal kan Washington DC. Nah, biar nantinya kamu ngga malu pas lagi sok tahu di depan gebetan, berikut gue kasih tahu beberapa negara dengan ibukotanya yang benar.

Australia

ibukota
Sumber : Wikipedia.com


Negara tetangga kita ini suka bikin orang-orang keliru sama ibukotanya. Kalo menurut kamu ibukota Australia adalah Sydney atau Melbourne jelas kamu salah. Apalagi kalo bilang Perth, Adeleide atau Darwin. Yang bener itu Canberra yang terletak di negara bagian New South Wales. Jangan sampe salah gengs.

Kanada

ibukota
Sumber : Ottawatourism.ca


Coba sebutin kota paling populer di Kanada. Pasti kamu bakalan bilang Ontario atau Toronto. Padahal yang bener itu Ottawa. Kerennya lagi, kota Ottawa itu punya tingkat kehidupan yang tinggi dan angka pengangguran yang rendah. Pantesan masuk ke dalam kota dengan tingkat kebahagiaan yang tinggi.

Malaysia

ibukota
Sumber : Malaysia.travel


Nah kalo yang ini udah bisa dipastikan kalian bakal bilang Kuala Lumpur sebagai ibukota Malaysia. Kamu setengah bener sih gengs. Setengahnya lagi yang bener adalah Putrajaya. Nah bingung kan? Jadi gini gengs, sejak tahun 1999 pemerintah Malaysia memindahkan pusat administrasi negaranya dan kantor perdana menteri ke Putrajaya yang letaknya Cuma 25 Km dari Kuala Lumpur. Sedangkan pusat kerajaan dan parlemen masih di KL.

Brazil

ibukota
Sumber : Clim-amazon.eu


Ini juga paling sering salah gengs. Orang-orang suka bilang kalo ibukota Brazil itu adalah Rio de Janeiro. Bener sih, tapi kalo itu 60 tahun yang lalu. Karena pada tahun 1961 Brazil resmi memindahkan ibukotanya dari Rio de Jenairo yang sudah padat ke Brasilia. Pemidahannya pun ngga serta merta begitu saja. Sudah direncanakan sejak beberapa dekade sebelumnya! Keberhasilan pemindahan ibukota ini membuat Brazil banyak mendapat pujian dari negara lain.

Myanmar

ibukota
Sumber : Dailymail.co.uk


Waktu SD dulu (tahun 90an) pas lagi belajar IPS, kalo ditanya ibukota Myanmar jawabnya pasti Yangon/Rangoon. Nah ternyata sejak tahun 2006 ini, negara yang juga dikenal dengan nama Birma ini telah memindahkan ibukota negaranya ke Naypyidaw. Agak susah yah nyebutinnya. Alasannya mungkin sama dengan negara yang lain, karena sudah padat. Jangan sampe salah yah gengs.

Turki

ibukota
Sumber : Tedytravel.com


Bicara tentang Turki pasti kamu inget sama cewek-ceweknya, eh maksudnya kota Istanbul. Kota bersejarah di dunia ini emang paling dikenal kalo ke Turki sampe-sampe orang suka mengira kalo Istanbul itu ibukotanya. Nah biar kamu ngga ikut ngaco, ibukota Turki sejak tahun 1923 yang benar adalah Ankara. Kota ini menjadi kota terbesar kedua di Turki setelah Istanbul dan memiliki penduduk sekitar 4 juta jiwa. Hmm, lumayan padat juga yah?

Afrika Selatan

ibukota
Sumber : Southafrica.net


Terbang ke benua Afrika. Tuan rumah piala dunia 2010 silam ini punya ibukota yang bikin ngejlimet. Wajar aja orang-orang suka salah dan menganggap Johannesburg sebagai ibukotanya. Kenapa ngejlimet, jadi gini gengs, ibukota Afrika Selatan itu ada tiga dengan Pretoria sebagai pusat pemerintahan, Cape Town sebagai ibukota legislatif dan Bloemfontein sebagai ibukota yudisial. Bingung kan? Sama.

Swiss

ibukota
Sumber : Myswitzerland.com


Ini sih sebenernya orang-orang juga udah banyak yang tahu kok. Swiss beribukota di Bern, buka Zurich. Cuma masih banyak yang suka keliru menganggap Zurich sebagai ibukotanya. Wajar aja sih soalnya kan kota Bern masih kalah pamor sama Zurich. Tapi kalo soal keindahan, yah jangan ditanya deh sama-sama indah kotanya.

Saudi Arabia

ibukota
Sumber : Emirates.com


Negara kerajaan ini sangat dikenal di seantero bumi karena terdapat kota suci bagi umat islam, yaitu Mekkah dan Madinah. Tapi entah kenapa masih ada aja yang suka keliru kalo menganggap kedua kota tersebut sebagai ibukota dari Saudi Arabia. Kamu tahu ngga gengs yang bener? Kalo kamu jawabnya Jeddah juga masih salah, hehe. Yang bener adalah Riyadh. Kota ini berjarak kurang lebih 900 Km dari Mekkah.

Pemisahan kota pusat bisnis dan kota pemerintahan kayanya emang sangat dianjurkan untuk sebuah negara sekarang ini deh, gengs. Selain agar proses pemerintahan terfokus, pemerataan penduduk juga bisa terjadi. Kira-kira Indonesia mesti pindah ngga yah ibukotanya?
71
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...