Inilah Pelanggaran Lalu-lintas Yang Jadi Sasaran Polantas Pada Operasi Zebra 2016

76 Views
Halo gaes.. Apakah kalian pengemudi kendaraan bermotor? Kayak mobil atau motor gitu? Naah kalo iya, pada patuh gak nih sama peraturan lalu-lintas yang ada? Mudah-mudahan pada patuh deh hehe. Penting diinfokan nih, kalian semua tau gak bahwa hari ini adalah hari pertama Operasi Zebra 2016? Wah belom tau? Niih gue kasih tau sedikit dulu deh.. :D

Operasi Zebra 2016


Operasi Zebra adalah operasi dari pihak Kepolisian lalu-lintas Indonesia yang bertujuan untuk merazia atau memberi peringatan keras kepada pengendara nakal yang so pasti gunanya buat menekan angka pelanggaran lalu-lintas gaes. Gak ada yang spesial sebenernya sih dari nama Zebra sendiri. Zebra adalah sandi khusus dari pihak Kepolisian. :D

Nah.. biar kalian semua gak kena semprit Polantas, nih gue kasih tau beberapa pelanggaran yang akan jadi sasaran Kepolisian lalu-lintas pada Operasi Zebra 2016 kali ini. Disimak yaa! :D

1. Melawan arus lalu lintas

Operasi Zebra 2016
Sumber: Kaskus


Coba mulai sekarang lebih taat yuk. Jangan ambil hak pengguna jalan lain. Gak mau hak-haknya diambil orang lain juga kan? :D

2. Menerobos lampu merah

Operasi Zebra 2016
Sumber: Radar Tarakan


Nah yang gini-gini coba disudahi. Kalo emang buru-buru, yaa berangkat lebih pagi aja :D

3. Tidak dapat menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM)

Operasi Zebra 2016
Sumber: POLRI


Ini termasuk yang SIM-nya mati yaa gaes. Dibawa tapi udah gak berlaku mah sama aja boong. Artinya lo gak tanggung jawab sama kewajiban lo untuk perpanjang itu SIM. :D

4. Tidak dapat menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Operasi Zebra 2016
Sumber: Cermati


Ini juga termasuk yang mati alias udah gak berlaku yaa gaes. :D

5. Masa berlaku plat nomor habis dan modifikasi plat nomor yang tidak sesuai aturan

Operasi Zebra 2016
Sumber: Detik


Operasi Zebra 2016
Sumber: Fokus Sulsel


Tuh siapa yang plat nomornya cantik terus di mepet-mepetin biar bisa dibaca pengendara lain? Gak boleh tau gaes. Katanya bikin petugas bingung bacanya. Tapi yang paling parah yang plat-nya mati sih.. :D

6. Tidak melengkapi alat standar keamanan kendaraan (Spion, Lampu kendaraan,dll)

Operasi Zebra 2016
Sumber: MPM Motor


Spion tuh bukan pajangan gaes. Ada gunanya, dan lo sebenernya butuh banget. Yuk yang gak pake spion dipasang lagi spionnya. Jangan lupa nyalain lampu siang hari yaa yang motoran. :D

7. Tidak Mengenakan Helm/Sabuk Pengaman

Operasi Zebra 2016
Sumber: Tribun Pontianak


Operasi Zebra 2016
Sumber: Mercon Motor


Namanya celaka itu gak ada yang tau gaes. Maka dari itu, pakailah helm sekarang demi keamanan! jangan gara-gara Operasi Zebra 2016 doang. :D

8. Penggunaan Rotator atau Sirine yang bukan peruntukkannya

Operasi Zebra 2016
Sumber: Poskota


Operasi Zebra 2016
Sumber: Jackbiker


Nih yang kaya gini yang biasanya telolet nguing nguing toott toott tapi ternyata kendaraan pribadi yang bukan peruntukkannya. Dicopotin aja lah.. untuk apa sih gaes pake kaya gituan? Respect is earn not given. :D

9. Balap liar

Operasi Zebra 2016
Sumber: Zona Biker


Waduh yang kaya gini enaknya diapain nih gaes? kalo menurut gue sih enaknya dirangkul terus direkomendasiin masuk ke tim kejurnas balap gaes. Lumayan kan.. siapa tau berbakat, jago, terus bisa mengharumkan nama bangsa lewat MotoGP atau Superbike atau apa kek yang lain :D

Nah itu dia gaes beberapa pelanggaran yang akan jadi sasaran Kepolisian lalu-lintas pada Operasi Zebra 2016 kali ini. Semoga kalian semua mempersiapkan diri agar gak sia-sia ditilang karena kelalaian sendiri.. bhaaayy :D
66
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...