Ini Dia 5 Fakta Olahraga Sumo, Olahraganya Orang-orang Gendut!

Negara Jepang, seperti yang kita tahu memiliki banyak banget tradisi turun-temurun dari nenek moyang mereka. Dan enggak sedikit juga yang mendunia, salah satunya olahraga sumo. Kalo mau kita gali lebih dalam lagi, ternyata olahraga satu ini memiliki banyak banget keunikan dan fakta-fakta menarik didalamnya. Apa sih faktanya? Coba simak aja pembahasan berikut ya gengs!

1. Awalnya Pemain Sumo Tidak Berbadan Gemuk

olahraga sumo
Sumber: www.boombastis.com


Ya mungkin yang kita lihat di era modern sekarang sumo punya badan yang besar dan gemuk ya guys. Padahal, gaselamanya pemain sumo itu berbadan gemuk. Dahulu, pemain sumo tidak gemuk, tapi harus memiliki otot yang cukup kuat untuk bertarung gengs!

Pada kenyataannya tradisi mulai berubah dan hanyak orang gemuklah yang bertarung. Eits jangan salah, meskipun gemuk, badan mereka sangat kekar loh gengs! Coba aja pukul perutnya, hebat lu kalo ga pingsan mah.

2. Makanan Sumo

olahraga sumo
Sumber: www.kaskus.co.id


Oke pasti pada penasaran kan sama makanan para sumo? Chankonabe adalah makanan merek. Chankonabe adalah makanan semacam sup yang kandungan proteinnya cukup besar dan porsinya juga besar.

Namun tau ga sih kalo sumo ga makan seenaknya? Walaupun gemuk, sumo juga diatur makannya loh guys, jadi gaboleh kelebihan dan gaboleh kekurangan porsinya. Jadi ya mereka tetep punya aturan lah:D

3. Mengangkat Kaki dan Tangan

olahraga sumo
Sumber: sbelen.wordpress.com


Mungkin kebanyakan orang berasumsi pas melakukan olahraga sumo lagi ngangkat kaki dan tangan trus dihentakin ke lantai, itu mau pamer atau mau ngejatuhin mental lawan.

Eh tapi ternyata bukan Cuma itu fungsinya. Menurut adat, mengangkat kaki dan tangan adalah suatu tanda untuk menunjukan bahwa si sumo ga membawa senjata apapun loh guys. Jadi emang bisa dibilang turun temurun.

4. Penggemar Sumo Umumnya Berumur Diatas 50 Tahun

olahraga sumo
Sumber: www.antaranews.com


Sebenernya sih sama aja kaya di Indonesia ya, miris rasanya kalo suatu tradisi gaada yang minatin.

Walaupun sudah banyak padepokan sumo, nyatanya orang yang aktif menyaksikan sumo adalah para orang tua. Ini dikarenakan para anak muda nganggep budaya ini ga penting guys. Ati ati ntar di klaim negara lain hehe.

5. Lempar Garam

olahraga sumo
Sumber: nonikhairani.com


Mungkin yang pernah liat olahraga sumo dari TV pernah deh liat satu orang yang suka ngelemparin garam ke arena pertandingan. Ada gunanya nih, yaitu untuk mengusir roh jahat dan bala.

Karena lingkaran arena pertandingan sumo disebut sebut sangat suci gengs. Yang boleh masuk kedalam arena hanya, wasit sekaligus pendeta, penabur garam, dan pemain sumonya.

Nah itu dia guys fakta fakta menarik dari sumo. Tradisi jepang ini memang udah gabanyak ditemui, nah selagi masih ada nikmatin deh hehe.ve a nice day!
153
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...