Dianggap Gak Sopan, Ini dia Isyarat Tangan di Berbagai Negara

Sumber: opnminded

Lo termasuk orang yang pengen banget jalan-jalan ke luar negeri gak? Kalau iya, lo kudu pelajari dulu nih hal apa yang dilarang saat lo ada di negeri orang. Biasanya beberapa negara punya aturan-aturan yang perlu ditaati bagi kita para pelancong.

Salah satunya isyarat tangan, kalau di Indonesia biasanya nunjuk orang yang lebih tua gak sopan atau nunjukin jari tengah kalau kesel sama orang. Maka dari itu gue mau kasih tau isyarat tangan terlarang di beberapa negara.

1. Jangan membentuk jari "OK" di Brasil dan Jerman

jari tangan

Sumber : independent

Buat kita mah itu artinya baik-baik aja, tapi kalau di Eropa sana isyarat ini sama aja ngatain orang dengan makna tidak berarti atau "lo gak ada apa-apanya bro!" begitulah. Parahnya, kalau di Brasil dan Jerman, isyarat ini bermakna "Anus" yang dipake buat mengejek orang sebagai Homo.

2. Jangan membuka telapak tangan lo di Yunani

jari tangan

Sumber : mademan

Ternyata hal ini dilarang keras kalau di Yunani, isyarat tangan ini disebut "Moutza" yang artinya semacam bentuk cacian atau pelecehan. Hal ini berasal dari kebudayaan jaman Romawi Timur, saat itu penduduknya sering membuang kotoran ke muka para pelaku kriminal sebagai bentuk penghinaan. Selain Yunani, negara Afrika, Pakistan, Korea, dan Jepang juga melarang isyarat ini.

3. Jangan mengacungkan "dua jari" alias "Peace" di Inggris

jari tangan

Sumber : pixabay

Walah kenapa tuh? Iya ternyata isyarat Peace di Inggris dianggap berbentuk alat kelamin wanita atau bisa jadi konotasi seksual negatif lainnya. Siapa yang masih doyan foto dengan gaya Peace nih? hehe. Selain Inggris, ternyata isyarat ini juga dilarang di Irlandia, Australia, Italia, dan New Zealand.

4. Jangan sekali-kali ngacungin jempol lo di Russia

jari tengah

Sumber : pixabay

Bukannya jempol artinya bagus ya? Ya, betul, tapi itu di beberapa negara tertentu aja, kalau di Russia, Yunani, dan beberapa negara di Timur Tengah, serta negara di Afrika Barat lo ngacungin jempol artinya sama aja lo mengacungkan jari tengah ke orang tersebut. Walah, beda ternyata yak haha.

5. Jangan menyilangkan jari telunjuk dan jari tengah di Vietnam

Sumber : pixabay

Ternyata di Vietnam menyilangkan jari telunjuk dan jari tengah artinya menggambarkan alat kelamin wanita, ya pokoknya berbau seksual deh. Kalau di Indonesia mah isyarat ini digunain untuk membuat janji ya.

6. Jangan ngibasin dagu pake tangan di Perancis, cukup kibasin rambut aja

Sumber : blogunik

Isyarat ini emang jarang ditemuin di Indonesia, tapi isyarat ini sangat dipahami orang-orang Perancis, Belgia, Italia, dan Tunisia. Kalau di Italia, isyarat ini artinya menolak dengan tidak sopan, sedangkan di Perancis, isyarat ini artinya sama aja lo nunjukin alat kelamin lo. Atau bisa bermakna mengusir dengan cara tegas.

7. Jangan suka nempelin dua telunjuk lo di Mesir

jari

Sumber : blogunik

Di Mesir sana, kalau lo nempelin dua jari telunjuk mengarah kebawah maknanya berkonotasi negatif, yaitu ngajak orang yang jadi lawan bicara lo buat melakukan hubungan badan alias bercinta. Wadaw, tiati ntar salah paham.

8. Jangan mengusap kepala orang di Thailand

Sumber : rumahnkri

Biasanya para cewek demen banget nih diusap-usap kepalanya, tapi ternyata hal ini dilarang di Thailand. Menurut orang Thailand yang mayoritas memiliki agama Buddha, mengusap kepala orang itu gak boleh disentuh sembarangan orang karena kepala adalah bagian tubuh yang sakral, kalau kedua orangtuanya sih boleh mengusap kepala anaknya.

9. Jangan manggil orang dengan satu jari di Filipina

Sumber : pixabay

Di Indonesia hal seperti ini juga dianggap gak sopan, ternyata Filipina juga begitu. Isyarat ini bermakna kalau orang tersebut menganggap lawan bicaranya sama kayak Anjing. Parahnya, kalau sampe lo ngelakuin hal ini, lo bisa aja ditangkep sama pihak berwajib.

10. Jangan membentuk jari "Metal" di Kolombia

Sumber : openmind

Kalau di Indonesia sih artinya metal ya, tapi kalau di Kolombia ini adalah isyarat yang sangat dilarang. Jangan sekali-kali lo nunjukin jari metal karena hal ini dianggap mengajak pasangan lawan bicara buat selingkuh. Ada juga beberapa negara yang menganggapp ini sebagai pengusir setan. Tenyata di Brazil, Portugal, dan Spanyol melarang isyarat ini.

11. Jangan meletakan jempol di gigi depan di India dan Pakistan

Sumber : pixabay

Hal ini dinamakan Cutis atau Cutta, kalau lo melakukan isyarat ini artinya mengejek seseorang atau bisa diartikan dengan ngatain seseorang dan keluarganya biar sial. Kalau di Indonesia sih artinya "ngedot" ya kalau buat anak bayi.

Itu dia beberapa isyarat tangan yang dilarang di beberapa negara di dunia. Jadi, buat lo yang nantinya mau traveling ke luar negeri kudu tiati menggunakan jari lo ya, bisa jadi salah paham nanti. Buat yang mau ke luar negeri bisa kali oleh-oleh bawain buat gue hehe.

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...