7 Fakta Tentang Putri Duyung, Percaya Gak Loe?

Sumber: soompi

Siapa yang percaya kalau putri duyung beneran ada? Ya, pastinya sebenernya putri duyung cuma mitos dan mahluk legenda yang tenar. Banyak banget film, drama, sampe sinetron tentang putri duyung. Nah, biar makin kenal sama si putri duyung, gue kasih tau nih fakta sebenernya putri duyung, khayatin yak bacanya:D

1. Asal muasal cerita Putri Duyung

Sumber: uchiha-uzuma

Legenda putri duyung ini awalnya muncul di kawasan Syria kuno. Waktu itu ada seorang dewi bernama Atargatis yang menyesal karena udah bunuh pacarnya yang manusia. Akhirnya dia lompat ke danau dan berubah jadi ikan, yak jadi ikan bagian pinggul ke kaki, pinggul ke kepala sih masih manusia.

2. Setiap negara punya nama sendiri untuk Putri Duyung

Sumber: SweetNara

Ternyata Putri Duyung punya banyak nama atau sebutan, kalau di Eropa namanya Siren, di Jepang namanya Ningyo, Afrika namanya Mami Wata, Irlandia sebut namanya Merrow, dan lain-lain lah pokoknya.

3. Putri Duyung yang melegenda ini diduga adalah Sapi Laut

Sumber: rimanews

Walau udah terkenal dengan sebutan duyung, ternyata banyak menduga kalau duyung yang dimaksud orang jaman dulu adalah seekor Sapi Laut. FYI nih kengkawan, Sapi Laut atau Dugong adalah mamalia sirenia terbesar yang udah punah dan pernah ditemuin di Pantai Laut Bering, Asia.

4. Putri Duyung disebut nenek moyang manusia

Sumber: Dramabeans

Wah yakali dah, yak ternyata ada kebudayaan yang menganggap manusia adalah keturunan duyung. Dari cerita mitologi orang Mangaian yang tinggal di kepulauan pasifik mengatakan kalau lelaki dan para dewa adalah keturunan duyung. Tapi, gambaran duyung disana wujudnya sebelah kanan manusia, kirinya duyung.

5. Aquamarine dari air mata Putri Duyung

Sumber: Dramabeans

Selama ini kalau nonton cerita putri duyung pasti tau dong kalau air mata duyung itu bisa jadi mutiara. Nah, adalagi mitos yang mengatakan kalau aquamarine alias batu berharga dengan warna biru laut berasal dari air mata duyung.

6. Eropa buat cerita Putri Duyung bukanlah mahluk yang baik

Sumber: Allkpop

Ternyata emang beberapa negara mengangkat kisah duyung, kalau di kawasan Eropa, putri duyung disebut Siren yang artinya wanita cantik dengan suara merdu dan wujudnya setengah ikan setengah manusia.

Siren katanya suka hipnotis pelaut dengan suaranya biar ngarahin kapalnya ke mereka sampe akhirnya tenggelem. Katanya juga Siren suka ngegoda pelaut dan dibawa ke dalem air.

7. Katanya wujud asli Putri Duyung selama ini hoax

Sumber: Dramabeans

Wah, kalau yang satu ini sih udah terkenal di dunia kalau duyung itu punya ekor ikan tapi tubuh manusia. Tapi, ternyata semua itu hanyalah bayangan orang saja. Aslinya sih gak begitu, setuju gak lo?

Tenyata emang yang namanya Putri Duyung atau Putra Duyung (sebutan buat duyung laki-laki) ini mungkin hanya legenda aja ya. Percaya atau gak percaya, semua orang udah tau kalau Duyung itu emang manusia setengah ikan. Kalau menurut kengkawan gimana? Tulis di kolom komen yak:D

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...