7 Budaya Jepang Yang Harus Diterapkan Di Indonesia, Harus Banget Cuy!

Sebagai negara maju di Asia, Jepang selalu membuktikan kehebatannya dalam dunia teknologi. Sebagai salah satu bagian dari benua Asia nih, Indonesia perlu banget belajar gaya hidup di Jepang. Tapi, tetep ya pelajarin yang positifnya guys, banyak banget yang perlu kita pelajarin dari sikap orang Jepang. Ini dia budaya Jepang yang perlu diterapkan sama orang-orang Indonesia, cekidot! :D

1. Time is money alias waktu itu adalah duit guys

budaya jepang
Sumber: www.123rf.com


Buat orang Jepang waktu adalah sesuatu yang gak boleh disia-siain guys, budaya Jepang itu straight banget sama yang namanya waktu. Kebiasaan ini membuat mereka menjadi orang disiplin dalam melakukan kegiatan sehari-hari loh. :D

2. Hemat Pangkal kaya gays

budaya jepang
Sumber: arifzever.blogspot.co.id


Budaya Jepang sangat menjaga yang namanya keuangan mereka. Mereka bisa mengelola keuangannya dengan sangat baik dan hidupnya jadi lebih produktif. Kita perlu belajar nih dari Jepang. Kalau di Jepang, semakin malem semakin murah gengs. :D

3. Doyan baca

budaya jepang
Sumber: jepang.panduanwisata.id


Warga di Jepang doyan banget baca buat nambah-nambah pengetahuan mereka gengs. Coba kalau kamu ke Jepang, naik deh kereta disana nanti kamu bakal nemuin orang-orang yang manfaatin waktu di kereta buat sekedar baca-baca buku atau informasi online. :D

4. Bukan generasi nunduk

budaya jepang
Sumber: www.ediginting.com


Walau Jepang pengembang teknologi, warganya justru bukan generasi nunduk alias gadget mulu gengs. Mereka bakal pake gadget untuk sesuatu yang memang penting dan perlu mencari informasi. Bahkan anak sekolahan dilarang bawa gadget ke sekolah. :D

5. Gak suka ngobrol kalau lagi kerja

budaya jepang
Sumber: edukasi.kompas.com


Kalau di Indonesia, banyak ngobrolnya dikit kerjanya. Beda banget sama budaya Jepang! Kalau di Jepang yang ada mereka nerapin banyak kerja dikit ngobrolnya. Istilahnya Talk Less Do More. :D

6. Loyal sama kerjaannya

budaya jepang
Sumber: www.akibanation.com


Kalau di Jepang, orang yang kerja bakalan setia nih sama kerjaannya dan gak gampang bosen. Dalam hidupnya orang-orang di Jepang cuma bekerja di satu atau dua tempat, jadi gak banyak-banyak dan mereka gak suka pindah-pindah kerja. :D

7. Prosesnya baru hasilnya

budaya jepang
Sumber: japanesestation.com


Orang-orang disana selalu ngehargain perjuangan mereka buat mendapatkan sesuatu, bukan malah nikmatin hasilnya aja. Menurut mereka proses itu adalah sesuatu yang paling membanggakan dibanding hasil yang di dapat. :D

Itulah, budaya Jepang yang patut kita tiru. Apalagi, Jepang kan satu Benua sama Indonesia, jadi kita gak perlu jauh-jauh niru budaya barat yang udah pasti jauh banget sama kita. Menurut kamu mana yang paling patut di contoh orang Indonesia nih gengs? Tulis di kolom komen ya :D
79
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...