7 Band Lokal Taat EYD, Wajib Masuk Daftar Musik Nasional!

40 Views
Ngomong-ngomong tentang musik nasional, para punggawa musik di Indonesia semakin kesini, semakin kreatif yaa gengs. Tapi kalian sadar gak sih kalo musisi atau band-band lokal sekarang udah jarang yang make Bahasa Indonesia rapih nan EYD banget.

Ada yang lebih pede pake lirik bahasa Inggris lah, atau nggak liriknya disusupin bahasa tongkrongan semacam elo, gue, bahkan sampe ada lagu pake bahasa kasar yang sering buat ngatain orang.

Tapi beda dengan 7 band lokal ini gengs. Mereka muncul ke permukaan dengan lirik bahasa Indonesia yang baik dan benar ditengah arus bahasa Indonesia gaul.

Mereka juga konsisten membuat lirik seperti itu dan membuktikan bahwa bahasa Indonesia yang EYD banget itu selalu punya tempat yang lebih luas di hati masayarakat.

Daripada banyak omong lagi, langsung aja cekidot siapa aja mereka yang wajib masuk daftar Musik Nasional?

1. Efek Rumah Kaca

https://www.youtube.com/watch?v=rk04fWhLROU

Grup musik indie asal Jakarta ini dikenal oleh para pecinta musik di Indonesia karena lagu-lagu mereka yang banyak menyentuh dan memotret keadaan sosial masyarakat di sekitar mereka pada semua tingkatan.

2. Sheila On 7

https://www.youtube.com/watch?v=32M1DDVwqeY

Daftar musik nasional selanjutnya jatuh kepada grup musik asal Yogyakarta. Mereka salah satu band yang konsisten menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dari awal berdiri tahun 1996 sampai sekarang, lagu-lagu SO7 selalu mendapat pujian dari sisi lirik yang greget.

3. Barasuara

https://www.youtube.com/watch?v=eOQ7aFm6gpo

Dari legenda, kita beralih ke salah satu band lokal baru yang lagi naik daun nih gengs. Band yang lagi dilongok semua kalangan ini juga rapih menulis lirik bahasa indonesia yang cukup puitis. Menariknya, Barasuara tak mendayu-dayu dalam melantunkan lirik-lirik puitisnya.

4. Padi

https://www.youtube.com/watch?v=eGe9SgD0a48

Pasti yang kalian inget dari band ini adalah lagu Kasih Tak Sampai? Atau Sobat? Atau Mahadewi? Yaa, Padi termasuk dalam salah band Indonesia yang mampu membuat lirik lagu dengan bahasa yang EYD banget. :D

5. Dialog Dini Hari

https://www.youtube.com/watch?v=kEbxIfmvJE0

Pernah memainkan musikalisasi puisi karya Wiji Thukul membuat folk trio yang beranggotakan Brozio Orah, Dadang SH Pranoto, dan Denny Surya ini dikenal sebagai salah satu grup musik yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


6. Peterpan/Noah


https://www.youtube.com/watch?v=0jH5Y1LMwJA

Siapa gak kenal sama band yang kerap ditempa berbagai cobaan namun fansnya masih tetap setia? Yap! band yang digawangi Ariel CS ini juga salah satu band lokal yang konsisten menggunakan lirik bahasa Indonesia yang baik.


Bahkan beberapa orang mengaku agak kesulitan memahami lirik lagu Peterpan/Noah karena terlalu puitis. Namun karena diimbangi dengan komposisi nada yang apik, hampir semua orang hafal sama lagu-lagu Peterpan/Noah. Padahal gak ngerti artinya nih yee.. :D


7. Senar Senja


https://www.youtube.com/watch?v=9Ko9QshUOP8

Duo ksatria bergitar dari Jakarta ini juga menjadi salah satu grup musik yang karya diakui keren oleh banyak orang.


Apiknya permainan gitar Febry Rufiandhy and Aditya Sidhi dan olahan liriknya yang sendu bisa dibilang sebagai salah satu musisi lokal yang cakap menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Nah itu tadi 7 band lokal yang berhasil merebut selera telinga masyarakat dengan bahasa Indonesia yang baik dan EYD banget dan wajib masuk daftar Musik Nasional. Mana favorit kalian gengs? :D

3
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...