6 Hal Ini Yang Bakal Lu Temuin Saat Nonton Liga Tarkam, Sepakbola Keras Boss!!

tarkam
Sumber: tribun

Gengs! siapa yang pada hari Minggu (20/08/2017) menonton pertandingan sepakbola dalam gelaran SEA Games 2017 rasa nonton liga tarkam, antara Indonesia VS Timor Leste. Mungkin lu semua bertanya-tanya, kenapa gua sebut rasa pertandingan tersebut liga tarkam, hal itu karena permain keras yang dilakukan salah seorang pemain Timor Leste bernomer punggung 4, Filipe Oliviera.

tarkam

Sumber: http://suryamalang.tribunnews.com

Bagaimana tidak, Filipe dianggap sebagai biang keladi kericuhan antarpemain kedua tim pada injury time laga Timnas U-22. Para netizen bahkan tidak terima dengan permainan kasar Filipe yang menyebabkan Evan Dimas mendapat kartu kuning sehingga dia harus absen saat laga Indonesia melawan Vietnam. Dan banyak netizen Indonesia yang menyerang akun Instagram Filipe dengan kata-kata kasar. Jadi gua rasa gak salah kalo gua sebut Filipe adalah pemain sepak bola profesional yang punya jiwa pesepakbola tarkam.

tarkam

Sumber: Instagram @filipiolivera

Eits, tapi tunggu dulu dari tadi gua ngomongin tarkam, disini udah pada tau belum tarkam itu apa? Buat kalian yang belum tau terkam adalah singkatan dari 'anTAR KAMpung', jadi liga ini diadakan antar desa disatu wilayah tertentu tanpa ada pengawasan dari komisi sepakbola profesional yang mengawasi. Seiring berjalannya waktu, istilah tarkam mengalami perluasan makna. Tarkam tidak hanya diidentikkan pada pertandingan antar kampung atau antar desa, namun juga pada sebuah perusahaan yang mengikuti sebuah turnamen kecil.

Nah, agar lebih terbayang dengan suasana tarkam, gua kasih tau 6 hal yang bakal lu temuin kalo lu nonton liga tarkam. Apa aja tuch? Kalo penasaran kuy kita simak mak mak!

1. Komentator Dengan Speaker Mendem 

tarkam

Sumber: bola.com

Yang pertama bakal lu liat dari liga tarkam adalah komentator dengan speaker mendem dengan suara yang cepat. Mungkin karena keterbatasan dana, sound sistem yang dipakai pun seadanya. Namun ini yang menjadi ciri khas yang paling terasa di liga tarkam.

Ini contoh komentar/reportase dari komentator liga tarkam.

2. Jarak Antar Penonton Dan Pemain

tarkam

Sumber: rimanews.com

Yang namanya tarkam biasanya penonton gak punya spot untuk duduk nyaman seperti di stadion. Spot paling nyaman buat nonton liga terkam adalah pas di garis lapangan. Yang namanya muka kena bola udah menjadi hal lumrah bagi penonton liga tarkam.

3. Tukar Pinjam Sepatu

tarkam

Sumber: mulpix.com

Dalam satu kesebelasan, kadang yang memiliki sepatu bola hanya beberapa orang saja. Jadi gak heran ketika pergantian pemain, pemain yang diganti meminjamkan sepatunya ke pemain yang menggantikannya.

4. Bermain Tanpa Sepatu Bola (Nyeker)

tarkam

Sumber: thepicta.com

Kalo misalnya sepatu gak ada yang bisa dipinjem, jalan satu-satunya ya bertelanjang kaki alias nyeker alias barefoot. Gak ada ketentuan yang menyatakan kalo main di liga tarkam harus pake sepatu. Jadi kalo lu masih noob ketika nonton liga tarkam jangan kaget kalo ada pemain yang yang nyeker.

5. Keributan dan Main Kasar

tarkam

Sumber: tribun

No rules! Ini sih yang paling mengerikan dari liga tarkam. Yang namanya baku hantam, marah-marah atau saling menghina antar pemain kerap terjadi di liga ini. Bahkan kadang wasit yang memimpin pertandingan juga jadi sasaran. Miris sih tapi itulah yang terjadi di tarkam.

6. Pedagang Di Pinggir Lapangan

tarkam

Sumber: pinggirlapangan.com

Ramainya penonton pertandingan tarkam merupakan lahan basah bagi pedagang dadakan. Jadi gak heran kalo tiap laga tarkam banyak banget pedagang yang muncul di pinggir lapangan.

Itu dia gengs 6 hal yang bakal lu temuin saat menonton liga tarkam. Gimana gengs? tertarik menonton liga ini? Tulis pendapat lu di kolom komentar yaw!

LOKIT JUGA VIDEO BEIKUY CUY!

 

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...