6 Fakta Menarik Raja Ampat, Wow! Surganya Bawah Laut!

Sumber: wisatatiga.com

Raja Ampat! Buat kengkawan traveller sejati, ataupun penyuka diving, pastinya sudah tidak asing lagi dong dengan nama Raja Ampat ini. Keindahan bawah lautnya sudah terkenal sampai ke mancanegara! Duh, ibaratnya, Raja Ampat ini surga dunia bagi para penyelam. Nggak cuma alam bawah lautnya, pemandangan tebing yang tinggi, serta keindahan alam lainnya bikin kepengen cepet-cepet ke sini dah.

Di balik keindahannya yang paripurna, ada fakta-fakta menarik yang asik untuk diulas. Kira-kira apa aja ya fakta-faktanya? Yuk, langsung aja simak ulasannya di bawah ini. 6 fakta menarik Raja Ampat yang bakal bikin traveller kepengen buru-buru mengunjunginya! Cekidot!

1. "Hutan Amazon" di bawah laut

Sumber: boombastis.com

Saking indah dan kaya dengan biota laut paling beragam di dunia, perairan Raja Ampat pas banget dijuluki "Hutan Amazon" di bawah laut. Kenapa? Karena penyelam dapat menjumpai beragam biota laut gengs, mulai dari hiu karpet Wobbegong Shark, kuda laut jenis pigmy sebesar ruas kelingking, sampai ikan besar dengan bentang sayap sepanjang lima meter. Selain itu, terumbu karang di perairan Raja Ampat juga indah banget. Kuyy lah ke sini!

2. Punya terumbu karang terindah

Sumber: wisatatiga.com

Nah, buat kengkawan yang suka diving alias menyelam, perairan Raja Ampatt adalah surganya bawah laut dengan beragam terumbu karang yang cantik. Di selat Dampier, terumbu karang memiliki kondisi yang sangat baik lho!

Tipe-tipe terumbu karang di sini ialah terumbu karang kontur landai hingga curam. Kengkawan nggak bisa menyelam? Nggak usah khawatir, di Kampung Saondarek, terumbu karang hidup masih bisa dinikmati saat pasang surut rendah. Mantap banget kan?

3. Asal muasal nama Raja Ampat

Sumber: wisatatiga.com

Ternyata, nama Raja Ampat ini ada asal muasalnya loh gengs. Nama ini diambil dari cerita rakyat yang ada di wilayah tersebut, yakni cerita rakyat Raja Ampat alias "Empat Raja" yang menguasai empat kerajaan di wilayah tersebut, antara lain Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta.

4. Masuk dalam 10 tempat menyelam terpopuler di dunia

Sumber: boombastis.com

Tahu nggak sih gengs, perairan Raja Ampat masuk ke dalam 10 tempat menyelam paling populer di dunia! Tentunya karena keindahan dan kekayaan biota laut yang menarik para penyelam dari mancanegara.

Beberapa spot menyelam paling terkenal di Raja Ampat antara lain, Manta Point, Mike's Point, Sardine Reef dan Shark Point. Penyelam juga bisa menikmati terowongan batu karang, dan gua-gua karang yang dihuni kelelawar gengs! Bahkan, di beberapa tempat bisa ditemukan sisa-sisa tulang manusia!

5. Tempat-tempat terbaik dan terfavorite di Raja Ampat

Sumber: wisatatiga.com

Kira-kira, tempat menarik apa saja yang paling terfavorite di Raja Ampat? Salah satunya ialah Wayag yang merupakan ikon dari Raja Ampat! Di Wayag ini, pengunjung bisa trekking ke puncak loh untuk menikmati keindahan Raja Ampat dari atas.

Duh, kepengen nggak nihh gengs? Nggak cuma Wayag, ada Teluk Kabui yang punya pemandangan menarik, yakni tebing batu yang menjulang tinggi di  tengah perairan! Tebing ini punya corak yang beragam dan unik! Dan, jangan lewatkan pemandangan ratusan pulau kecil yang menyembul dari dasar laut! Whoaaaah!

6. Dikunjungi orang terkenal di dunia

Sumber: wisatatiga.com

Ternyata, keindahan Raja Ampat yang paripurna bagaikan surga dunia ini sudah menarik pengunjung dari mancanegara! Terutama orang-orang terkenal di dunia loh! Siapa aja? Ada Sergey Brin, bos Google, yang berlibur di Raja Ampat saat Natal.

Sergey mengaku sangat menikmati keindahan alam Papua yang natural! Jelas, soalnya Raja Ampat ini pada dasarnya adalah Taman Nasional gengs, jadi jumlah orang yang berkunjung dibatasi agar kelestariannya tetep terjaga.

Itu dia gengs enam fakta menarik dari Raja Ampat dengan berbagai keindahan alamnya! Sebagai orang Indonesia, pastinya kita harus bangga ya punya aset yang kaya! Tapi, jangan lupa untuk tetap menjaga ya! Kuy lah kita meluncur ke Papua, Raja Ampat!

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...