5 Pulau Terluar Indonesia Ini Wajib Lo Kunjungin, Keren Banget!

Gengs, tau gak sih kalo Indonesia tuh terletak diantara dua Benua? Nah! Ada yang tau Benua apa dan apa? Sebagai warga negara Indonesia, lo harus tau lokasi negara lo dimana.

Indonesia tuh terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia. Terus, selain itu Indonesia juga terletak diantara dua Samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Nah! Indonesia merupakan negara dengan jumlah pulau terbesar di Dunia cuy. Ada sekitar 17.504 pulau (Berdasarkan Seri Ensiklopedia Populer Pulau-pulau Kecil Nusantara).

Gokil ya Indonesia? Hmm, kira-kira butuh berapa tahun tuh buat jelajah semua pulau? Mungkin lo bisa coba dari pulau-pulau terluar Indonesia.

1.Pulau Simeulue Cut

pulau terluar indonesia
Foto: Simelue Surflodges.com


Pulau ini terletak di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, terletak di Samudera Hindia dan berbatasan dengan India.

Pulau ini memiliki panorama alam yang bagus cuy, tapi gak ada penghuninya di sana. Paling cuma dipake nelayan sekitar buat singgah aja nih, sabi juga ya nelayan nongkrongnya di pulau.

2. Pulau Lingayan

pulau terluar indonesia
Foto: Pariwisata Tolitoli


Nah kalo pulau ini terletak di Provinsi Sulawesi Tengah dan berbatasan dengan negara Malaysia.

Gengs, kalo pulau ini sih ada penghuninya, Pulau Lingayan punya alam bawah laut yang sabi banget, pas buat lo yang suka snorkeling atau diving.

3. Pulau Nipah

pulau terluar indonesia
Foto: panoramio.com


Pulau Nipah terletak di Kepulauan Riau dan berbatasan langsung sama Singapura. Pulau ini dijadiin jalur lalu lintas kapal Internasional sehingga kondisi alam lautnya kurang bagus.

Udah gitu, tahun 2000 pulau ini sempet jadi perhatian pemerintah Indonesia karena penambangan pasir untuk diekspor ke Singapura, yang bikin luas pulau terluar Indonesia ini berkurang bahkan nyaris tenggelem. Ngeri abis cuy.

4. Pulau Dana

pulau terluar indonesia
Foto: philipanggokrisbiantoro.blogspot.co.id


Pulau Dana ini terletak di Nusa Tenggara Timur dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau ini punya pemandangan alam yang cakep luar biasa indahnya.

Selain itu juga punya kekayaan hayati yang beraneka ragam, salah satunya berbagai jenis penyu ada loh di pulau ini. Penyu loh yaa, bukan kura-kura.

5. Pulau Bepondi

pulau terluar indonesia
Foto: eritatrans.com


Pulau Bepondi adalah satu dari enam pulau terluar yang ada di Papua. Pulai ini berbatasan langsung dengan negara Republik Palau.

Meskipun pulau ini punya bentuk topografi yang berbukit, alias banyak bukitnya, tapi pulau ini sudah berpenduduk loh.

Itulah 5 pulau terluar Indonesia. Mungkin kalo lo penasaran mau berkunjung kesalah satu pulau di atas, lo banyak nabung sama cari infornasi lebih banyak dulu ya.
429
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...