5 Kisah Sukses Pengusaha Ternama Ini Bikin Elu Semangat Kerja

Halo kengkawan! Ngomongin kisah sukses pengusaha kuy. Kesuksesan seorang pengusaha bukan hanya bisa diraih melalui pendidikan tinggi saja. Melainkan dari tekad yang kuat untuk mencapainya :D

Banyak pengusaha yang mulai dari nol dan harus melewati perjalanan panjang serta berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesannya. Berikut 5 kisah pengusaha ternama di Indonesia. Cekidot :D

1.Susi Pudjiastuti

kisah sukses pengusaha
Sumber: seputarlampung


Perempuan yang kini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI ini adalah seorang pengusaha yang dikenal tegas gaes. Dulunya, ibu Susi ini pernah berhenti sekolah sebelum lulus SMA, lalu memulai usahanya sebagai pedagang pakaian dan bed cover :D

Setelah melihat potensi wilayah tempat tinggalnya, Pangandaran, sebagai penghasil ikan, ibu Susi memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dan beralih ke usaha perikanan. Saat itu, ibu Susi hanya menggunakan modal Rp750 ribu hasil dari menjual perhiasannya :D

Ibu Susi membeli ikan dari pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran. Setelah sempat mandek, akhirnya ibu Susi berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran, hingga kemudian merambah ke ekspor ikan dan lobster :D

Kalau bisnis maskapai penerbangannya sendiri nih gaes, itu awalnya dari bisnis perikanan tersebut gaes. Ibu Susi membeli sebuah pesawat dari pinjaman bank untuk mengangkut produk lautnya yang jika dikirimkan via darat atau lau menjadi lambat. Kemudian jadi berkembang deh menjadi armada maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute pedalaman dan carter. Wah, keren banget ya ibu Susi :D

2. Nicholas Kurniawan

kisah sukses pengusaha
Sumber: maxmanroe


Kisah sukses berikutnya datang dari pemuda yang masih berusia 20 tahun. Nicholas beserta keluarganya terpuruk dan terlilit utang. Saat itu, ia berniat untuk mengubah nasibnya. Berbagai bisnis pernah dicobanya, mulai dari asuransi, makanan, MLM, dan mainan. Jatuh bangun sampai tidak naik kelas pernah dirasakannya :D

Lalu ia mulai bangkit kembali dan mencoba peruntungannya dengan menjual ikan hias melalui Kaskus. Meskipun beberapa kali pernah ditipu oleh calon pembeli, kini bisnis ikannya tesebut sudah menjangkau luar negeri, omzetnya juga bisa lebih dari Rp.100 juta. Usia doi masih 20 tahun lho gaes. Ntab! Banget gaes :D

3. Yasa Singgih

kisah sukses pengusaha
Sumber: tribunnews


Pada usia 15 tahun, Yasa memustuskan untuk terjun ke dunia bisnis. Saat itu, ayah Yasa terkena serangan jantung dan harus dioperasi. Yasa memulai cari uang sendiri dengan menjadi pembawa acara di acara ulang tahun dan musik. Selain itu, Yasa juga mulai berbisnis online dengan menjual lampu hias. Karena ada persoalan dengan pemasok, terpaksa Yasa berhenti dengan usahanya tersebut.

Di usianya menginjak 16 tahun, Yasa beralih ke bisnis mode. Sempat jatuh bangun dan rugi hingga ratusan juta rupiah, akhirnya Yasa membangun brand pakaian sendiri, MS Consulting serta kompleks perumahan dalam bentuk kavling tanah di Bogor. Wah, mas Yasa ini inspiratif banget ya gaes :D

4. Hamzah Izzulhaq

kisah sukses pengusaha
Sumber: generasimuda


Nah, kalo yang ini kabarnya memang sudah memiliki bakat berbisnis dari masih bocah. Sejak kecil, Hamzah berjualan kelereng, petasan, dan Koran. Doi juga pernah jadi tukang parkir dan ojek payung lho gaes. Saat Hamzah mengikuti seminar bisnis waktu SMA gaes, Hamzah ditawari usaha waralaba bimbel oleh pengusaha muda yang sudah memiliki 44 cabang bimbel.

Dengan modal Rp5 juta dan pinjaman Rp70 juta dari ayahnya, Hamzah membeli cabang (ambil alih) seharga Rp175 juta. Sisanya yang Rp100 juta itu ia cici; dari keuntungan setiap semester. Usahanya tersebut semakin berkembang dan Hamzah sudah punya 3 lisensi waralaba bimbel dan siswa diatas 200 orang :D

Sejak akhir 2011, bisnis Hamzah telah resmi berbadan hukum dengan nama CV Hamasa Indonesia, dan Hamzah menjabat sebagai direktur utama. Wah keren beut dah :D

5. Reza Nurhilman

kisah sukses pengusaha
Sumber: ceritablogger.com


Wah, kalau yang ini sepertinya sudah popular ya gaes sama yang namanya 'kripik setan' Maicih. Reza memulai bisnis keripik pedas ini pada pertengahan 2010, saat doi berusia 23 tahun. Saat menjalankan bisnis ini, Reza memiliki modal awal Rp15 juta dan ia menggandeng satu produsen keripik lokal di Bandung :D

Saat itu, Reza menggunakan Twitter sebagai alat pemasar produknya dan menerapkan system (194, 145)Jenderal(194, 146) (menggapai konsumen yang lebih luas dengan memasarkan produknya dengan cara berkeliling atau nomaden). Taktik yang digunakan Reza ini keren gaes, doi sengaja ngga buka took biar produknya itu terlihat ekslusif. Baru setengah tahun saja, omzet Maicih bisa mencapai Rp 7 miliar per bulan. Wow, fantastis :D

Gimana menurut kalian 5 kisah sukses pengusaha ternama tadi? Inspiratif banget ya. Tapi, semua kesuksesan mereka diraih atas perjuangan dan berbagai lika liku yang telah dilewatinya. Semoga kisah-kisah inspiratif para pengusaha sukses di atas dapat menjadi motivasi kita ya gaes, bahwa di dunia bisnis tidak ada batasannya. Nah, kalau lu pengennya punya usaha apa nih? :D
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...