5 Buku Nasional Legendaris Karangan Penulis Indonesia Yang Wajib Lo Baca

472 Views
http://2.bp.blogspot.com/-wvHp_yRr3QA/U-7x_YiFIRI/AAAAAAAAAbA/OYnjuAnev5E/s1600/ad.jpeg

Membaca buku pelajaran mungkin menjadi hal yang berat. Tapi lain halnya kalo buku yang kamu baca dapat menarik perhatianmu dengan topiknya yang gak biasa bahkan termasuk buku legendaris yang disukai banyak kalangan.

Buat kamu yang baru ingin mulai membaca bisa lewat beberapa buku nasional legendaris karangan penulis Indonesia ini gengs. Cekdisout! :D

1. Bumi Manusia (Pramoedya Ananta Toer)

buku nasional legendaris

Sumber: images.gr-assets.com

Buku ini mungkin cukup berat bagi pemula, karena menggunakan sastra yang cukup rumit sehingga butuh waktu untuk memahami setiap pesan yang disampaikan, tetapi jangan salah! Buku ini bisa membantu kamu untuk memahami sejarah lampau negara Indonesia pada zaman penjajahan.

Membantu kamu untuk memahami segala pergerakan ada dulu. Bumi manusia merupakan seri pertama dari tetralogi yang dibuat. Penulisnya sendiri bernama Pramoedya Ananta Toer menuliskan buku-buku ini saat sedang diasingkan di Pulau Buru.

2. Catatan Seorang Demonstran (So Hok Gie)

buku nasional legendaris

Sumber: wikimedia.org

Buku yang berisi gagasan yang ada dalam sosok Soe Hok Gie ini menjadi inspirasi pergerakan mahasiswa pada tahun 1980-an. Dari buku ini juga terlihat bagaimana Ia adalah sosok yang idealis, kritis namun realistis dan selalu berpihak pada kebenaran.

Bahkan sosoknya yang sangat disayangkan oleh orang-orang yang berada di sekitarnya membuat mereka menerbitkan buku lain berjudul “Soe Hok Gie Sekali Lagi”

3. Novel Hujan di Bulan Juni (Sapardi Djoko Darmono)

buku nasional legendaris

Sumber: 4.bp.blogspot.com

Buku ini merupakan kumpulan puisi dari Sapardi Djoko Damono. Dengan memasukan segala unsur sosial (yang merupakan ciri khasnya), buku yang tidak berkaitan dengan buku puisinya yang berjudul Hujan di bulan Juni ini menceritakan tentang kisah cinta sepasang kekasih yang berbeda latar belakang.

Yang menarik dari buku ini adalah bagaimana Sapardi menuangkan sastra dalam bentuk novel yang mudah dimengerti tetapi sangat menyentuh hati.

Buat kamu yang suka galau-galau dengan quotes menyentuh bisa banget nih baca buku ini!

4. Laskar Pelangi (Andrea Hirata)

buku nasional legendaris

Sumber: hamidcell.files.wordpress.com

Novel yang merupakan seri pertama dari Tetralogi milik Andrea Hirata ini menceritakan tentang kisah persahabatan anak-anak SD Belitong. Miris dan ketidakadilan pendidikan di Indonesia sangat terpancar pada buku ini. Bagaimana perjuangan anak-anak tersebut untuk mendapatkan pendidikan yang pantas.

Buku ini juga merupakan kisah nyata dari Andrea Hirata yaitu sang penulis sendiri dan telah sukses difilmkan.

5. Rectoverso (Dewi Lestari)

buku nasional legendaris

Sumber: tokopedia.com

Dewi Lestari yang dulunya merupakan artis ternyata memiliki bakat menulis yang terpancar dari novel kelimanya yang membuat orang-orang sangat terpukau. Novel ini menceritakan tentang curhatan seorang sahabat perempuan kepada sahabat lelakinya.

Tak hanya itu saja, selain membuat buku rectoverso ini, Dewi Lestari atau yang akrab dipanggil Dee ini membuat lagu seperti yang sering kita dengar “Malaikat Juga Tahu, Hanya Isyarat dan juga Firasat”

Nah, gimana? Udah tertarik buat membaca buku belum? Dan buat kamu yang suka baca buku luar, coba dilihat deh. Buku nasional gak kalah bagusnya kan? :D

​​​​

0
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...