12 Danau Terdalam di Dunia, Berani Nyemplung?

Sumber: tribunnews

Bentar lagi akhir tahun, udah punya rencana buat menghabiskan liburan akhir tahun belum? Kalau belum nih gue kasih recomend buat lo yang suka ngeliat air. Liburan ke pantai kayaknya udah biasa, gimana kalau lo main-main ke danau terdalam yang ada di dunia. Weits tenang aja, ada di Indonesia juga kok.

1. Baikal, Rusia (5.336 meter)

Sumber : airpiano

Wadaw, ini sih dalem banget. Danau yang letaknya di kawasan selatan Siberia ini merupakan danau tertua di dunia. Sudah sejak 25 tahun lalu danau ini ada, volume airnya cukup besar.

Banyak kalangan yang mengganggap danau ini paling produktif di dunia, danau ini bisa menghasilkan 20% dari jumlah air tawar di bumi. Danau ini juga terbentuk dari retakan lembah akibat pergerakan dan pergeseran tanah.

2. Tanganyika, Kongo dan Zambia (4.823 meter)

Sumber : zambiatourism

Danau air tawar terpanjang di dunia ini membentang memanjang dari negara Zambia sampe ke negara Kongo, Afrika Tengah. Danau ini juga dimanfaatkan warga sekitar untuk nelayan.

3. Vostok, Antartika (1.005 meter)

Sumber : iposmedia

Danau ini disebut sebagai danau glasial terbesar di dunia yang ada di benua Antartika. Air yang ada di danau ini juga udah terisolasi selama 15-125 juta tahun lalu, para ilmuwan masih terus menggali informasi mengenai danau ini. Danau ini juga berada di sekitar 3474,72 meter dibawah lapisan es.

4. San Martin, Chili dan Argentina (836 meter)

Sumber : segalainfo

Danau yang satu ini berada di dua negara sekaligus, yaitu Chili dan Argentina. Kalau di Argentina, danau ini disebut "San Martin" tapi kalau di Chili disebut "Ohiggins". Warna air danau ini juga terbilang unik karena bebatuan yang ada di dalamnya.

5. Pinatubo, Filipina (792 meter)

Sumber : elizabethniki

Danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Pinatubo tahun 1991 silam ini menjadi tempat tujuan wisatawan di Filipina. Pokoknya kalau lo main ke Filipina wajib banget nih mengunjungi danau ini.

6. Malawi, Malawi, Mozambique, dan Tanzania (720 meter)

Sumber : viranisamalia

Danau dengan iklim tropis ini merupakan rumah bagi beberapa spesies kehidupan llaut dan batu karang yang tersebar di setiap sudut. Danau ini juga sering disebut " Danau Nyassa" yang merupakan danau terbesar ketiga di benua Afrika.

7. Issyk Kull, Kirgistan (668 meter)

Sumber : ekogeo

Kalau danau yang satu ini memiliki 118 sungai yang mengalir. Selain itu danau ini punya keistimewaan, walau sering ditutupi salju tapi danau ini gak pernah membeku. Danau ini juga sebagai penghasil garam terbesar kedua setelah laut Kaspia.

8. Crater Lake, Amerika Serikat (654 meter)

Sumber : NPS

Danau yang berada di negara bagian Oregon, Amerika Serikat ini sudah terbentuk sekitar 8000 tahun lalu. Hujan dan penguapan adalah siklus alam yang membuat danau ini tetap bertahan sampe sekarang.

9. Great Slave Lake, Kanada (614 meter)

Sumber : spectacularnwt

Dengan luas mencapai 10.502 mil ini membuat danau terlihat memukau. Danau ini pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah Inggris bernama Samuel Hearne pada tahun 1771. Dulu nama danau ini adalah "Athapuscow" tapi sekarang jadi "Great Slave Lake".

10. Matano, Indonesia (590 meter)

Sumber : azwisat

Danau yang ada di Sulawesi Selatan ini terbentuk akibat aktivitas pergeseran kulit bumi, selain itu danau ini adalah yang terdalam kedua di Asia Tenggara. Ada yang pernah kesini?

11. Toba, Indonesia (505 meter)

Sumber : tribun

Salah satu danau yang ada di Indonesia dengan keindahan alamnya ini, ternyata termasuk dalam danau terdalam di dunia. Danau ini terbentuk akibat dari aktivitas vulkanis yang terjadi jutaan tahun lalu. Udah gitu ditengah danau ini ada sebuah pulau bernama Samosir. Ada yang udah pernah kesini?

12. Tahoe, Amerika Serikat (501 meter)

Sumber : RETahoe

Danau air tawar ini ada di pegunungan Sierra Nevada, perbatasan antara California dan Nevada di Amerika Serikat. Ada rencana mau liat-liat keindahan danau ini?

Itu dia danau-danau terdalam yang ada didunia, tapi tenang aja cintaku lebih dalam dari danau-danau ini kok buat kamu mah hehe. Lo ada berniat nyemplung ke danau-danau ini gak gengs? :D

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...