10 Kuliner Khas Lombok yang Wajib Kamu Cobain, Sedap Dah

Holah para traveller, lagi pada liburan kemana aja nih, atau abis liburan kemana nih. Rasanya hidup tanpa liburan ibarat makan sate tanpa bumbu ya. Rasanya gimanaa gitu, kek ada manis-manisnya gitu (sepertinya itu iklan, hehehe). Yap sepertinya agak monoton aja gitu kalau hidup tanpa liburan. Nah, buat kamu yang berencana pergi ke Lombok nih, eug punya 10 kuliner khas Lombok yang wajib kamu cobain dan pastinya bikin ketagihan. Apaan aja tu? Simak nih gengs.

1. Pelecing Kangkung

Kuliner Khas Lombok
Sumber: lombok.panduanwisata


Dilihat dari namanya aja udah mengandung unsur kangkung. Hehe, yap. Makanan ini memang berbahan dasar kangkung dan berdampingan dengan toge. Eits jangan keburu ngga napsu dulu ngebayanginnya gengs. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Lombok yang wajib kamu cobain. Jangan lupa minta sambel yang pedes gengs. Hehehe, makin pedes makin menantang :D

2. Ayam Bakar Taliwang + Beberuk Terong

Kuliner Khas Lombok
Sumber: sebandung.com


Kuliner Khas Lombok
Sumber: naresep


Makanan yang berasal dari Karang Taliwang ini memiliki cita rasa yang khas gengs. Makanan ini adalah salah satu makanan yang paling diburu oleh turis. Yang unik gengs, ayam yang dijadikan sebagai bahan utama ini adalah ayam kampung yang masih kecil, alias masih berusia 3-5 bulan. Makanan ini rasanya cenderung pedas, gurih, dan pastinya bikin ketagihan :D

Ayam taliwang ini juga ngga asyik kalo dimakan tanpa sohibnya gengs. Yap, Beberuk terong. Jadi, terong bulat yang masih mentah di iris kecil-kecil kemudian dicampur dengan sambal tomat pedas. Mantab jiwa gengs :D

3. Sate Rembiga

Kuliner Khas Lombok
Sumber: backpackerjakarta


Makanan yang satu ini juga wajib kamu cicip gengs. Makanan yang berbahan utama sapi ini rasanya kuat banget gengs, ada pedes, gurih, dan manis. Sate ini juga ngga ada bumbu yang buat dicocol gengs. Dinamakan sate rembiga karena sate ini berasal dari sebuah desa yang bernama Rembige. Kalau kamu pengen nyobain nih gengs, eug rekomendasiin Warung Sate Rembiga di jalan Dakota nomor 2 Rembiga. Warung ini udah terkenal sejak puluhan tahun lalu gengs :D

4. Nasi Puyung

Kuliner Khas Lombok
Sumber: senggigitour


Nasi puyung ini asalnya dari Lombok Tengah gengs. Nasi puyung ini sebenarnya mirip seperti nasi campur. Yang istimewa dari nasi puyung ini ada di lauknya gengs. Satu porsi nasi puyung, kamu bakal nikmatin nasi putih, sambal daging, biji kedelai goreng, kentang goreng kremes, dan sambal. Nasi puyung cap Inaq Esun yang paling terkenal gengs. Siap-siap kepedesan ya gengs. Hehehe :D

5. Sate Bulayak

Kuliner Khas Lombok
Sumber: lombokclick


Kalau sebelumnya eug bahas tentang sate rembiga gengs, ini ada lagi nih makanan khas Lombok yang namanya sate bulayak. Yap, sate bulayak ini emang beda banget dengan sate rembiga gengs. Mulai dari bumbunya hingga lontongnya alias bulayaknya gengs :D

Uniknya, bungkus bulayak bukan dari daun pisang atau daun kelapa melainkan dari daun aren. Bumbu sate bulayak ini menggunakan bumbu khusus yang dimasak dengan campuran santan kental dan kemiri. Kalau kamu pengen nyobain gengs, ngga perlu khawatir kamu bakal kesulitan buat nemuinya. Sate ini dijual di Taman Udayana, seputaran Pantai Senggigi, seputaran Lingsar-Narmada :D

6. Sate Tanjung

Kuliner Khas Lombok
Sumber: telusurindonesia


Nah, kalau sate tanjung ini asalnya dari daerah Tanjung gengs. Sate tanjung terbuat dari sate ikan dengan bumbu khas rasa pedas manis dan menjadi lebih nikmat disajikan bersama lontong, urap sayur atau pelecing kangkung. Penyajian sate tanjung ini diletakkan di atas opak yang terbuat dari singkong. Wah, patut dicoba gengs :D

7. Bebalung

Kuliner Khas Lombok
Sumber: kulinerkite


Nah, kalau Bebalung ini sejenis sup gengs. Bebalung ini berbahan dasar dari tulang iga sapi atau kerbau dan dimasak bersama racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe, dan ditaburi dengan bawang merah goreng. Seger rasanya gengs :D

8. Ikan bakar Nipah

Kuliner Khas Lombok
Sumber: holidayislombok


Nah, kalau kuliner yang satu ini ikan bakar nipah gengs. Nipah juga nama daerah yang berada di Lombok Barat. Ketika kamu ingin menikmati ikan bakar nipah ini gengs, kamu bisa langsung memilih jenis ikan yang tersedia. Kamu juga bisa nego harga juga lho gengs. Hehehe. Asyiknya lagi, sembari kamu menikmati ikan bakar yang dihidangkan dengan plecing kangkung yang super pedes, kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai yang wonderfull banget gengs :D

9. Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Kuliner Khas Lombok
Sumber: lombokisholidaysguide


Nah, yang terakhir wajib kamu cobain adalah Poteng jaje tujak dan iwel. Poteng adalah tapai yang dibuat dengan menggunakan ketan putih, sedangkan Iwel adalah kue berbahan baku ketan hitam yang biasanya disajikan saat upacara tradisi masyarakat setempat. Kalau yang lainnya rasanya pedas semeriwing, yang ini rasanya justru manis dan legit :D

Nah, bagaimana gengs? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Yuk buruan sambangi Pulau Lombok. Dijamin nggak nyesel deh. Hehehe :D
74
shares
Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Download :Dagelan App di sini!
Loading ...