Yuk Tengok 5 Fakta Unik Tentang Desa Trunyan, Bali

desa trunyan

Haloo kengkawan semuaa, ada yang pernah ke Bali belloom? Kalau disebut nama Bali, pasti yang terpikir adalah pantainya, pemandangannya, dan turis-turisnya yak gengs hehe. Tapi, kalian kudu tau nih, Bali gak cuma terkenal dari keindahan pantainya aja gengs. Di Bali ini lau bisa ketemu sebuah desa yang cukup menarik buat lau kunjungin nih gengs, namanya Desa Trunyan yang berada di daerah Kintamani. Di desa ini ternyata memiliki tradisi pemakaman yang unik loh gengs, orang-orang yang meninggal disini bakal dikubur secara terbuka. Wow kayak gimana tuh? Pastinya gak cuma itu gengs, yok tengok beberapa fakta unik dari desa Trunyan! Cekidot :D

1. Trunyan emang sebuah nama pemakaman gengs

desa trunyan
Sumber: sammytraveler.blogspot.co.id
desa trunyan
Sumber: travel.detik.com

Ternyata nama Trunyan adalah sebuah pemakan unik di desa ini, mayat yang meninggal di desa ini malah dibiarin kegeletak di atas tanah loh gengs. Keluarganya cuma ngasih pager bambu dan sesajen di samping mayatnya. Serem sih.. :D

2. Mayat Yang Dimakamkan Disini Gak Berbau Busuk

desa trunyan
Sumber: www.wacana.co
desa trunyan
Sumber: www.wisatawan.net

Biasanya mayat yang dikuburin secara terbuka gitu, pasti bakalan bau lama-kelamaan yak gengs, tapi disini malah engga bau sama sekali. Pohon yang ada di desa ini lah yang bikin jadi gak berbau. Pohon Trunyan adalah pohon besar yang ada di tengah-tengah daerah pemakaman. :D

3. Pohon Trunyan Berusia Ribuan Tahun

desa trunyan
Sumber: www.vacationbaliindonesia.com

Pohon Trunyan ini diperkirakan udah berusia ribuan tahun gengs, anehnya ukurannya gak ngalamin perubahan. Nama Trunyan berasal dari kata Taru dan Menyan yang artinya pohon yang wangi Hebat yakkk. :D

4. Syarat Untuk Kuburin Mayat Di Deket Pohon Trunyan

desa trunyan
Sumber: ranselkecil.com
desa trunyan
Sumber: www.wonderfulbali.com

Penduduk disini juga punya syarat dan ketentuan sendiri buat pemakaman tersebut gengs. Jumlah jenazah yang ada di dekat pohon Trunyan gak boleh lebih dari 11 mayat. Terus cuma boleh mayat yang wajar meninggalnya dan udah pernah nikah. :D

5. Wilayah “Sema Bantas” 

desa trunyan
Sumber: www.hirochan-group.com
desa trunyan
Sumber: u-hindu.blogspot.co.id

Kalau meninggalnya tidak wajar, kayak kecelakaan, bunuh diri, atau bunuh orang mayatnya gak dibolehin ditaro deket pohon Trunyan, tapi ditaro di “Sema Bantas” :D

6. Wilayah “Sema Muda”

desa trunyan
Sumber: www.coklatkita.com
desa trunyan
Sumber: ranselkecil.com

Tempat ini juga dijadikan tempat pemakaman untuk naro mayat bayi atau anak-anak, dan warga yang udah dewasa tapi meninggal sebelum nikah. :D

Itulah beberapa fakta yang ada di desa ini gengs, bisa jadi destinasi tempat buat kamu berkunjung untuk lebih memahami kegiatan warga disana. Unik dan menarik banget kan gengs desa ini, jangan main ke pantainya aja tapi main juga kesini biar makin kenal sama Bali:D. Kenanganmu mau dikubur disini juga? Dateng aja lah kuy kesini! :D

Anak ugal-ugalan yang doyan bikin sajak. Hobi main Get Rich tapi ga pernah menang. Jangan lupa baca dan komen tulisanku biar makin cantik, amin.