Wahai Kau Yang Berstatus Mahasiswa, Ini 5 Tips Bertahan Sampai Akhir Bulan

bertahan sampai akhir bulan

Awal bulan semakin dekat nih Kengkawan! Buat kamu yang mahasiswa pasti lagi nunggu-nunggu momen saldo rekening bertambah buat modal hidup sebulan ini. Kayaknya udah bukan rahasia lagi kalo saldo rekening juga bisa ‘lenyap’ seketika karena bayar utang temen, kos atau iuran organisasi. Nah kali ini aku akan share beberapa life hack yang bisa buat saldo rekening kalian bertahan sampai akhir bulan, Cekidoot :D

1. Nobar? Di Kosan Aja!

bertahan sampai akhir bulan
Sumber : justhangtv.com

Penghematan : Rp. 50.000 – Rp. 100.000++

Daripada buang-buang uang untuk ongkos jalan, tiket nonton plus popcorn kalian bisa nonton hemat di kosan sembari ajak teman-teman atau pacar Genks, untuk konsumsinya kalian bisa patungan beli gorengan, snack atau buat popcorn sendiri loh di kosan :D

2. Bawa Bekal

bertahan sampai akhir bulan
Sumber : http://runawayapricot.com

Penghematan : Rp. 200.000 – Rp. 500.000/bulan

Ketimbang makan di kantin kampus yang harganya lumayan nguras dompet, lebih baik biasakan bawa bekal sendiri dari kosan. Kalian bisa menyiapkan bahan makanan sejak malamnya atau bawa nasi dan beli lauk di warteg / rumah makan deket kosan. Cara ini selain bikin hemat juga bisa bikin menu makan kalian lebih bervariasi disbanding jajanan kantin yang itu-itu aja :D

3. Rajin ikut event kampus

bertahan sampai akhir bulan
Sumber : anibee.tv

Penghematan : Rp. 25.000 / uang makan siang

Buat kalian yang suka mengikuti seminar, workshop, kuliah umum, rapat atau kegiatan kampus sejenis pasti tahu di acara tersebut sering menyediakan snack dan juga makan siang. Nah daripada isi waktu dengan tidur di kosan, lebih baik aktif di berbagai kegiatan kampus :D

4. Bawa tumblr kemanapun kalian pergi

bertahan sampai akhir bulan
Sumber : http://everydaycarry.com

Penghematan : Rp. 100.000/bulan

Sadar gak sih, setiap harinya kalau kalian beli minuman kemasan di kampus seharga lima ribu rupiah dalam satu bulan kalian sudah menghabiskan minimal Rp.100.000 buat sebenarnya bisa kalian dapatkan secara gratis!

Mulai sekarang, biasakan bawa tumblr atau botol minum ke kampus bisa jadi cara yang baik untuk memulai berhemat. Selain itu dengan cara ini kalian juga membantu mengurangi pemakaian plastic dan ikut menjaga lingkungan loh :D

5. Manfaatkan Alat Transportasi Kampus

bertahan sampai akhir bulan
Sumber : https://alymerenung.wordpress.com

Penghematan : Rp. 200.000 – Rp. 500.000/ bulan

Nah yang terakhir ini gak kalah penting loh! Daripada mengeluarkan uang lima ribu sampai sepuluh ribu tiap mau bolak-balik ke kampus, lebih baik kalian simpan uang bulanan kalian buat hal lain yang lebih penting dengan manffatkan bus, sepeda atau alat transportasi kampus lainya Genk. Siapa tau nanti di halte bus kalian ketemu jodoh dari fakultas lain, cieeee :D

Punya cita-cita jadi juragan balon tiup, katakan amin jika setuju :D