Ubah Hobi Jadi Duit, Tsadest

Hobi Jadi Duit

Waktu gue SD, gue bukan anak yang populer. Gue inget ada satu temen gue bandel banget, dia juga bergaul dengan orang-orang populer. Dia adalah tipe anak yang kalo pulang sekolah ga mau piket, sementara gue adalah orang yang ngerjain bagian piket dia.  Dia yang gue maksud ini namanya Eric Wicaksono. Nah, pas masuk SMP masih tetep aja dia banyak temennya, hanya aja bandelnya lumayan reda. Pas SMA gue kaget banget, sifat si Eric berubah 360 derajat. Dia jadi murah senyum, friendly, pokoknya beda banget deh. Nah satu hal lagi, gue juga inget waktu itu dia sering manggung jadi pesulap gitu. Pas kuliah, gue juga sering liat di instagram ternyata doi udah jadi fotografer professional. Nah bagaimana cerita Eric yang dulu hobby sulap bisa jadi duit dan sekarang hobby fotografer juga bisa jadi duit? Simak kuy ubah hobi jadi duit :D

Hobi Jadi Duit
Eric Wicaksono

G= Gue

E= Eric

 

G: Haloo erik…

E: Holaaa….

 

G: Boleh perkenalkan diri dulu dong sama sahabat :Dagelan ? Silahkeun….

E: Hai sahabat :Dagelan, perkenalkan saya Eric. Nama lengkapnya Eric Wicaksono. Sejak  2014 saya mulai terjun ke dunia fotografi hingga sekarang.

 

G: Kenapa milihnya fotografi? apa emang hobi atau gimana bro?

E: Dulu awalnya hobiku ada berapa, antara lain: sulap, musik sama fotografi. Dulu malah tidak pernah terpikir sama sekali mau jadi fotografer, dulu pengennya jadi pesulap ato gak jadi drummer. Tapi seiring berjalannya waktu, sulap sama drum sekarang jadi hobi saja, yang jadi utamanya di bidang fotografi hehe.

 

G: Denger denger saat ini hobby fotografi lu sudah sampai ditahap memiliki penghasilan ya?

E: Hehe iya betul.

 

G: Wahhhh kereennnnnn!!! boleh diceritain gak awal mula ketemu klient pertama sampai akhirnya bisa jadi fotografer profesional seperti sekrang ini?

E: Hahaha lucu kalo diingat-ingat dari job paling pertama dulu, saya masih ingat betul job perdana saya dulu dokumentasiin acara reuni keluarga teman mamaku. Waktu itu saya hanya modal kamera dan PeDe saja. Tapi ternyata hasil fotonya banyak yang gelap dan blur karena masih belum begitu paham settingan kamera haha. Di perjalanan dari klien demi klien juga sudah lumayan banyak cerita, suka dan duka pasti ada, saya kalo ketemu klien yang baik saya bersyukur, kalo ketemu klien yang agak rewel dalam tanda kutip yaaa its okay banyak masukan dan pelajaran yang saya bisa dapat.

 

 

G:  Lu punya cerita gak tentang klient yang paling unik gak?

E: Dibilang unik sekali juga kayaknya blm pernah ketemu, tapi banyak terjadi kalo pas foto ibu-ibu selalu mintanya dieditin jadi kurus di foto hahaha

 

 

G: Lu belajar fotografi dari mana?

E : Yoi hahaha dulu awal belajar foto itu sebenarnya dari sekitar 3 SMP, belajar dari internet awalnya, baca banyak artikel dan nonton video tutorial, dulu kan belum punya kamera SLR gitu, jadi pake kamera hp deh, ohya jadi ingat, dulu saya pernah loh sesi foto personal pake kamera hp hahaha. Sampai akhirnya saya putuskan untuk kuliah di jurusan DKV, di dalam kuliah tersebut saya belajar lebih dalam dan luas lagi tentang fotografi, tapi karena pengen tahu lebih banyak, saya sisihkan uang jajan bulanan buat ke gramedia beli banyak buku tentang fotografi.

 

G: Terakhir nih… ada yang “kiat-kiat” ala eric gak buat sahabat dagelan agar hobby bisa jadi duit?

E: Nah ini dia poin penting yang saya dapat di perjalanan karirku, tujuan utama saya setelah dapat klien, bukan berapa fee yang saya dapat dulu yg saya pikirkan, tapi bagaimana saya bisa berikan karya yang terbaik. Fee itu otomatis, kalau karya yang kita berikan bagus dan klien suka, otomatis klien tidak ragu untuk membayar lebih. Selain itu, harus mau terus belajar. kalo memang betul-betul niat untuk belajar, jangan takut rugi, jangan takut salah, sekarang artikel dan video tutorial fotografi sudah menjamur di internet, tinggal bagaimana cara kita yang menggali semuanya hehe.

 

G: Oke deh… thanks ya sharingnya  bro.

E: Yo man.

 

Gue pribadi setuju banget dengan Eric. Hobby apapun itu misalnya suka main musik, suka fotografi, bahkan suka bikin meme sekalipun dalam menekuninya jangan dipikirkan hasil apa yang akan kita dapat. Just do all the best thing that you can and push yourself to the limit. Gue percaya, hal-hal lain seperti penghasilan, followers, dan apapun itu bakal mengikuti secara alami :D

 

Penulis: Geraldytan

Asikin Aja Lagi !!