Tips Menjadi Cewek Motor Yang Baik dan Benar, Wajib Tau

Cewek Motor

Lo cewe? Lo kesel dengan stigma bahwa cewe itu payah dalam hal naik motor? Lo pengen buktiin cewe juga bisa jadi skillfull rider? Coba simak beberapa tips jadi cewek motor :D

Cewek Motor
Sumber: shutterstock.com

1. Waspada tapi tetep rileks

Kunci utama dalam berkendara adalah waspada. Tapi, terlalu waspada sampe jadi tegang juga ngga bagus, girls. Lo ngga bisa bermanuver dengan leluasa kalo badan lo tegang. Dan kalo tegang, lo ngga bisa berpikir jernih di keadaan darurat. Tetep rileks. Pegang stang motor dengan posisi nyaman dan mantep tapi ngga perlu kenceng sepanjang jalan. Pastiin aja posisi tangan lo adalah posisi yang memungkinkan lo untuk siap siaga di saat yang diperlukan :D

2. Jangan panikan

Masalah klise cewe sih, suka panik di jalan. Latihlah hal ini, girls. Panik itu sumber kekacauan di jalan. Misalnya aja, tiba-tiba ada kendaraan nyelonong di depan lo dari arah berlawanan atau dari tikungan depan, lo boleh kaget tapi bentar aja. Lo harus dengan cepat langsung tenangin diri lo karena dengan lo tenang itu lo jadi bisa mikir dengan cepat apa yang harus lo lakuin. Kalo lo panik, refleks lo mungkin bakal ngerem mendadak di waktu yang ngga tepat dan itu bikin kendaraan di belakang lo ngga siap berhenti. Kemungkinan pertama: lo ketabrak kendaraan di belakang lo. Kemungkinan kedua: lo jatuh sendiri karena oleng akibat ngga siap ngerem dadakan. Jangan sampe deh ya :D

3. Jangan ragu-ragu memposisikan diri

Kadang nih yang suka dijadiin bahan protes tentang cewek motor adalah “Ngeselin amat sih itu cewe ngga jelas mau jalan di sebelah kanan apa kiri, jadi ngga bisa diselip kan!”. Well, kadang gw pun kesel sama mbak-mbak atau emak-emak yang menghalangi jalan. Jalan pelan-pelan itu ngga salah, tapi please jangan menghalangi pengendara lain yang bisa ngebut. Tentuin aja, mau jalan di sisi jalan sebelah kiri atau kanan. Jadi, pengendara lain bisa nyelip dari samping. Gitu :D

4. Teroboslah celah sempit dengan hati-hati

Kadang cewe suka takut ngelewatin celah sempit misalnya antara dua mobil atau antara mobil dengan pembatas jalan. Kalo ini sih dicoba ketika emang lo udah yakin aja sama kemampuan lo dalam memperkirakan lebar kendaraan yang lo pake. Biasanya kan sering juga pengendara cewe berusaha berani nyelip celah sempit, ehhh spionnya nyampluk kendaraan lain. Kalo yang ngga berani, jadinya cuma nutupin aja deh. Mendingan, kalo belom berani, ngga apa-apa jalannya di pinggir aja. Sedikit-sedikit baru nyoba selip sana selip sini. Oke girls :D

5. Jangan ngerem mendadak !

Yaaakk ini dia yang rawan bikin kecelakaan. Kadang cewe suka dadakan ngerem, tapi trus sadar kalo sebenernya belom perlu ngerem, trus mendadak jalan lagi. Nah itu bahaya apalagi di lalu lintas yang padat. Yang lebih bahaya lagi buat diri sendiri tuh kalo ngeremnya ragu-ragu, trus megang stangnya nggak antep. Bisa oleng dan jatuh sendiri deh. Usahain yakin kalo ngerem, jaga stang tetep seimbang apapun yang terjadi jangan sampe belok sedikitpun :D

Itu beberapa tips yang bisa gw share buat cewek-cewek pengendara motor yang merasa belum banyak jam terbangnya atau masih sering takut dan ragu kalo naik motor di jalan gede. Selamat mencoba jadi cewek motor yang kece badai yo :D

Seorang laki-laki biasa yang tinggal di kota biasa dan hidup secara biasa-biasa saja. Cuma, saya punya cita-cita yang tidak biasa alias luar biasa. Apa tuh? Pokoknya baca terus artikel buatan saya.