Tarung Genggong, Seni Bela Diri Yang Gak Kalah Sama UFC Gaes

genggong

Watsaaap kengkawan, kalian pasti udah tau yang namanya UFC (bukan nama restoran ayam goring yah) dan WWE. Tapi kalian pasti belum banyak tahu seni bela diri local namanya Tarung Genggong. Sekilas nih gaes, kesenian ini berasal dari Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong di Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Kaya apa sih tuh Tarung Genggong? Yuk kita lukit genks :D

Seni Bela Diri
Sumber foto: pzhgenggong.or.id

Tarung bebas emang udah jadi tradisi warga Nahdlatul Ulama di Probolinggo, Jawa Timur. Layaknya tinju bebas, para peserta saling baku hantam tanpa pelindung, namun tidak ada dendam (mudah-mudahan) hehe. Tarung ini juga ada arenanya lho, arenanya sendiri nih dilengkapi sama ring setinggi 2 meter, dan para pendekar jawa timur yang menjadi wasitnya. Mirip UFC deh gaes pokoknya, Cuma versi lokal aja :D

Para petarungnya gak menggunakan body protector ataupun head protector, menariknya lagi genks, sasaran serangannya bebas sebebas-bebasnya. Pesertanya juga dari beberapa kalangan, ada santrinya sendiri, penonton yang hadir, sampe  tukang becak juga bisa ikutan. Cuma ada 2 aturan dalam tarung genggong ini, pertama, gak boleh menggunakan senjata, jadi hanya dengan tangan kosong. Dan yang kedua, lawan harus seimbang. Wasit yang menentukan imbang tidaknya petarung, dan wasit juga yang menentukan kapan pertarungan di hentikan :D

Nggak ada yang kalah dan menang dalam pertandingan ini gaes, karena dihelat bertujuan untuk melestarikan warisan leluhur dan media pemersatu warga Nahdliyin aja. Penasaran kaya gimana pertarungannya, nih langsung aja cek video di bawah gaes :D

 

 

Gimana kengkawan? Seru juga yah tarung genggong, gak kalah sama UFC sama Smackdown pokoknya :D

The right brain with the right hand on the right side. Write what I want. But literarlly I don’t even know what I want. Do you know what I want. Or any idea?