Sadar Gak? Nama Benda Ini Adalah Merek

nama benda

Hey genks! Sadar gak sih, banyak banget benda-benda disekitar kita yang penamaannya itu bukan berasal dari nama asli benda tersebut. Contoh mie instan jadi indomie. Sama seperti beberapa benda dibawah ini, Nama barang itu diambil dari merek dagang yang udah terkenal dan mendunia banget, sampe-sampe mendarah daging sehingga merek dagang tersebut malah digunakan jadi nama benda. Karena udah kadung turun-temurun, jadi bingung, mana nama asli dan mana merek dagang :D

Coba cekidot nih.. beberapa contoh nama benda yang sebenarnya merupakan merek dagang :D

 

1. Termos

nama benda
Sumber: thermos.com

Nah loh kaget gak? Tempat minuman terutama buat air panas ini selalu disebut termos, padahal mah bukan. Termos atau Thermos merupakan merek yang udah lama berdiri di Amerika Serikat dan Kanada. Perusahaan Thermos ini emang udah spesialis dalam memproduksi ga cuma wadah minuman aja tapi juga wadah makanan. Kalo wadah minuman yang sering kita sebut termos itu nama sebenarnya adalah vacuum flask, hahaha ribet kan :D

 

2. Pylox

nama benda
Sumber: mygundamtricks.com

Pylox atau pilok sebenarnya adalah merek cat semprot dari Nippon Paint. Nama aslinya yaa cat semprot atau kalo mau lebih keren dikit yaa spray paint. Cuma ya karena merek Pylox ini udah terkenal banget, jadi orang-orang nyebut cat semprot dengan sebutan Pylox. Biar gampang aja kali yaa :D

 

3. Pampers

nama benda
Sumber: citybigbazar.com

Semua orang kalo nyebut popok bayi pasti berubah jadi Pampers. Entah mereknya Mami Poko, Merries atau Charm Body Fit (termasuk ga sih? :D ) tetep aja nyebutnya Pampers. Emang sih merek popok di Indonesia ga terlalu banyak jadi yang paling menonjol Pampers. Kalo nama aslinya sih yaa popok bayi. Atau biar keliatan pinter nyebutnya diapers :D

 

4. Astor

nama benda
Sumber: Mayora.com

Bentuknya panjang, bolong di tengah, ada coklatnya, bertekstur renyah apa hayo? Apaan.. astor?? Salaaah genks…Nama sebenarnya dari snack ini adalah wafer stick. Kenapa ya semua wafer stick disebut Astor? Kan kasian masih banyak merek wafer stick lain yang juga beredar di pasaran tapi semua dianggap Astor. Sakit men, sakiiiit… hahaha :D

 

5. Odol

nama benda
Sumber: odol.cz

Kalo yang ini udah susah banget deh mau dilurusin. Kalo ngomong pasta gigi pasti yang disebut odol. Nama Odol emang udah melekat banget di pikiran kita, sampe ada di KBBI loh genks kata Odol yang artinya pasta gigi. Odol merupakan salah satu merek pasta gigi produksi Jerman yang di bawa Belanda saat jaman penjajahan. Pantesan aja yaa genks, semua orang nyebutnya Odol. Orang udah dari jaman baheula. Padahal di Indonesia udah jarang banget merek ini, malah udah ga ada kayanya :D

 

6. Pralon

nama benda
Sumber: tonajayaprima.com

Hampir sama nih ama yang sebelumnya, bentuknya panjang, bolong ditengah tapi ga ada coklatnya apa hayoo? Lah.. Astor lagi? Salaaah booss… Jawabannya adalah pipa pralon. Pipa berbahan pvc ini sering disebut pipa pralon. Padahal Pralon sebenernya adalah nama perusahaan yang memang memproduksi pipa pvc ini. Ada juga yang nyebutnya paralon. Udah salah, ngomongnya typo lagi.. huuu geblek :D

 

7. Stabilo

nama benda
Sumber: stabilo-promotion.com

Benda yang satu ini emang udah cocok banget dinamain Stabilo. Karena nama aslinya “highlighter” emang kurang familiar di telinga dan susah buat disebut. Stabilo sendiri ga cuma memproduksi highlighter doang, tapi juga ada alat tulis lainnya, kaya pensil warna, spidol warna bahkan smartpen :D

Nah itu dia beberapa nama benda yang secara gak sadar berubah jadi nama merek. Gimana.. ada yang tau lagi gak? Sebenernya masih banyak lagi sih genks, kaya Akua, Indomie, Chiki dan lain-lain yang mungkin temen-temen udah tau dan udah mainstream. Jadi ga perlu disebut satu-satu di sini :D

 

Apapun permasalahan hidupmu, jawabnya ada diujung langit. Kita kesana dengan seorang anak. Anak yang tangkas dan juga pemberani.