Resep Sambel Paling Lezat Ala Netizen, Cobain Yuk!

sambel-goang

Kengkawan sista nan doyan makan pedes kudu coba resep sambel paling lezat ala netizen instagram nih. Sekali-sekali kalo weekend enak juga toh beratakin dapur. Itung-itung belajar masak buat manjain suami tercinta kelak. Atau kalau yang udah nikah, ya sekalian aja ajak si suami masak bareng. Badewei langsung aja kuy cek resep sambel lezatnya :D

1. Sambel Petai Tempoyak

Resep Sambel
Sumber: IG @dapurjengeva

Bahan: 50 gram teri kering, 2 papan petai, 1 batang serai memarkan, 100 gram tempoyak durian.

Bumbu Halus: 5 siung bawang merah, 1 ruas kunyit, 11 cabai merah, 5 cabai rawit.

Cara Membuat:
1. Bersihkan teri dari kotoran. Sisihkan.
2. Kupas petai belah dua. Sisihkan.
3. Tumis bumbu halus dan batang serai sampai harum lalu masukkan petai dan teri. Aduk rata sampai teri setengah matang. Tambahkan air.
4. Masukkan tempoyak durian. Beri garam dan gula. Koreksi rasa ya. Garam dan gula tergantung tempoyak duriannya, kadang tempoyak berasa asam kadang asin.

2. Sambel Ganja

sambel-ganja
Sumber: IG @ririenmarlian

Bahan: Cabe rawit, udang ukuran kecil digoreng, bawang merah, daun jeruk (buang tulang tengahnya, iris tipis), sereh (ambil bagian putihnya, iris tipis), belimbing wuluh (iris), Garam.

Cara: Ulek semua bahan jadi satu. Sajikan dengan nasi hangat.

3. Sambel Bajak

sambel-bajak
Sumber: IG @jennynovembria

Bahan:
150 gr cabe keriting
100 gr cabe rawit merah
100 gr bawang merah
200 gr tomat
2 potong terasi ABC
2 sdt garam (boleh ditambah jika dirasa kurang)
2 sdt gula (boleh ditambah jika dirasa kurang)
1 sdt kaldu jamur

Cara:
Haluskan semua bahan,panaskan minyak goreng (me;minyak bekas goreng ayam) masak sambal sampai matang dgn api kecil,sajikan bersama ayam goreng & lalapan.

4. Sambel Balacan

sambal-belacan
Sumber: IG @hepipoland

Bahan:
-1 ons cabe merah keriting
-1/2 ons cabe rawit orange (yg kecil dan pedes..kalo ga kuat pedes bisa dicombine dengan rawit hijau ya)
-1 ons bawang merah
-6 siung bawah putih
-1/2 papan terasi merah (biasanya dijual perkeping berbentuk bulatan kira2 diameter 8-10cm)
-Gula merah secukupnya (saya pakai 1/2 biji)
-Jeruk nipis/jeruk lemon

Cara:
1.Tumis bawang, terasi, dan semua cabe secara bergantian. Tumis hingga harum dan layu.
2. Ulek bahan tumisan, tambahkan gula merah. Ulek hingga halus (sesuai selera ya, saya prefer sedikit kasar).
3. Tambahkan perasan jeruk nipis. Aduk rata, simpan dalam wadah tertutup. Tahan di kulkas beberapa hari. Cuma biasanya setelah masuk kulkas teksturnya lebih kering ya, cuma menurut saya masih enak kok.

5. Sambel Goang

sambel-goang
Sumber: IG @dhilasina

Bahan:
– 2 genggam cabe rawit hijau
– 3 siung bawang putih
– 1 sdt air jeruk nipis
– Garam, penyedap kalau suka
– 5 sdm minyak goreng

Cara:
– ulek cabe rawit, bawang putih, air jeruk nipis, garam, sisihkan
– panaskan minyak, siram ke atas sambel yang sudah diulek.
– selesai 😉 sambel goang siap dimakan.

Sambel Bawang

sambel-bawang
Sumber: IG @sambelsuroboyo_jkt

Bahan:

10 buah cabe rawit merah
10 buah cabe keriting merah
2 buah cabe merah besar
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt garam
1/2 sdt gula

Cara:
• Potong potong cabe merah, cabe keriting, cabe rawit,bawang merah dan bawang putih
• Goreng sampai layu
• Masukan garam dan gula putih bersama adonan ke dalam cobek
• Ulek sampai halus

Itu dia resep sambel paling lezat karya netizen instagram. Kengkawan sista perlu banget coba di rumah. Selamat mencoba ya gengs :D

The right brain with the right hand on the right side. Write what I want. But literarlly I don’t even know what I want. Do you know what I want. Or any idea?