Pilih SMA atau SMK?

SMA vs SMK

Cie para calon putih abu-abuers lagi bingung cari sekolah nih ye. Sebetulnya, semua sekolah sama aja karena kampus menilai ijazah lo cuma sebagai formalitas. Industri juga lebih tertarik ngeliat kemampuan diri lo lewat karya dan kegiatan yang pernah lo buat. Tapi penting banget untuk milih jenis sekolah yang tepat. Lo jangan sampe ngerasa kejebak sama situasi karena pelajaran dari guru ternyata berasa gak lo banget akibat salah pilih sekolah.

Supaya lo gak salah pilih ada beberapa langkah hal yang harus lo lakukan. Pertama, lo harus punya cita-cita kalo enggak ya percuma lo sekolah. Kedua lo cari deh tuh sekolah model apa yang kira-kira bisa jadi wadah untuk merealisasikan mimpi lo itu. Yang jelas, ada dua jenis sekolah yang bisa lo sikat yaitu SMA atau SMK. Kalo lo masih bingung, baca aja deh kelanjutan artikel ini :D

 

1. Gaya Belajar

SMA

2a
Sumber: srivitayanti.blogspot.com

Guru bakal ngejejelin lo dengan berbagai macam buku teori sob. Lo bakal kenal banyak nama orang hebat di dunia. Ide pemikiran mereka akan meresap ke dalam denyut nadi lo.

 

SMK

(1b)
Sumber: disnakertrans.kutaikartanegarakab.go.id

Guru bakal ngelimpahin berbagai macam tugas praktikum. Lo akan memiliki ketrampilan teknis dalam suatu bidang.

 

2. Kegiatan Belajar

SMA

sma BELAJAR DI KELAS
Sumber: www.jakarta.go.id

Waktu lo bakal abis di ruang kelas. Alasannya, guru gak perlu ngajak lo ke bengkel kalo cuma buat ngapalin nama-nama benua.

 

SMK

DSC_0310
Sumber: smkbroadcastcempaka.blogspot.com

Jelas dong kalo mau praktik ya di lapangan. Biasanya, kelas cuma buat absen sama beberapa kegiatan dasar.

 

3. Pilihan Kejuruan

SMA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Sumber: bloghakekatku.blogspot.com (remake :Dagelan)

Pilihan lo terbatas banget gengs. Lo cuma bisa milih kelas Bahasa, IPA, atau IPS.

 

SMK

4b
Sumber: hukumperbankan.blogspot.com

Lo punya banyak pilihan mulai dari teknik mesin, pelayaran, perbankan, sekretaris, penyiaran, dan lain-lain. Pokoknya banyak, kalo semua jenis kejuruan itu diketik dalam artikel ini, lo bisa sampe berasa bosen ngebacanya.

 


Widget not in any sidebars

4. Pergaulan

SMA

5a
Sumber: zanfadli.wordpress.com

Lo bakal punya banyak temen dari beragam gender mulai dari laki-laki, perempuan, dan keduanya.

 

SMK

5b
Sumber: dikaprt36.wordpress.com

Secara umum temen lo bakal laki semua kalo ngambil kelas berbau mesin misalnya. Begitu juga dengan kelas berbau keuangan biasanya lebih banyak murid perempuan. Tapi kalo kejuruan model penyiaran mungkin bisa lebih beragam.

 

Udah jelas kan. Nah sekarang lo mau sekolah dimana coba?

Asikin Aja Lagi !!