Pengen Jalan-jalan Seru? Coba Kunjungin 7 Desa Unik Di Indonesia Ini Gengs!

desa unik

Hola gengs.. Rasanya kalau ngomongin tentang Indonesia emang ngga bakal ada abisnya ya gengs. Apa aja ada di Indonesia. Mulai dari tempat wisata alamnya, aneka ragam kuliner yang wueanak tenan, budayanya, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini eug mau ngebahas tentang desanya gengs. Dimana dan kaya gimana sih desa unik yang ada di Indonesia? Cekidot. :D

1. Desa Ratenggaro di Sumba

desa unik
Sumber gambar: govakansi.com

Desa unik ini menawarkan hal yang berbeda dari tempat lain, yaitu adatnya masih menganut sistem zaman prasejarah. Bangunan-bangunan di desa ini luar biasa unik, masih terdapat kubur batu atau monumen-monumen lainnya yang konon merupakan warisan budaya prasejarah. :D

2. Desa Sillanan di Sulawesi Selatan

desa unik
Sumber gambar: bisniswisata.co.id

Desa Sillanan yang berada di Sulawesi Selatan ini, bukan hanya akan terpukau dengan keindahan alamnya yang mempesona gengs, tapi di sini ada keunikan budaya yang membuat kita makin cinta Indonesia, mulai dari kebiasaan masyarakat sampai deretan bangunan-bangunan tradisional unik. Di desa ini terdapat bangunan-bangunan megalit berupa menhir maupun kubur batuyang. :D

3. Desa Bawomataluo di Pulau Nias

desa unik
Sumber gambar: suma.ui.ad.id

Desa Bawomataluo yang ada di Nias, Sumatera Utara ini, memiliki keunikan dari budaya Nias yang luar biasa itu. Selain memiliki bangunan-bangunan unik, atau pun kebiasaan serta upacara-upacara adat, tapi menyuguhkan keindahan alam yang view-nya luar biasa indah. Desa ini diusulkan menjadi kawasan waisan budaya lho, oleh situs Warisan Dunia Unesco. :D

4. Desa Bengkala di Bali

desa unik
Sumber gambar: Youtube

Desa Bengkala yang berada di Kabupaten Buleleng, masyarakatnya berkomuikasi dengan menggunakan bahasa tubuh. Di desa iniĀ  sedikitnya terdapat 40 jiwa yang menderita bisu tuli yang disebut Kolok. Warga setempat percaya, orang kolok tersebut merupakan titisan makhluk halus. :D

5. Desa Waindawula di Sulawesi Tenggara

desa unik
Sumber gambar: liongcak.com

Keunikan yang dimiliki Desa Waindawula, Siompu yang berada di Sulawesi Tenggara ini, orang-orangnya memiliki iris yang warnanya biru terang seperti orang-orang Eropa. Penyebabnya, tenyata ada masyarakat siompu yang menikah dengan orang-orang Portugis. Dari sini kemudian lahirlah anak-anak bermata biru dan memiliki rambut pirang. :D

6. Desa Ciburayut di Bogor

desa unik
Sumber gambar: candrawiguna.com

Keunikan dari desa ini, yaitu mayoritas wanitanya dengan status janda. Perempuan di sini jadi janda bukan akibat dicerai, namun karena para suami mereka tewas akibat tertimbun galian Loji, sebuah tambang karst digunakan sebagai bahan baku membuat batako. :D

7. Desa Bone Bone di Sulawesi Selatan

desa unik
Sumber gambar: gayahidup.dreamers

Yang membuat desa unik ini berbeda dari desa yang lain yaitu desa ini bebas dari asap rokok. Desa ini memang benar-benar bebas rokok karena hampir sebagian besar masyarakatnya sudah ngga konsumsi rokok sejak satu dekade lalu. Memang sengaja pemerintah setempat memberlakukan peraturan ini dengan tujuan kesehatan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kebayang dong ya sehatnya desa ini gengs. :D

Nah, itu dia desa-desa unik yang ada di Indonesia, mulai dari keindahan alam, kebudayaannya, sampai kebiasaan masyarakatnya gengs. Kalau kamu pengen ke desa yang mana gengs? Isi di kolom komentar ya. :D

Anak ugal-ugalan yang doyan bikin sajak. Hobi main Get Rich tapi ga pernah menang. Jangan lupa baca dan komen tulisanku biar makin cantik, amin.