Nostalgia Kuis Jaman Dulu Yang Ngehitz Banget, Yang Tua Boleh Masuk!

kuis jaman dulu

Halo gaes. Jaman dulu, khususnya tahun 90-an sampai awal tahun 2000, banyak banget acara kuis yang booming di tv Indonesia. Acaranya pun ga cuma menghibur, tapi juga bisa menambah wawasan kita melalui kontennya yang informatif. Nah untuk itu, gue mau ngajak kalian semua bernostalgia dikit nih, yuk kita simak nih acara kuis jaman dulu yang pernah menghiasi layar tv Indonesia. Cekebrot! :D

 

1. Who wants to be Millionaire

kuis jaman dulu
Sumber: kaskus.co.id

Acara yang dibawakan oleh Tantowi Yahya ini khas banget sama yang namanya “kursi panas”. Peserta harus menjawab pertanyaan dengan nilai nominal tertentu, makin gede duitnya makin susah pertanyaannya. Ga jarang penonton yang ngelihat ikutan mikir keras, sambil deg-deg an juga nungguin jawaban yang bener. :D

2. Family 100

kuis jaman dulu
Sumber: theatomone.blogspot.com

Kalo inget Family 100 pasti inget Sony Tulung dong. Kuis ini emang yang paling sukses dengan episode penayangan terbanyak, bahkan sampe sekarang masih ditayangin dengan konsep yang masih sama cuma tampilannya aja yang beda. Hostnya pun ganti-ganti diantaranya ada Tukul Arwana, Darius Sinathrya, sampe yang sekarang Eko Patrio. :D

3. Apa ini apa itu

kuis jaman dulu
Sumber: mncchannels.com

Yang ini kuis adu wawasan gaes. 3 peserta harus mengumpulkan poin terbanyak dengan menjawab pertanyaan seputar acara tv, film dan lagu. Yang paling banyak poinnya dia yang menang (harus banget ya dijelasin? hehehe). :D

4. Tak Tik Boom

kuis jaman dulu
Sumber: logos.wikia.com

Jamannya Dede Yusuf sebelum jadi anggota DPR nih. Cara mainnya mirip tic tac toe ya gaes, ada 2 orang yang cepet-cepetan membuat garis vertikal, horizontal atau diagonal tapi harus bisa menjawab pertanyaan dulu. Yang menang akan melanjutkan ke babak bonus untuk hadiah yang lebih gede. :D

5. Komunikata

kuis jaman dulu
Sumber: logos.wikia.com

Dulu sih tayang di TPI tapi sekarang udah ga ada. Ada 2 grup dalam kuis ini. Tugas peserta adalah menebak sebuah kata dengan petunjuk yang diberikan oleh peserta sebelumnya. Permainan berakhir jika waktu habis atau petunjuk yang digunakan dipake lagi. Kadang kita suka geregetan kalo nonton sambil ngomong “ah gitu aja masa ga tau sih” hahaha. :D

6. Tebak gambar

kuis jaman dulu
Sumber: youtube.com

Sesuai namanya, kuis jaman dulu ini mengharuskan peserta menebak kalimat yang dimaksud oleh gambar kecil. Jika bisa menjawab maka akan membuka 1 bagian yang tertutup dari gambar besar. Nah peserta harus bisa menjawab makna gambar besar tersebut yang biasanya berhubungan dengan pribahasa. :D

7. Kuis Dangdut

kuis jaman dulu
Sumber: mp3tunes.tk

Kuis jaman dulu ini sukses banget ketika dibawakan oleh Jaja Miharja yang khas banget dengan “Apaan tuh?”. Kuis dalam acara ini meliputi menjawab pertanyaan, tebak lagu, dan ada adu jogetnya juga. Bikin pengen ikutan juga deh kalo nonton huehue. :D

8. Berpacu dalam melodi

kuis jaman dulu
Sumber: inikabarku.com

Nah kalo yang ini sih legend banget gaes. Karena emang menghibur banget acaranya, ga cuma adu wawasan doang tapi juga ada nyanyi barengnya. Dalam kuis ini, peserta harus menebak lagu yang lebih jadul lagi yaitu lagu tahun 80an sampe 50an.

Hmm seru gak gaes? Sayangnya kebanyakan udah ga tayang di TV lagi. Yaa mungkin emang kuis jaman dulu udah gak trend lagi dimasa sekarang. Tapi harapannya, semoga tayangan di tv Indonesia bisa memberikan konten-konten yang ga cuma menghibur tapi juga berbobot dan menambah pengetahuan penontonnya. :D

Apapun permasalahan hidupmu, jawabnya ada diujung langit. Kita kesana dengan seorang anak. Anak yang tangkas dan juga pemberani.