Ngaku Cinta Indonesia? Lo Wajib Tau Nih Sejarah Dari Makanan Khas Indonesia

makanan khas indonesia

Ngomongin soal makanan khas, Indonesia emang kaya banget dengan keanekaragaman, termasuk dalam hal kulinernya. Saking banyaknya, bahkan setiap provinsi bisa punya makanan khas sendiri. Tiap makanan tersebut tidak tercipta dengan sendirinya, tapi ada asal usulnya di jaman dulu berupa suatu kejadian atau pengaruh budaya dari luar, sehingga ada alasan tertentu kenapa makanan itu dibuat. Nah, kalo lo emang bener cinta Indonesia kalian mesti paham nih sama sejarah 8 makanan khas Indonesia berikut. Scroll kebawah pelan-pelan yuk! :D

1. Nasi Goreng

makanan khas indonesia
Sumber: senangmasak.com

Nasi goreng sendiri sebenernya udah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Tapi sejarahnya masuk ke Indonesia di mulai ketika banyaknya pedagang Tionghoa yang menetap di Indonesia. Mereka tidak suka dengan makanan yang udah dingin, sehingga nasi yang belum termakan akan digoreng supaya ga terbuang. Karena lama menetap di Indonesia, akhirnya mereka mencoba memasak nasi goreng dengan bumbu-bumbu khas Indonesia seperti yang ada sampai sekarang deh. :D

2. Rendang

makanan khas indonesia
Sumber: cecoia.com

Makanan khas Indonesia ini berasal dari Minangkabau, Sumatra. Rendang sendiri diperkirakan udah ada sejak abad 19 namun ada juga yang mengatakan kalo udah ada sejak abad 16. Konon, masyarakat Minang sering melakukan perjalanan jauh ke Selat Malaka yang memakan waktu satu bulan. Karena itu mereka membuat bekal bakanan yang bisa bertahan lama yaitu daging yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah sebagai pengawet alami selama berjam-jam dan jadilah rendang. :D

3. Bakso

makanan khas indonesia
Sumber: berrykitchen.com

Bakso itu asal munculnya ketika malem-malem ada orang bilang “pengen basoo..”, terus dari genteng jatoh di tengah kasur lo gaes hahaha.. becanda. Asal usul munculnya bakso itu dari kisah seorang anak dari Tionghoa yang ingin melihat ibunya bisa makan daging lagi, yaitu dengan menumbuk daging hingga halus kemudian dibuat bulatan kecil-kecil dan dimasak. Bakso itu dalam bahasa Hokkien artinya daging giling. Namun orang Tionghoa biasa memakai daging babi sebagai bahan utama. Karena mayoritas orang Indonesia adalah muslim, maka dimodifikasi dengan daging sapi atau ikan. Bakso yang terkenal di Indonesia salah satunya adalah Bakso Malang. :D

4. Gado-gado

makanan khas indonesia
Sumber: dananwahyu.com

Makanan khas Indonesia dari Betawi ini terdiri dari sayuran rebus yang diberi bumbu kacang, sering juga diberi pelengkap seperti telur, gorengan dan kerupuk. Gado-gado sendiri adalah istilah yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang macem-macem dicampur jadi satu. Bahkan ada juga yang mengatakan kalo gado-gado adalah cara orang betawi mengungkapkan Bhineka Tunggal Ika, yaitu keanekaragaman yang menjadi satu. Keren yak! :D

5. Pempek

makanan khas indonesia
Sumber: resepsedapku.com

Makanan khas Palembang ini muncul ketika banyak perantau dari Tionghoa masuk ke Indonesia. Ketika itu mereka sering mendapat hasil tangkapan ikan, tapi bosen dengan cara masaknya yang gitu-gitu aja. Dari situlah mereka mencoba mengolah daging ikan yang dicampur dengan tepung tapioka dan dijual. Karena yang menjual adalah orang tua keturunan Tionghoa yang biasa disebut Apek. Maka disebutlah makanan itu Pempek. :D

6. Gudeg

makanan khas indonesia
Sumber: resepnet.com

Gudeg udah jadi salah satu ikon kota Yogyakarta. Makanan ini muncul pertama kali ketika jaman kerajaan Mataram. Kala itu banyak banget pohon nangka dan melinjo yang ditebang kemudian buahnya di masak. Cara memasak dengan diaduk menggunakan alat seperti dayung itu disebut dengan hangudeg, kemudian jadilah nama gudeg seperti yang ada sekarang. :D

7. Sate

makanan khas indonesia
Sumber: pegipegi.com

Sate diduga kuat muncul sekitar abad 19. Ketika itu banyak pedagang dari Arab masuk ke Indonesia, yang mana mereka doyan banget makan daging. Karena itu para penjual makanan dari Jawa membuat sajian makanan dari daging kambing dan domba yang disukai masyarakat Arab. :D

8. Soto

makanan khas indonesia
Sumber: ciclismollano.blogspot.com

Asal mula soto adalah makanan asal Tionghoa bernama Caudo yang diadopsi masyarakat Indonesia dan namanya lama kelamaan berubah menjadi soto. Kemudian dimodifikasi sesuai dengan bahan-bahan, cita rasa, dan lidah khas orang Indonesia. Soto dalam berbagai daerah juga memiliki namanya sendiri. Ada yang menyebutnya Coto (Makasar), Tauto (Pekalongan) dan Sauto. :D

Makanan Indonesia nyatanya emang ga cuma sekedar makanan, tapi juga mengandung nilai budaya yang mesti dilestarikan turun temurun sepanjang masa. Betewe, jadi laper nih ngomongin soal makanan hehe. Dari 8 makanan khas Indonesia diatas, kengkawan lebih suka yang mana nih? Tulis dikolom komen yaa! :D

Apapun permasalahan hidupmu, jawabnya ada diujung langit. Kita kesana dengan seorang anak. Anak yang tangkas dan juga pemberani.