Menikmati Jeritan Masa Lalu di Goa Jepang

Goa Jepang

Salah satu tempat wisata yang sering terlewatkan adalah goa. Yaps, Sebenernya ya emang ngga ada apa-apa di dalem. Cuman kan lumayan aja buat spot foto dan tujuan jalan-jalan. Bagi yang suka wisata ke tempat-tempat berbau historis gitu cocok jalan ke sini :D

Goa yang gw maksud di sini adalah Goa Jepang. Bukan di Jepang tentu sajaaaa. Di Jogja ini ada banyak Goa Jepang loh. Goa ini peninggalan jaman penjajahan Jepang yang dibangun dengan tujuan untuk tempat bersembunyi :D

Goa Jepang
Sumber: Doc Pribadi

Salah satu goa Jepang yang lumayan gede terletak di daerah Berbah, Sleman, DIY. Kalo dari arah Solo, ambil jalan yang menuju Candi Boko, lurus aja sampe pertigaan besar yang mengarah ke Berbah (cek plang penunjuk arah). Rute detail bisa googling :D

Sampe sini lo bakal langsung disuguhi lorong gelap dan becek. Tips dari gw, pakailah sepatu sandal yang waterproof dan engga masalah kalo dikotorin. Soalnya goa in masih asli banget jadi tanahnya masih becek banget bahkan kadang ada tetesan air dari atas goa. Siap-siap bau juga soalnya di goa banyak kelelawar :D

Goa Jepang
Sumber: Doc Pribadi

Saran lain dari gw adalah lo bawa senter. Atau kalo hape lo udah ada senternya yaudah itu cukup. Tapi misal lo ngga ada senter, biasanya ada bapak-bapak penjaga goa yang nyewain senter untuk pengunjung :D

Goa Jepang yang ada di Berbah ini terdiri dari 3 lorong vertikal yang lumayan dalem. Nanti  di dalem, lorong-lorong ini tergabung secara horizontal. Kalo lo kesini, yaudah gitu aja. Lo masuk dari salah satu lorong vertikal, trus muter ke lorong lain yang ada di dalem :D

Selamat mencoba gaes! Lumayan buat pengalaman jalan-jalan ketimbang cuma di rumah doang, hehe :D

Seorang laki-laki biasa yang tinggal di kota biasa dan hidup secara biasa-biasa saja. Cuma, saya punya cita-cita yang tidak biasa alias luar biasa. Apa tuh? Pokoknya baca terus artikel buatan saya.