Meme Rewind 2016 Edisi Trending Februari, Kocak Sob? (PART 1)

Meme LGBT @rakaaflahhilmi

Kengkawan udah liat meme rewind Januari 2016? Kalo udah, yuks langsung cek trending meme bulan Februari 2016 juga. Netizen masih lanjut bikin konten jenaka kok. Kreatifitas begini suka ngebikin kita jadi betah di sosial media. Badewei, langsung aja lokit nih.

1. Meme Sepi VS Rame

Meme Rewind
Sumber: @tvllankz via Instagram

Isu sosial boleh terbang tenggelam tapi kreatifitas tidak akan pernah padam. Kalimat itu bisa jadi gambaran singkat tentang hingar bingar sosial media. Netizen bisa membuktikan hal tersebut dengan cara jenaka. Contohnya, pada awal Februari dunia meme lansgung pecah oleh kehadiran trending #SepiVSRame.

Awalnya, pemilik akun @janganserius memunculkan konten dua frame. Bingkai pertama bergambar satu piring yang diberi teks Sepiring. Bingkai kedua bergambar banyak piring lalu diberi bumbu teks ramering. Dudu dengan cepat merespon meme terbebut dengan penambahan tagar #SepiVSRame supaya makin pecah. Hasilnya? Jangan pernah bilang sosial media sunyi senyap ya gengs.

Meme #SepiVSRame berfungsi sebagai ajang kreatifitas pengolahan kata yang memiliki hubungan dengan kata sepi. Kemudian, dapat dikembangkan secara otomatis dengan kata rame. Konten bisa juga berfungsi sebagai alat menyindir orang-orang kesepian. Mereka harus tergerak untuk kumpul dengan sesame supaya kembali merasa ramean (berama-ramai). Makan gak makan asal kumpul keleeeuuusss.

Contoh Rumus:

Gambar Satu Sepion + Teks Sepion
________________________________
Gambar Banyak Sepion + Teks Rameon

2. Meme Dagelan Valentine

Dagelan Meme Valentine @citraamora
Sumber: @citraamora via Instagram

Apalagi event paling hip di bulan Februari selain Valentine. Ajang berbagi coklat ato bunga untuk pasangan ato gebetan emang bikin anak muda berasa greget banget gengs. Netizen keren gak bakal ketinggalan ikut ngeramein moment tersebut gengs lewat tagar #DagelanValentine.

Hari Valentine emang masih jadi kontroversi di negara kita gengs. Banyak pendapat menilai hal tersebut gak sesuai dengan norma budaya dan agama. Tapi, sudut lain justru menilai sah-sah aja karena gak ada salahnya mengisi hari dengan cara tebar pesona ketimbang tawuran.

Badewei, meme rewind #DagelanValentine sebetulnya gak berbentuk dukungan atau hujatan pada hari kasih sayang tersebut gengs. Netizen justru kerap memanfaatkan momen untuk menyindir jomblowan dan jomblowati. Kadang para kaum tersindiri itu juga membalas denan sindiran lain. Tapia da juga loh gengs yang berbagi meme gombal. Pokoknya seru deh kayak naik jetcoster tapi panjang jalurnya dari Sabang sampai Merauke.

3. Meme LGBT

Meme LGBT @rakaaflahhilmi
Sumber: @rakaaflahhilmi via Instagram

Masih tentang kisah percintaan kontroversi. Kelompok LGBT menjadi perhatian mata dunia termasuk Indonesia usai perayaan Valentine. Hal itu berawal dari aksi sejumlah aktivitis LGBT dalam menyerukan pesan anti diskiriminiasi. Semenjak itu perdebatan sengit antar pakar, pengamat, bahkan pengemis like dan komen kian bertebaran di media massa.

Netizen kocak emang gak pernah ketinggalan gengs. Mereka memanfaatkan isu LGBT untuk berbagi kreatifitas unik. Lewat singkatan LGBT itu sendiri ternyata dapat tercipta beragam kata menarik gengs, misal Liat Gebetan Bareng Tunangan. Ah elah.

Meme rewind LGBT berfungsi sebagai oase atau pelepas dahaga dari kebisingan debat sengit antara pro dan kontra LGBT. Tanpa kehadiran meme maker, tentu pengguna sosial media cuma terus-terusan berkerut dahi. Untung ada meme LGBT, hidup jadi lebih ceria cuy.

4. Meme DeadPool

Meme Deadpool @tvllankz
Sumber: @tvllankz via Instagram

Dunia perfilman komersil telah menyatakan secara gamblang tema super hero masih menjadi komoditas sexy di 2016. Maraton film tokoh komik akan terus bergulir hingga akhir tahun, salah satunya Deadpool. Tokoh Marvel itu tampil sebagai pembuka pesta pahlawan super.

Pengguna sosial media menyambut positif kehadiran Deadpool, tentu salah satunya dengan menciptakan meme kocak. Di instagram, pengasuh akun @tvllankz mengawali kemunculan trending meme Deadpool. Berbahan foto Deadpool, Saiful Jamil, … dan…. Akhrinya, berbagai macam meme nyeleneh tentang Deadpool marak bermunculan dan pasti bisa bikin ketawa sampe perut gundal gandul gengs.

@Tvllankz sukses menarik perhatian netizen untuk menciptakan konten serupa dengan gaya masing-masing. Sejatinya, meme Deadpool memang mudah diterima dan sangat menarik untuk ditiru. Alasannya, meme Deadpool memberi semangat baru untuk bermain dengan kata-kata dalam hal ini rima kata pul (red: pool).

Salah satu contoh meme Deadpool sukses disumbang pengasuh akun @naiksekuter. Dia menampilkan sang sosok super hero sedang duduk di atas motor, kemudian diberi bumbu teks Deadpool. Setengah frame lain menampilkan sosok perempuan cantik dengan bumbu kata-kata We Love You Pool. Terserah deh.

5. Meme Liburan Raffi

Meme Liburan Raffi @abang_medan
Sumber: @abang_medan via Instagram

Artis Ibu Kota gak mau kalah naik daun. Kali ini, Raffi Ahmad bikin heboh dunia persilatan. Lewat akun instagram, suami Nagita ini tampil telanjang dada di antara salju Gunung Everest Gengster Memeinajah menyambut positif. Foto tersebut jadi bahan meme dengan tema Liburan Raffi. Hasilnya, pecah bosque.

Meme rewind Liburan Raffi secara bentuk hanya menampilkan gambar Raffi Ahmad telanjang dada hasil cropping dari foto asli. Para pencipta konten hiburan menempel foto tersebut ke berbagai macam latar belakang lokasi. Tapi, sejumlah lokasi foto enggak wajar banget jadi objek wisata seperti kali jodoh, semak belukar tempat orang pacaran, dan tempat mandi bola untuk anak balita. Bahkan sebagian lagi menempelkan gambar pada produk rumah tangga.

Bersambung…