Lo wajib tau nih, 7 Festival Unik Yang Ada Di Dunia!

festival unik

Halo kengkawan, setiap negara pastinya memiliki acara tahunan atau festival yang berbeda-beda. Setiap tahunnya juga pasti akan ada hari peringatan tertentu dimana orang-orang akan merayakannya dengan penuh suka cita. Namun ada beberapa festival unik yang sepertinya kelewat meriah sehingga malah justru keliatan berlebihan dan nyeleneh. Yang pasti orang dari luar negara tersebut akan menganggap bahwa festival tersebut sangat tidak wajar. Festival apa aja kah itu? Nih simak gaes :D

 

1. La Tomatina

festival unik
Sumber: tapasrevolution.com

Festival ini diselenggarakan setiap bulan Agustus di Spanyol. Pada event ini, orang-orang akan berkumpul untuk melakukan “perang tomat” yaitu mereka akan saling melempar tomat satu sama lain. Ada puluhan ton tomat yang disiapkan di sini sehingga ga cuma badan peserta aja yang kena tomat, banyak bangunan serta jalanan pun akan tergenang oleh merahnya tomat. :D

2. Tunarama

festival unik
Sumber: outlooktraveller.com

Diperingati setiap Januari di Australia, hari itu akan menjadi hari sial bagi para ikan tuna. Soalnya, ikan tuna di Australia sering ditangkap secara berlebihan. Bukannya dilestarikan, eh malah dibuat festival. Pada hari itu akan diadakan kontes melempar ikan tuna. Haduh aneh aneh aja! :D

3. El Colacho 

festival unik
Sumber: amusingplanet.com

Spanyol emang negara yang memiliki banyak festival yang aneh-aneh. Salah satunya adalah El Colacho yang artinya Lompatan Iblis. Intinya sih akan ada seseorang berpakaian seperti iblis lalu ia akan melompati bayi-bayi yang berumur kurang dari 12 bulan. Festival unik ini dipercaya akan membuat si bayi terlindung dari bahaya dalam kehidupan dan terbebas dari dosa. Tapi bahaya juga kalo pas lompat malah keinjek.. iiyyy :D

4. Holi

festival unik
Sumber: holifestival.com

Disebut juga festival warna, event ini merupakan festival keagamaan dari India, di mana orang akan berkumpul untuk bernyanyi dan menari. Keesokan harinya, mereka akan melakukan perang warna menggunakan bubuk pewarna dan cat air. Ada juga beberapa orang yang membawa pistol air dan balon air supaya suasana semakin seru. Mirip color run gitu lah kira-kira. :D

5. Oktoberfest

festival unik
Sumber: octoberfest.net

Jerman merupakan negara yang terkenal dengan minuman bir. Oktoberfest sendiri adalah festival minum bir terbesar di dunia yang diikuti oleh lebih dari 6 juta orang setiap tahunnya. Hari itu dirayakan dengan minum bir, minum bir dan minum bir. Yang doyan “ngombe-ngombe” coba dah kesana. :D

6. Battle of Orange 

festival unik
Sumber: huffingtonpost.ca

Dari namanya udah jelas banget ya gaes, dalam festival unik yang diselanggarakan di Italia ini akan diadakan perang dengan buah jeruk. Akan ada 2 regu besar yang saling melempar jeruk. Walaupun kesakitan, hal itu malah membuat para peserta menjadi lebih heboh. Dasar…jeruk kok makan jeruk. :D

7. Cheese Rolling Festival

festival unik
Sumber: boston.com

Festival ini diadakan di bukit Cooper, Inggris. Pada hari itu akan diadakan kompetisi  yaitu perlombaan mengejar keju. Keju Double Gloucester digelindingkan dari atas bukit, kemudian para peserta akan menyusul menuruni bukit sambil mengejar keju. Bagi yang bisa menuruni bukit dengan waktu tercepat, dialah yang memenangkan kejunya. Bukitnya yang agak curam terkadang beresiko membuat peserta cedera. :D

Hmm aneh-aneh yaa gaes? Namun festival tersebut nyatanya udah dilakukan dari puluhan tahun yang lalu dan masih awet sampai sekarang. Nah mereka aja mau melestarikan budayanya sendiri, kita sebagai Bangsa Indonesia yang juga berbudaya mestinya juga jangan mau kalah dong. Ntar keburu diklaim negara sebelah baru deh kebakaran jenggot huehue.. :D

Bonus nih!

festival unik
Sumber: festivalasia.net

Monkey Buffet Festival yang diadakan di Thailand ini adalah festival menyuguhkan makanan yang berlimpah kepada monyet. Monyet jenis makaka mungkin dianggap hama di negara lain karena populasinya yang berlebihan. Tapi di Thailand, monyet ini justru dianggap membawa keberuntungan. Disediakan 2.000 kilogram buah dan sayuran untuk mereka pada event ini setiap tahun dan semua monyet tersebut bebas untuk menikmati semuanya. :D

Apapun permasalahan hidupmu, jawabnya ada diujung langit. Kita kesana dengan seorang anak. Anak yang tangkas dan juga pemberani.