Kumpulan Negara-Negara yang Mungkin Asing Buat Kamu

kumpulan negara

Guys kalian tahu ngga sih jumlah negara di dunia ini? Well, kalo ngga tahu biar gue kasih tahu. Menurut PBB, jumlah negara yang terdaftar oleh mereka ada 193 negara. Beda lagi menurut interpretasi Montevideo Convention ada sekitar 201. Bahkan beberapa sumber ada yang menyebutkan hingga 230 negara. Kalo dilihat dari sufiks domain internet malah bisa sampai 243 negara.  Banyak yah, pren? Sangking banyaknya mungkin ada beberapa yang belum pernah kalian denger. Eniwei berikut beberapa negara underatted yang jarang kalian dengar, cekidot! :D

1. Nauru

kumpulan negara
Sumber : billtrips.com

Negara resmi berpenduduk paling sedikit setelah Vatikan ini terletak di Samudra Pasifik. Dengan luas wilayah hanya 21 km2 (sebesar 1 kecamatan di Jakarta) dan berpenduduk sekitar 10.000 jiwa. Merdeka pada tahun 1968 dan memiliki pemerintahan sendiri. Kalo kamu ada niatan mau ke sana, coba pikir-pikir lagi aja yah. Masalahnya negaranya tandus akibat pertambangan fosfat yang kini sudah habis :D

2. Vanuatu

kumpulan negara
Sumber : wikitravel.org

Negara yang terletak di kawasan selatan Samudra Pasifik ini luasnya sekitar 12.189 km2 dan berbetuk beberapa kepulauan. Memiliki ibukota bernama Port Villa  yang terletak di pulau Efate, salah satu gugusan pulau mereka.  Negara yang merdeka pada tahun 1980 ini sebenernya bagus bagus dikunjungi, tapi sayangnya untuk menuju ke sana agak susah. Apalagi di sana sering terjadi gempa akibat dari banyaknya gunung berapi yang masih aktif :D

3. Comoros

kumpulan negara
Sumber : lonelyplanet.com

Comoros merupakan negara Arab terkecil setelah Bahrain. Terletak di lepas benua Afrika dekat dengan pulau Madagaskar. Negara yang merdeka pada tahun 1975 dari Prancis ini beribukota di Moroni. Comoros terdiri dari 4 pulau besar dan beberapa pulau-pulau yang sangat kecil. Negara ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan, jadi kalo kamu nyari tempat liburan yan tenang, magis dan bersahaja, bisa deh coba main ke sini :D

4. Tuvalu

kumpulan negara
Sumber : worldatlas.com

Masih tetanggaan sama Nauru, Tuvalu terletak di Samudra Pasifik yang terdiri dari pulau-pulau kecil. Berdasarkan luas wilayah yang hanya 26 km2 dengan penduduk berjumlah 10.460, menjadikan Tuvalu salah satu negara terpadat di dunia. Walaupun begitu, negara ini cocok kok buat dijadiin tempat travelling ngga biasa. Di sini kamu bisa keliling Tuvalu sambil menikmati keindahan ekosistem laut di sana :D

5. Nagorno-Karabakh

kumpulan negara
Sumber : wikipedia.org

Negara yang tetanggaan sama Azerbaijan dan Armenia ini sebenernya belum diakui oleh dunia internasional. Tapi mereka sudah punya pemerintahan sendiri dan sempet mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1991. Negara ini menjadi rebutan antara Azerbaijan dan Armenia yang hingga kini masih belum terselesaikan :D

6. Sao Tome dan Principe

kumpulan negara
Sumber : africa.com

Negara kepulauan kecil ini terletak di Benua Afrika dan hanya memiliki luas sekita 65% dari Jakarta. Karena letaknya yang lepas dari benua Afrika, membuat Sao Tome tidak terlalu berpengaruh dengan keadaan benua tersebut. Bahkan banyak turis dari Eropa yang berkunjung ke sini karena letaknya yang paling dekat dengan benua Eropa. Sao Tome merdeka dari Portugis pada tahun 1975 dan menjadikannya negara berbahasa Portugis terkecil di dunia :D

Desainer Grafis yang doyan makan gratis :D