Kuliner Betawi Paling Dahsyat, Cobain Sob

Kuliner Betawi

Gengs, elu tinggal di Jakarta? Pernah icip apaan aja boi? Kalo sekedar bakso, nasi gorieng dan lainnya mah di daerah lain juga ada keles. Nah, ada nih beberapa panganan dan tokipan asli Jakarta yang udah jarang banget di temuin karena efek globalisasi dan akuilturasi budaya barat dan timur serta sekawanan onta dari selatan. Daripada panjang lebar, yuk liat daftar kuliner Betawi paling dahsyat :D

 

1. Bir Pletok

Kuliner Betawi
Sumber: beergembira.com

Gua pertama ngiranya minuman satu ini sama kayak bir pada umumnya. Tapi ternyata aqueh salah. Bir pletok adalah minuman yang terbuat dari jahe serta beberapa rempah. Badan dijamin anget banget abis minum pletok, sehangat dipeluk pacar orang :D

 

2. Nasi Ulam

Kuliner Betawi
Sumber: mobypicture.com

Nasi uduk mungkin udah sering lah yak elu denger dan cobain. Tapi kalo nasi ulam udah pernah? Makanan satu ini disajikan layaknya nasi campur. Bedanya, nasi yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri pada penyajiannya, yakni udang rebon, lalapan serta sambalnya yang khas. Pasti nagih deh boi :D

 

3. Laksa Betawi

Kuliner Betawi
Sumber: resepumi.com

Panganan asli Singapura ini emang udah banyak dimodifikasi sama orang Indonesia. Salah satu yang modif ini makanan yakni orang Betawi. Perbedaanya sama laksa Singapura ada pada bahan dasar, umumnya sih panganan Betawi satu ini berisikan bihun, telur, perkedel, daun kemangi, dan daun kucai. Rasa gurih dan manis akan langsung membuat lidah bergetar ga karuan boi :D

 

4. Semur Jengkol

Kuliner Betawi
Sumber: tokomesin.com

Buat yang belom pernah cobain jengkol mungkin akan sedikit baper sama makanan satu ini. Baunya yang khas bagi kebanyakan orang emang ngeganggu banget. Tapi percayalah, makanan satu ini emang mantep banget buat disikat. Ga percaya? Cobain makanya :D

 

5. Roti Buaya

Kuliner Betawi
Sumber: jetlagrnr.com

Roti satu ini sering banget dibawa sebagai hantaran untuk pernikahan. Rasanya yang manis serta lembut di lidah cocok emang bikin kane banget boi, apalagi kalo dicelup sama teh. Oh iya, kalo mau beli roti buaya, beli yang kecil aja, kalo yang gede, tar disangka elu mau merit kan berabe urusan :D

 

Seseorang yang percaya bahwa sepakbola, uang, dan wanita adalah hal yang bisa membawa kebahagian dalam bahtera kehidupan. Dan jangan lupa baca terus artikel eug di dagelan supaya hidup lau berbinar-binar.