Kolam Misteri Para Raja Itu Memiliki Nama, Tapi…

Kolam Misteri

Yak, Bagi kalian yang meluncur ke artikel ini karena penasaran sama judul yang terkesan horor, gw ucapkan selamat karena kalian termasuk netizen yang mudah tertipu judul. Tapi tenang aja, isi artikel gw bukan hoax atau meme-meme ngga jelas. Di sini gw mau ngereview salah satu spot wisata di Kota Jogja paling tersohir, namanya Tamansari :D

Kolam Misteri
Sumber: Doc Pribadi

Tamansari ini masih berada di kompleks Kraton Yogyakarta, gaes. Tamansari sebenernya adalah istana air atau bahasa kerennya water castle kepunyaan Keraton. Fungsi Tamansari ini adalah sebagai pesanggrahan atau tempat singgah keluarga raja dan juga pemandian permaisuri, selir, dan putri-putri raja jaman dulu :D

Konon katanya, jaman dulu komplek Tamansari ini bener-bener kayak danau dengan bangunan istana di tengah-tengahnya. Kalo mau masuk ke bangunan utama, naik perahu gitu. Bahkan ada jembatan angkatnya juga. Mahakarya arsitektur banget deh gaes pokoknya. Bayangin aja di tahun 1700-an udah bisa bikin konsep istana air dengan jembatan angkat :D

Mengenai sejarah Tamansari lebih lengkap udah dibahas banyak di berbagai website. Jadi di sini gw mau review singkat aja sambil ngasih beberapa saran :D

1. Berangkat Pagi

Kalo mau sempet menjelajahi seluruh bagian Tamansari, baiknya berangkat pagi. Ideal jam 9 pagi sampe sana. Nanti parkir, trus mulai masuk dari pintu belakang. Abis pintu masuk nanti ada kolam gede kan, nah masuk ke bangunan di sisi kanan dan sisi kiri kolam:D

Komplek kolam ini terbagi dua yaitu kolam untuk raja dan permaisuri, sama kolam untuk selir-selir dan putri raja. Konon katanya, raja dulu suka naik ke bagian tingkat dalam bangunan deket kolam untuk ngintipin yang lagi pada mandi di situ. Coba jaman sekarang ada tempat kayak gini, mungkin para jomblo udah berusaha menyusup dengan berbagai cara. Hehe :D

Kolam Misteri
Sumber: indonesia-tourism.com

2. Halaman Kosong

Di belakang kolam ada halaman rerumputan yang lumayan juga buat tempat foto-foto.  Halaman kosong ini sebenernya dulunya ga kosong, tapi ada bangunannya. Tapi sekarang udah runtuh. Jadi sisa halaman luas aja deh :D

Kolam Misteri
Sumber: Doc Pribadi

3. Pulo Cemeti dan Pulo Kenongo

Nanti kalo udah, keluar dari komplek itu, trus beralih ke bagian Pulo Cemeti dan Pulo Kenongo. Pulo Kenongo ini dulunya tempat raja menerima dan menjamu tamu pentingnya. Bangunan tingkat 3 ini bagian atasnya udah runtuh, tapi justru jadi eksotis dijadiin spot foto :D

Kolam Misteri
Sumber: Doc Pribadi

4. Sumur Gumuling

Nah di sini adalah spot yang harus lo capai melalui jalan bawah tanah, gaes. Dan jangan kesorean ya, soalnya jam 4 sore gitu bagian ini udah tutup. Sepanjang jalan ke sini, lo lewat jalan bawah tanah yang sebenernya dulunya adalah saluran air dari Tamansari. Gelap, dingin, tapi ga ngeri sih karena banyak orang :D

Kolam Misteri
Sumber: www.yogyatrip.com

Seorang laki-laki biasa yang tinggal di kota biasa dan hidup secara biasa-biasa saja. Cuma, saya punya cita-cita yang tidak biasa alias luar biasa. Apa tuh? Pokoknya baca terus artikel buatan saya.