Kenapa Sih Internet Indonesia Lemot? Cekidot Yuk!

slow

Holla gaes! Berapa kecepatan internet yang kalian pake sekarang? Bikin makmur atau malah bikin emosi? Huehue…Tapi emang ga bisa dipungkiri lagi, koneksi internet Indonesia secara keseluruhan itu lemot banget bahkan termasuk yang paling lemot di dunia gaes. Ga cuma lemot aja, tapi biaya internetan di Indonesia juga mahal banget, ga sebanding dengan kecepatan yang didapat. Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa terjadi hal semacam itu. Daripada penasaran nih simak penjelasannya :D

 

1. Biaya infrastruktur yang mahal

internet indonesia
Sumber: Surabaya.bisnis.com

Untuk membangun koneksi internet yang cepat itu dibutuhkan infrastruktur yang memadai gaes seperti pemasangan tiang, kabel fiber dan pemancar sinyal. Dan biaya yang diperlukan untuk semua itu sangat mahal gaes, bisa mencapai milyaran. :D

2. Biaya operasional pun ikutan mahal

internet indonesia
Sumber: riautrust.com

Nah masih 11 12 sama poin diatas, biaya operasional yang dibutuhkan agar koneksi internet bisa selalu kenceng juga sangat sangat mahal. Biaya tersebut meliputi biaya perawatan server, gaji karyawan, biaya listrik dan sebagainya. Jangan salah sangka gaes, orang yang disuruh naik-naik ke BTS dan nyambungin kabel fiber optic di galian itu bukan orang sembarangan lho. Belajarnya juga susah. :D

3. Faktor geografis Indonesia yang masih banyak pegunungan, sawah dan lautan lepas

internet indonesia
Sumber: id.wikipedia.org

Wilayah Indonesia itu luas banget dan terpisah-pisah gaes. Dan wilayah yang luas itu ga semuanya mudah dijangkau oleh infrastruktur yang memadai layaknya daerah perkotaan. Hal itu lah yang menyulitkan provider untuk membangun infrastruktur. Beda dengan di luar negri yang mungkin luas daerahnya ga seberapa dan pembangunannya sangat padat dan maju sehingga infrastrukturnya sangat memadai. :D

4. Pengguna internet di Indonesia sangat tinggi

internet indonesia
Sumber: netizzen.com

Pada tahun 2014 aja ada lebih dari 80 juta orang penduduk Indonesia adalah pengguna internet dan terus menerus meningkat. Nah pertumbuhan pengguna internet yang semakin banyak jika tidak dibarengi dengan pembangunan yang mendukung tentu koneksinya bakalan kacau. :D

5. Providernya terlalu banyak

internet indonesia
Sumber: kabehtekno.com

Provider banyak belum tentu menjadi keuntungan gaes. Justru karena provider yang kebanyakan itulah pembangunan jaringannya menjadi ga efisien. Karena setiap provider harus saling berbagi spektrum jaringan sehingga dampaknya koneksi internet jadi lemot. Selain itu, setiap provider biasanya melakukan promo besar-besaran untuk menarik pelanggan. Hal itu mengakibatkan peningkatan pengguna internet dan silakan baca lagi poin 4. :D

Jadi gimana gaes? masih mau nyalahin provider ama pemerintah kalo internet Indonesia lemot? lha wong kalian juga ikut menyumbang ke-lemot-an internet itu sendiri. Mari bermawas diri dan nikmatin aja internet yang lemot ini. Ya kalo mau internet kenceng yaa langganan yang 4G atau fiber optik, tapi kan kita mesti keluarin duit lebih gaes. Haduh duit mulu kan dari tadi. Ini ngomongin internet atau duit sih? Huehue… :D

Apapun permasalahan hidupmu, jawabnya ada diujung langit. Kita kesana dengan seorang anak. Anak yang tangkas dan juga pemberani.