Kenali 7 Ciri-ciri Bipolar Disorder Gengs, Siapa Tahu Lo Salah Satunya!

bipolar disorder

Kengkawan pernah ngerasain perubahan mood yang drastis atau biasa dikenal dengan mood swing? Misal hari ini kalian merasa sangat gembira, bersemangat, over-excited lah pokoknya. Eh tapi, besoknya kalian mengalami depresi berat sampai kepikiran untuk bunuh diri. Atau, justru malah merasakan depresi dan bahagia secara bergantian dalam kurun waktu yang hampir bersamaan? Duh, kalau kalian sering mengalami kondisi tersebut, hati-hati gaes, bisa jadi kalian mengidap bipolar disorder.

Apaan sih bipolar disorder itu? Itu loh suatu kondisi gangguan kejiwaan yang juga diderita artis cantik Marshanda. Nih, gue jelasin.. Bipolar disorder merupakan salah satu penyakit kejiwaan yang menyebabkan penderita mengalami perubahan suasana hati secara drastis dari mania (bahagia, bersemangat) menjadi depresi atau sebaliknya. Nah, perlu banget kengkawan tahu nih gejala-gejala atau tanda-tanda dari bipolar disorder. Kan kalau cepet dideteksi, bisa cepet ditangani, nih ulasannya. Cekidot. :D

1. Perubahan mood yang drastis

bipolar disorder
Sumber: montecarloforum.com

Penderita bipolar disorder ini mengalami perubahaan mood yang sangat drastis gaes. Saat dalam fase mania (bahagia, bersemangat), penderita akan merasa sangat bahagia, bersemangat dan cenderung merasa tak terkalahkan. Namun, saat dalam fase depresi, penderita akan merasa sangat sedih, marah, dan terpikirkan akan kematian serta keinginan bunuh diri. Kalau abis diputusin pacar jangan begini ya gaes, masih banyak kok ikan di laut. :D

2. Mudah marah dan tersinggung

bipolar disorder
Sumber: stepsforchange.com

Saat mengalami fase depresi, penderita akan mudah marah dan tersinggung. Ia benar-benar tidak bisa bertoleransi dengan orang lain sehingga cenderung memicu perdebatan dan perkelahian dengan orang-orang yang tidak sependapat dengannya. Jadi, kalau kalian tipe orang yang suka cari ribut yaa nggak ada salahnya konsultasi gaes. :D

3. Menunjukan perilaku tanpa pikir panjang

bipolar disorder
Sumber: chicagonow.com

Penderita bipolar disorder akan melakukan tindakan sembrono dan tanpa pikir panjang gaes. Misal, ia baru gajian dan langsung menghabiskan uangnya saat itu juga untuk membeli barang-barang mahal. Atau, mengundurkan diri dari pekerjaan tanpa alasan yang jelas. Atau, jalan sama gebetan temen sendiri. Atau, mendadak batalin pernikahan H-1. :D

4. Pikiran yang mudah melompat

bipolar disorder
Sumber: pinterest.com

Penderita bipolar memiliki pikiran yang mudah lompat dari satu topik ke topik yang lain gaes. Misal ia sedang mikirin kamu, eh tiba-tiba mikirin tugas kuliah, kerjaan, masa depan sehingga ia sulit untuk fokus pada satu hal. Yaa jadi kamunya kelupaan deh. :D

5. Berperilaku aktif dan bicara dengan cepat

bipolar disorder
Sumber: wikihow.com

Penderita akan sangat aktif dan juga bicara dengan cepat karena terlalu excited. Sehingga orang yang ia ajak bicara tidak dapat memahaminya. Ia cenderung merasa cemas, gelisah, dan tidak tenang. Ini bicara cepat bukan soal rapper ya gaes, apalagi rapper ‘semangka tanpa biji’. :D

6. Mampu begadang tapi nggak merasa capek

bipolar disorder
Sumber: hipwee.com

Pada umumnya, penderita mampu begadang dan hanya tidur selama beberapa jam tapi ia tidak merasa lelah maupun capek keesokan harinya. Kalian juga suka begadang gaes? Jangan begadang deh kalau tiada artinya. Begadang boleh aja sih, tapi kalau ada perlunya hahaha. :D

7. Mengalami delusi atau halusinasi

bipolar disorder
Sumber: theconversation.com

Dalam kasus-kasus tertentu, penderita bipolar disorder bisa mengalami delusi dan halusinasi, serta merasakan penglihatan-penglihatan tertentu. Misalnya, ia percaya kalau telah mendengar suara Tuhan atau malaikat. Atau, ia mendengar suara mantan ngajakin balikan, duh halusinasi itu gaes. :D

Nah itu dia gejala-gejala atau tanda-tanda dari Bipolar Disorder. Gimana gaes? Apa ada tanda-tanda di atas yang sedang kamu alami? Kalau iya, lebih baik konsultasi segera ya sama yang ahli. Jangan konsultasi ke peramal kartu tarot, salah alamat lau gaes hahaha.

Calon istri idaman. Nggak percaya? Baca aja artikel-artikel di marii. Risiko jatuh cinta ditanggung pembaca. Happy reading! Ojo serius-serius yow!