Inilah Berbagai Kisah Mistis Di Gunung Yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri!

kisah mistis

Gaes, kalian suka banget naik gunung? Kira-kira sudah berapa banyak gunung yang kalian taklukkan? Dibalik pesona dan indahnya pemandangan negeri di atas awan, pasti ada cerita menarik kan? Apalagi seputar kisah mistis, mitos-mitos yang beredar, serta pengalaman yang dialami sendiri oleh para pendaki. Katanya, kengkawan nggak boleh tuh bertingkah seenaknya ketika mendaki, ada beberapa pantangan dan aturan yang harus dijalani. Kalau nggak, ya siap-siap aja kena marah penghuni gunung. Hiiiy, serem. :D

Kayak beberapa kisah mistis di bawah ini. Dibalik megah dan gagahnya gunung-gunung di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, terdapat kisah-kisah mistis yang dialami para pendaki yang sukses bikin kamu bergidik ngerii. Hiii, atuut. :D

1. Gunung Salak

kisah mistis
Sumber: httpinfokuman.blogspot.co.id

Banyak kisah mistis yang beredar dan juga dialami sendiri oleh para pendaki Gunung Salak gaes. Pada tahun 2007 silam, ada kejadian mistis yang dialami seorang pendaki, saat mendaki ia melihat sosok hitam sedang melambaikan tangan ke arahnya. Namun, ketika ia bertanya kepada teman-temannya apakah mereka melihat hal serupa, jawabannya tidak. Serem banget kan gaes didadahin penghuni gunung, hiiiy serem. Nggak sampai disitu, katanya pendaki tersebut juga melihat ‘pasukan’ berseragam tentara berwajah pucat sedang mengelilingi tenda mereka. Duh, mending pingsan sekalian aja ya gaes. :D

2. Gunung Gede

kisah mistis
Sumber: yukpiknik.com

Gunung setinggi 2,958 mdpl ini juga menyimpan kisah mistis yang tidak kalah menyeramkannya dibandingkan gunung salak gaes, yaitu kisah tentang penunggu gunung yang merasuki tubuh pendaki. Kala itu, salah seorang pendaki melanggar aturan dengan buang air kecil sembarangan tanpa permisi terlebih dahulu. Jadi deh, si penunggu gunung marah dan merasuki tubuh pendaki. Pendaki tersebut kerasukan, mengerang dengan napas berat dan berlarian naik-turun di sebuah tanjakan. Duh, makanya kalau mau pipis permisi-permisi dulu ya gaes. :D

3. Gunung Cikuray

kisah mistis
Sumber: httpahmadpajalibinzah.blogspot.co.id

Gunung yang dianggap sebagai gunung tertinggi di Kabupaten Garut ini juga memiliki kisah mistis gaes. Kalau kamu pernah ke sana, track mendaki gunung Cikuray memiliki enam pos dan satu puncak bayangan. Di puncak bayangan inilah konon katanya cerita angker bermunculan. Seperti cerita tentang sosok hantu perempuan berwajah gelap dan berbaju putih yang sering menatap tajam para pendaki. Hiiiy, kalian pernah ditatap doi nggak gaes? :D

4. Gunung Argaopuro

kisah mistis
Sumber: viruspetualangan.blogspot.com

Gunung setinggi 3.088 mdpl ini terkenal dengan cerita penampakan noni belanda yang suka mengganggu para pendaki gaes. Hal tersebut dialami oleh mahasiswi pecinta alam yang sedang mendaki, kala itu sekelompok para pendaki termasuk mahasiswi itu sedang beristirahat di taman bunga Edelweis. Meski sudah diperingatkan untuk tidak memetik bunga, mahasiswi itu tetap memetiknya. Alhasil, satu jam kemudian mahasiswi tersebut ‘diajak’ jalan-jalan oleh noni belanda hingga teman-temannya kehilangan jejaknya. Keesokan harinya, ia ditemukan dalam kondisi lemas dan syok di jalur buatan Belanda. Duh, makanya kalau dikasih tau jangan ‘batu’ gaes. :D

5. Gunung Merbabu

kisah mistis
Sumber: rizkirahmatia.wordpress.com

Merbabu memiliki tiga jalur pendakian, yaitu kopeng thekelan, wekas, dan kopeng chuntel. Pengalaman menyeramkan dialami pendaki ketika ia melewati jalur kopeng thekelan. Pendaki tersebut sudah hafal jalur ini, hingga ia tidak takut ketika ia ditinggal teman-temannya karena terlalu lama asyik foto-foto sendiri. Di tengah jalan ketika ia sedang menyusul, ia bertemu seorang pendaki wanita dan memutuskan untuk mendaki bersama. Namun, mereka terhambat cuaca yang buruk dan memutuskan untuk bermalam di sana. Keesokan paginya, pendaki tersebut mendapati wanita itu telah pergi dan meninggalkan ranselnya di tempat. :D

Ia berpikir mungkin wanita itu telah pergi ke puncak sebelum ia terbangun, akhirnya ia memutuskan untuk membawa tas itu sampai puncak. Namun, ternyata teman-temannya mengaku tidak ada yang sampai puncak selain mereka. Pendaki tersebut berpikir mungkin wanita itu menyerah dan memutuskan turun. Akhirnya, ia bermaksud mengembalikan karena terdapat alamat tergantung di sisi ranselnya. Sesampainya di alamat tersebut, pendaki tersebut disambut tangis ibu wanita pemilik ransel tersebut, lalu mereka diajak ke belakang rumah dan terdapat batu nisan bertuliskan nama pendaki wanita itu. Ternyata, wanita itu telah hilang selama tiga tahun dan jasadnya tidak pernah ditemukan. Hemmm.. :D

6. Gunung Garut

kisah mistis
Sumber: infopaguci.blogspot.com

Kisah mistis juga pernah dialami pendaki wanita pemula di Gunung Garut gaes. Kejadiannya pada malam hari sekitar jam sembilan malam saat sekelompok pendaki masal mulai turun. Saat itu, pendaki wanita tersebut merasa kelelahan dan terpisah agak jauh dari rombongan. Sebenarnya, ia sudah dekat dengan basecamp, namun karena terlalu lelah dan kehilangan fokus, wanita itu pergi ke arah dan jalan yang salah yang justru membuatnya menjauh dari basecamp dan mengarah masuk ke hutan. :D

Pendaki wanita tersebut masih berpikir bahwa ia berjalan ke arah yang benar, ia terus berjalan sendiri, malam hari, dengan kondisi jalan yang dikelilingi pohon dan semak-semak tinggi. Sampai ia melihat bahwa di hadapannya adalah jalan menuju hutan yang akan membawanya kembali masuk ke dalam gunung. Akhirnya, ia segera berbalik arah dan mengambil langkah seribu alias lari sebelum bertemu sesuatu yang tidak diinginkan. Dan, pendaki wanita pemula itu adalah gue hahaha. Nggak tahu deh itu namanya bodoh apa emang lagi ’dibikin kesasar’. Makanya, untuk pendaki pemula terutama cewek, jangan jauh-jauh dari rombongan yaa. :D

Gimana gaes kisah mistis dibalik megah dan gagahnya gunung-gunung kepunyaan Indonesia? Serem bingits kan? Apa kalian punya cerita yang lebih menyeramkan dibandingkan cerita di atas? Kalau punya, coba share pengalaman kalian di kolom komentar. :D

Calon istri idaman. Nggak percaya? Baca aja artikel-artikel di marii. Risiko jatuh cinta ditanggung pembaca. Happy reading! Ojo serius-serius yow!