Inilah 7 Tradisi Pernikahan Unik Di Dunia, Indonesia Masuk Gak Yaa?

tradisi pernikahan unik

Hola gengs,  yang ada di Indonesia maupun di mancanegara ataupun  di dunia lain. hehehe. Keanekaragaman yang dimiliki oleh Indonesia tentunya memiliki banyak budaya dan pastinya memiliki aneka tradisi pernikahan. Tapi, kamu pernah tau ngga si tradisi pernikahan unik di negera lain? apakah unik? Atau malah aneh?  Scroll terus gengs. :D

1. Kumbh Vivah, tradisi memotong pohon di India

tradisi pernikahan unik
Sumber gambar: 1freewallpaper.com

Kalau di film India kita sering melihat pemainnya menari ngiterin pohon, ternyata di sini juga ada ritual memotong pohon. Sebelum menikah dengan seorang pria, calon pengantin wanita diharuskan menikahi sebuah pohon, lalu pohon tersebut dipotong. Ritual Kumbh Vivah dilakukan untuk membuang kutukan yang biasa dibawa oleh wanita yang menyebabkan sang suami cepat meninggal. Ketika pohon dihancurkan, kutukan yang ada pada wanita dianggap telah hilang. Duh, ada-ada aje ya gengs. :D

2. Ritual Menangis, Cina

tradisi pernikahan unik
Sumber gambar: terunik-menarik

Tradisi pernikahan unik lainnya ada di negara Cina gengs. Orang-orang Tuija dan calon pengantin beserta keluarganya melakukan ritual menangis minimal dalam sehari 1 jam. Tapi dilakukannya H-30 gengs. Bagi mereka, menangis selama 30 hari penuh itu adalah suatu bentuk kegembiraan. Duh, pas hari H, mata manten dan keluarganya pada sembab tuh pasti. :D

4. Meludahi Pasangan, Kenya

tradisi pernikahan unik
Sumber gambar: zendreviews

Kalau di Indonesia, meludah di tempat umum merupakan tindakan yang tidak sopan ya gengs. Tapi, beda lagi kalau di Kenya gengs. Seorang pengantin di Kenya justru diludahin bahkan kepalanya dicukur habis dan kepalanya diolesi lemak domba banyak orang. Bagi mereka, meludahi pengantin wanita adalah ritual sakral yang biasa dilakukan oleh orang suku Massai karena memiliki makna untuk memberikan keberuntungan. Waduh, kalo diludahin ama yang ngga sikat gigi setahun wassalam dah. :D

4. Memukul Kaki Pengantin Pria, Korea Selatan

tradisi pernikahan unik
Sumber gambar: tribunnewsBogor

Kalo di Korea terkenal dengan drama dan Kpopnya yang keren-keren, itu mah udah biasa ya gengs. Ternyata, di negara ini punya ritual pernikahan yang unik lho gengs. Di Korea Selatan, pengantin pria harus menjalani ritual dimana kakinya harus dipukul. Pengantin pria melepas kedua sepatunya dan mengikat kakinya dengan tali. Kemudian teman pengantin pria akan mengangkat kakinya keatas dan mulai memukul kakinya menggunakan tongkat atau ikan kering. Tujuan dari ritual ini agar pengantin pria lebih kuat ketika malam pertama. Uwooow! :D

5. Tarian Uang, Polandia

tradisi pernikahan unik
Sumber gambar: tribunnews

Sejak tahun 1990, tradisi pernikahan unik di Polandia ini bernama tarian uang. Kalau di Indonesia istilahnya ‘Nyawer’, tapi cuma ada pas dangdutan doang. Nah kalo di Polandia, bagi tamu yang ingin dansa bareng pengantinnya, mereka wajib nyawer. Saat ini ritual tersebut sudah berkembang sampai ke Filipina. :D

6. Pesta Ciuman, Swedia

tradisi pernikahan unik
Sumber gambar: crosswalk

Nah, ini dia tradisi pernikahan unik gens. Di Swedia ada tradisi kawinan yang memperbolehkan pengantinnya dicium. Eits, tapi ada syaratnya gengs. Yang boleh mencium pengantin pria atau wanita hanyalah orang yang belum menikah apalagi jomblo. Tamu baru bisa mencium salah satu pengantin apabila salah satu pengantinnya lagi ke toilet atau lagi ngga bareng pengantinnya. Wah, bagi jomblo mah rejeki nomplok yah! :D

7. Polterabend, mecahin segala perabotan, Jerman

tradisi pernikahan unik
Sumber gambar: classyknot.wordpress

Ritual memecahkan piring makan di Jerman ini disebut dengan Polterabend. Bukan cuma piring doing yang dipecahin, pot, gelas segala macam hadiah yang diberikan kepada pasangan pengantin akan dihancurkan. Tujuan dari ritual ini, yaitu untuk mengusir roh-roh jahat yang ada di dekat mereka. Konon katanya, roh-roh jahat sangat membenci suara berisik. Wah, sia-sia ni ane ngasi kado mahal kalo endingnya dipecahin. Hiks!

Nah, itulah tradisi pernikahan unik dari berbagai negara di dunia gengs. Kalau menurut kamu, kamu lebih suka yang mana? Atau kamu pernah menjalani tradisi lebih unik dari yang diatas? Beri komentarnya gengs! :D

 

Anak ugal-ugalan yang doyan bikin sajak. Hobi main Get Rich tapi ga pernah menang. Jangan lupa baca dan komen tulisanku biar makin cantik, amin.