Inilah 5 Manfaat Berkuda Bagi Hidup Lo, Penting Cuy!

berkuda-6

Bicara soal berkuda, olah raga yang satu ini mungkin keliatannya biasa aja yaa gaes. Cuma mungkin keliatan agak spesial karena cuma orang-orang berduit yang sanggup mainin olah raga ini. Tapi lo harus tau gengs, ternyata olah raga berkuda itu memiliki beberapa manfaat untuk hidup lo! daripada kebanyakan ngomong, langsung aja yuk liat 5 manfaat berkuda. Cekidot! :D

1. Ngelatih keseimbangan tubuh

manfaat berkuda
Sumber: google

Ngendaliin dan ngejinakin seekor kuda itu gak gampang lho gengs. Bahkan atlit berkuda pun merasakan hal yang sama. Karena ketika kita menunggang kuda pasti akan penuh guncangan dan gerakan-gerakan yang diluar prediksi kita. Nah disini kita belajar untuk selalu waspada menyeimbangkan tubuh dari setiap pergerakan kuda. :D

2. Latihan kardio

manfaat berkuda
Sumber: google

Menunggang kuda itu sama dengan kita melakukan kardio lhoo gengs. Tapi tergantung dengan jenis olahraga berkudanya juga. Biasanya jenis berkuda jumping yang memiliki tingkat kesulitan tertinggi. :D

3. Ngelatih Mental

manfaat berkuda
Sumber: rayapos

Kalo ini sudah pasti gaes. Bedanya kita sekarang bukan menghadapi manusia, tapi seekor hewan yang gak bisa diprediksi pergerakannya mau kemana. Ketika berkuda kita memang dituntut harus tenang dan mampu berpikir cepat. Kalo gak, yaudah tinggal tunggu jatohnya kapan aja. Serius :D

4. Memaksimalkan pergerakan tulang sendi

manfaat berkuda
Sumber: karangturi.sch.id

Nah yang ini emang paling berasa gengs. Ketika kalian udah lama gak olahraga terus tiba-tiba dipaksa main futsal atau bulu tangkis selama satu jam, pasti yang sakit itu otot-otot di kaki atau tangan. Tapi kalo kamu menunggang kuda, pasti yang sakit adalah persendian. Seperti daerah dengkul, leher, dan tulang punggung. Karena ketika kita berkuda, hampir semua sendi tulang kita bergerak gaes. :D

5. Mencegah kram otot

manfaat berkuda
Sumber: kompas

Kalo lagi menunggang kuda, kita gak mungkin duduk pasrah kaya biasa gitu gaes. Yang ada sakit tuh slangkangan hehe. Kita harus berada pada posisi yang berdiri nggak, duduk di sadle-nya juga nggak. Nah posisi yang agak nanggung ini otomatis melatih otot-ototmu agar gak gampang kram. :D

Nah itu tadi 5 manfaat berkuda buat hidup lo. Sebenernya masih banyak manfaat lain yang didapat dari olah raga ini, cuma berhubung gue bukan atlet berkuda.. jadi yaa itu doang yang gue rasain. :D

Oiyaa ada satu lagi nih manfaatnya! Ini manfaat yang paling penting gaes :D

BONUS!!! :D

manfaat berkuda
Sumber: antara

Yaa olahraga berkuda dapat mempererat persahabatan! sekalipun dulunya pernah saingan :D

Seorang laki-laki biasa yang demen motor, motret dan demen cewek tentunya. Kalo ada yang salah mohon maap, namanya juga nulis. Kalo mau bener terus bacalah kitab suci kalian masing-masing. Jangan lupa panggil saya Hars.