Ini Dia 5 Fakta Menakjubkan Tentang Aurora Borealis

aurora borealis

Bumi kita memang penuh dengan misteri yang menakjubkan, salah satunya adanya fenomena Aurora Borealis.

Aurora adalah sebuah fenomena alam berupa pancaran cahaya pada lapisan Ionosfer. Aurora bakal tercipta ketika adanya interaksi antara medan magnet bumi dengan partikel-partikel yang terbawa oleh badai matahari.

Keajaiban ini bisa lo liat di daeah Kutub Utara dan Kutub Selatan karena 2 lokasi ini memiliki medan magnet yang tinggi. Di balik keindahan Aurora, ada beberapa fakta yang wajib lo tau cuy. Fakta itu antara lain:

1. Aurora dapat menciptakan ilusi

aurora borealis
Sumber: humansatsea.com

Aurora bisa menipu kita dengan ilusi yang dia ciptain loh. Orang yang ngeliat Aurora tuh bakalan ngerasa kalo Aurora deket banget sama mereka. Padahal kenyataannya,Aurora terjadi di lapisan Ionosfer bumi, yang artinyaa….jarak pandang mata manusia sama Aurora itu sejauh 90km. Sama sekali gak deket kan?

2. Bisa diliat dari ruang angkasa

aurora borealis
Sumber: vimeocdn.com

Nggak Cuma mereka yang ada di bumi aja kok yang bisa nikmatin keindahan Aurora. Tapi para Astronaut yang lagi bertugas di ruang angkasa, mereka dapat menikmati keindahahan Aurora dari kapsul, alisan pesawat ruang angkasa.

Tapi kalian harus tau cuy, pas Aurora terjadi berarti sedang ada badai matahari. Otomatis para Astronaut ini harus pindah dan menghindar dari radiasi badai matahari. Serem juga yaa…

3. Perbedaan Ion memicu perbedaan warna

aurora borealis
Sumber: softservenews.com

Aurora memiliki beberapa warna berbeda. Perbedaan warna yang muncul ini disebabkan karena perbedaan jumlah kandungan Atom Oksigen atau Nitrogen di udara. Ketika jumlah Atom Oksigen lebih lebih besar, maka bakalan menghasilkan Aurora berwarna ijo atau kadang bisa juga merah. Nah! Kalo lebih banyak Atom Nitrogen, Aurora jadi berwarna orange atau merah.

4. Selain cahaya, Aurora juga mengeluarkan suara

aurora borealis
Sumber: earthandstarryheaven.files.wordpress.com

Sebenernya, Aurora itu gak cuma mengeluarkan cahaya aja cuy. Tapi, ada juga suaranya. Sayangnya, suara Aurora gak begitu kedengeran soalnya ketutup sama suara lingkungan gitu.

Nah! Kalo kebetulan lagi hening, mungkin lo akan denger suara dari Aurora.

5. Aurora memiliki dua jenis

aurora borealis
Sumber: asmania360.com
aurora borealis
Sumber: chrismartinphotography.files.wordpress.com

Aurora teryata punya nama juga cuy. Kalo yang di Kutub Selatan itu namanya Aurora Australis, gak begitu terkenal soalnya medan buat ngeliat Aurora Australis itu susah banget.

Gak kayak Aurora Borealis yang di Kutub Utara, lebih eksis soalnya medan dan akses kesananya lebih gampang. Jadi orang banyakan yang liat Aurora Borealis.