Hati-hati, 6 Makanan Yang Sering Kita Makan Ternyata Mengandung Racun!

mengandung racun

Selamet gini hari gaes.. Banyak banget jenis makanan, buah-buahan dan sayuran yang kita santap sehari-sehari. Selama kita tidak memakan sesuatu secara berlebihan, tentu kita berpikir kalo semua bakal baik-baik aja. Tapi ternyata ada makanan di sekitar kita yang mengandung racun juga lho. Bahkan makanan ini sering jadi bahan utama sebuah masakan. Hayo penasaran kan apa aja? Nih buruan simak cuy! :D

1. Tomat

mengandung racun
Sumber: programfitness.com

Tomat udah jadi salah satu bahan paling populer untuk masak-memasak. Namun ternyata tanaman tomat itu mengandung racun bernama glikoalkaloid yang bikin kita sakit perut ga karuan. Racun tersebut terkandung pada batang dan daunnya. Jadi kalo kalian masak tomat, pastikan batang dan daunnya jangan sampe ikut yaa. :D

2. Kacang Mete

mengandung racun
Sumber: kacangmete.net

Kacang Mete emang mantep ya gaes, gurih gurih nyoi gitu. Tapiii.. Kacang Mete mentah itu mengandung uruishol yang merupakan suatu zat beracun dan bikin kita jadi alergi. Jika dikonsumsi berlebihan, maka efeknya bisa lebih fatal lho gaes bahkan bisa mematikan. Tapi tenang aja gaes, kacang mete yang beredar di pasaran itu kan udah dimasak dan diolah terlebih dahulu, jadi kandungan racunnya udah hilang. Inget, jangan makan saat masih mentah yaa! :D

3. Kacang Almond

mengandung racun
Sumber: almonds.com

Kacang Almond hanyalah nama gaes, doi bukan kacang, tapi termasuk biji-bijian. Almond sering banget tuh buat pelengkap bikin kue biar menambah aroma dan ada variasi tekstur. Tapi almond yang mentah itu berbahaya banget lho, karena tinggi dengan kandungan racun sianida (jeng jeng jeng). Tau sendiri kan efek sianida gimana? Bisa menyebabkan kematian. Sianida emang sering banget digunakan untuk pembunuhan atau bunuh diri. Bahkan di Amerika, menjual almond mentah itu termasuk perbuatan ilegal. :D

4. Buah Apel

mengandung racun
Sumber: alwaystrendy.wordpress.com

Dibalik banyaknya nutrisi pada buah apel, ternyata ada kandungan racunnya juga gaes. Racun tersebut ada pada bijinya. Biji buah apel itu mengandung racun sianida jugaa (jeng jeng jeng lagi…). Makan biji dalam satu apel sih ga mematikan karena kadar sianidanya masih sedikit, tapi tetep aja tidak direkomendasikan karena sianida itu emang beracun banget.. nget.. nget. Sedikit aja sianida dalam tubuh udah bikin kalian pusing, gangguan pernapasan dan mual muntah. Tapi buah apel 100% aman kok, asal jangan makan bijinya yaa! :D

5. Kentang

mengandung racun
Sumber: mymysticmama.com

Kentang juga mengandung racun bernama solanine (terutama pada batang dan daun, tapi bisa juga di kentangnya). Solanine ini bisa bikin kita lemes kemudian berlanjut koma. Biasanya kentang yang mengandung zat beracun ini warnanya terlihat hijau menandakan bahwa kadar solanine nya tinggi. Jadi kalo kalian nemu kentang berwarna ijo jangan dimakan ya gaes. Dan tenang aja, kasus keracunan kentang itu jarang banget terjadi kok. :D

6. Madu mentah

mengandung racun
Sumber: silverframehoney.co.uk

Biasanya sebelum dikemas, madu diolah dengan proses pasteurisasi untuk menghilangkan kandungan bakterinya. Ada juga yang langsung mengkonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu. Tapi madu mentah tidak boleh diberikan untuk anak-anak dan balita ya gaes. Karena madu mentah masih banyak mengandung bakteri botulinum yang berbahaya bagi pencernaan anak-anak. :D

Ga nyangka ya gaes, ternyata makanan di sekitar kita itu ada yang mengandung racun juga bahkan mematikan. Tapi tenang aja, selama kita mengkonsumsinya dengan benar ga akan ada masalah kok. Yang penting inget, jangan berlebihan huehuehue :D

Apapun permasalahan hidupmu, jawabnya ada diujung langit. Kita kesana dengan seorang anak. Anak yang tangkas dan juga pemberani.