Gak Semua Orang Tertarik PTN, Ini Alasannya

ospek

Hai, mungkin beberapa di antara elu ada yang lagi prepare nyari tempat buat kuliah yak? Sudah daftar kemana aja? Pasti pengen dong yah kuliah di kampus negeri ternama dan punya reputasi alumni yang bikin mata silau. Tapi, ada juga nih beberapa alesan yang bikin orang gamau kuliah di PTN ato Perguruan Tinggi Negeri. Yuk deh kita simak sama-sama :D

 

1. Males Ikut SMPTN

snmptn
Sumber: kuliahgratisindonesia.blogspot.com

Kalo udah males apa mau dikata. Elu pada tau lah peserta yang ikutan SMPTN tuh bejibun banget dan kemungkinan yang masuk hanya berapa persen dari jumlah yang mendaftar. Hal ini kadang bikin orang ogah untuk ikutan SMPTN dan lebih milih kampus swasta :D

 

2. Merasa Gak Kompeten

kompeten
Sumber: alearningaday.com

Faktor internal ini ga bisa disepelein gitu aja. Biasanya orang macam ini adalah orang yang pesimistis. Kita ga bisa salahin sikapnya itu. Justru harus diterima dengan tangan terbuka. Seengaknya dia udah berusaha nentuin sikap :D

 

3. Ragu

I Don't Know

Jika keraguan sudah timbul. Bisa dipastikan elu gak akan mau memilih perguruan tinggi negeri sebagai tempat menimba ilmu selanjutnya. Kata hati emang ga bisa diboongin boi :D

 

4. Dipaksa Orang Tua

dipaksa
Sumber: dailymail.co.uk

Masih ada lah beberapa orang tua yang maksain anaknya untuk masuk kampus ternama dengan seribu alasan. Hal ini juga mempengaruhi psikologis anak untuk enggan mengikuti kemauan orang tuanya :D

 

5. Orang Tua Gak Setuju

Ga mau kehilangan
Sumber: sotsiaalteadused.ut.ee

Selain orang tua yang maksain anaknya, ada juga orang tua yang ga setuju kalo anaknya harus pergi jauh dari rumah. Alesan yang cukup klise adalah sang orang tua merasa si anak masih belum bisa hidup mandiri. Mereka merasa masih perlu mengawasi tumbuh kembang si anak tersebut :D

 

6. Males Pisah Sama Temen Deket

temen deket
Sumber: creativeadawards.com

Ah, hal ini kadang ngaruh juga untuk menentukan masa depan. Pas ada sohib yang elu akrabin banget, udah pasti elu bakal ngikutin dia kemanapun doi pergi. Kalo dia kaga pengen kuliah di PTN, otomatis elu juga bakal ngikutin dia :D

 

7. Ospek

ospek
Sumber: liputan6.com

Udah bukan rahasia umum kalo banyak kampus-kampus PTN memberlakukan ospek yang super sangar bin ribet. Biasanya hal kayak gini udah mengakar turun-temurun dan ga akan putus di tengah jalan. Elu yang cenderung mau main aman pastinya ogah untuk masuk PTN karena alesan ini :D

 

8. Jarak

jarak
Sumber: theodysseyonline.com

Ga semua PTN deket sama rumah elu. Faktor jarak menjadi salah satu faktor krusial yang bikin elu akhirnya males untuk kuliah di perguruan negeri :D

 

9. Homesick

home_sick_by_thebentruong-d37sq4k
Sumber: thebentruong.deviantart.com

Masih ada kaitannya dengan jarak. Orang yang homesick cenderung memilih untuk melanjutkan pendidikan yang ga terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Seenak-enaknya bantal kosan, ga bakal ngalahin bantal rumah sendiri :D

 

10. Males Adaptasi

males adaptasi
Sumber: forum.gethopscotch.com

Lagi-lagi faktor males jadi penghambat elu buat ngelanjutin pendidikan di PTN. Misal gini, saat elu ngerasa udah nyaman hidup di Kota A, elu bakalan enggan untuk coba hidup baru di Kota B. hal ini udah pasti akan bikin elu mikir ribuan kali untuk hijrah dan menuntut ilmu di kota orang :D

Kengkawan udah baca gak semua orang tertarik PTN. Nah, kira-kira kengkawan salah satunya bukan? :D

Seseorang yang percaya bahwa sepakbola, uang, dan wanita adalah hal yang bisa membawa kebahagian dalam bahtera kehidupan. Dan jangan lupa baca terus artikel eug di dagelan supaya hidup lau berbinar-binar.