Fakta Zaman Purba Yang Ternyata Sudah Lebih Canggih Dari Sekarang

Zaman Purba

Hai gaes! Pernah kebayang nggak sih kalau kita hidup di jaman purba dulu, dimana orang-orang nggak pake baju alias naked, belum ada gadget dan nggak pernah naik pesawat untuk tahu dunia luar? Eits, jangan salah kamu pasti menganggap kalau orang yang hidup di zaman purba nggak pernah kenal sama peralatan canggih kan? Ternyata nggak begitu kok, untuk tahu lebih jelasnya yuk intip artikel berikut ini :D

1. Menyalakan api dengan kayu dan batu

Zaman Purba
Sumber : alfatahrescue.org

Kalau kamu menganggap orang purba zaman dahulu belum secerdas manusia modern, kalian salah besar gaes! Emang sih mereka belum mengenal arti bercocok tanam, tapi jangan salah mereka sudah tahu bagaimana menyalakan api dengan cara menggosokan batu atau kayu yang masih kasar, lho :D

2. Sudah mengenal baterai

baterai-purba
Sumber: Smith College Museum of Ancient Inventions

Pada tahun 1930-an para arkeolog menemukan 3 buah benda berupa pot keramik, tabung dan batang logam  dalam susunan yang tidak biasa. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa artifak tersebut berasal dari 2500 sebelum Masehi. Salah satu arkeologis dari Jerman yang bernama Wilhelm König kemudian mengajukan hipotesis bahwa ketiga artifak kuno tersebut berfungsi sebagai baterai. Replika yang dibuat ternyata juga mampu menghasilkan tegangan listrik sebesar 0.87V :D

Terlepas dari itu semua, fungsi artifak sebagai sebuah baterai masih diperdebatkan. Hipotesis lain yang memungkinkan adalah ketiga artifak tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen :D

3. Sudah menciptakan robot

Sejak 1500 SM, ternyata beberapa sosok ternama sudah mampu menciptakan robot. Robot pada zaman itu tidak bekerja melalui perangkat eletronik, tapi melalui rekayasa mekanika. Ilmuwan-ilmuwan modern dari The New Scientist membuat replika robot yang ada pada jaman itu nih dia video nya gaes :D

4. Penemuan nuklir

nuklir-purba
Naturally-Occurring Nuclear Fission Standford University

Pada tahun 1972 para arkeolog di Afrika pernah menemukan reaktor nuklir yang diperkirakan telah berusia dua juta tahun. Hal ini berangkat dari ditemukannya indikasi rekayasa reaksi nuklir, dan bukan hal yang lumrah secara alamiah :D

5. Sudah ada kendaraan

mobil-purba
Sumber: Inquistr.com

Seperti layaknya film Flinstones, sejak zaman purba ternyata sudah mengenal kendaraan. Ini dibuktikan dari keberadaan huruf hieroglif yang terdapat di kuil Abydos, Mesir 3000 tahun yang lalu. Para ilmuwan sempat dibingungkan dengan fakta bahwa karena huruf hieroglif tersebut tidak ditemukan pada deretan huruf yang sudah ada  sebelumnya :D

Tulisan hieroglif sendiri pada dasarnya adalah sistem alfabet yang dibuat berdasarkan apa yang tampak (piktogram), sedangkan jika dilihat lebih lanjut  tulisan hieroglif tersebut sangat mirip dengan bentuk helikopter dan pesawat di zaman modern. Artinya,tidak menutup kemungkinan bahwa para penduduk Mesir pada saat itu  sudah mengenal hal yang serupa dengan helikopter dan pesawat :D

Meskipun begitu, para ilmuwan menyangsikan hasil penemuan tersebut. Setelah penelitian yang memakan waktu, akhirnya ditemukan bahwa terdapat kesalahan interpretasi (Pareidolia) atas tulisan hieroglif yang menyerupai bentuk pesawat dan helikopter tersebut.

Gimana gaes, masih mau nyepelein manusia purba zaman dahulu ? Wah, pikir-pikir lagi deh setelah tahu fakta-fakta ini. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu ya gaes :D

Wanita penguasa isu, meski kejujuran tetap nomor satu. Always believe that there is a light that never goes out :D