Bereksperimen Sama Garam, Belom Tau Kan?

1b. telur melayang

Jangan kira garam hanya untuk bumbu dapur saja, dengan sedikit sentuhan ilmu sains dan kreatifitas, kamu bisa bereksperimen sama garem, loh. Kayak apa sih, kita bisa bereksperimen sama garem? Yuk simak dah :D

 

1. Membuat Telur Jadi Melayang

garam
Sumber : https://teachingthem.com/2012/11/24/egg-salt-and-water-trick-obj-lesson/

Masih inget sama eksperimen yang biasa dijelasin di buku IPA kamu? Yap, betul! Dengan larutan garam, kamu bisa membuat telur yang tenggelam di air menjadi melayang, caranya? Kamu tinggal melarukan garam ke dalam segelas air, lalu masukkan telur dan boom! Telur lama-lama akan melayang :D

 

2. Media Ngebekuin Es Krim

garam
Sumber : https://riniivan.wordpress.com/2015/02/02/preschool-homeschooling-sekolahbumomi-membuat-es-krim-sederhana-dari-es-batu-dan-garam/

Gimana caranya bikin es krim tanpa kulkas? Kamu tinggal siapkan susu, gula, garam, dan dua kantung plastik berukuran kecil dan besar. Susu dan gula dicampur ke dalam sebuah kantung plastik kecil, lalu siapkan kantung plastik besar yang berisi es dan garam. Kocok-kocok-kocok! Dan es krim siap dinikmati :D

 

3. Bisa Nempel Tali Ke Es

garam
Sumber : https://simplescienceathome.wordpress.com/2012/11/23/ice-rope-experiment/

Tanpa lem kertas, lem tikus atau lem apapun, tali dan es biar nempel, loh! Caranya? Es batu biasa, ditempelin ke tali. Lalu, keduanya ditaburi garam. Tunggu beberapa jam kemudian tali dan es bisa nempel, kayak kamu sama si doi gitu :D

 

4. Ngebersihin Duit Koin

garam
Sumber : https://stw56.wordpress.com/2016/02/22/investigating-changes/

Punya koin tapi udah karatan? Bikin koin karatan kamu menjadi cemerlang lagi pakai larutan garam dan cuka! Caranya campurkan air, cuka dan garam di satu wadah, terus masukin koin karakatan yang kamu punya. Tunggu, dan gosok-gosok! Dan koin kamu jadi cemerlang deh :D

 

5. Menjadi Pohon

garam
Sumber : https://www.pinterest.com/pin/136304326191656241/

Nah loh, kalo bikin ginian gimana caranya ya? :D

Aku anak sosmed yang gak terkenal. Kerjaannya selalu nge-wkwk-in hidup. Tau wkwkw gak? Itu loh temennya hahaha.